Ini Cara Buat Asinan Rambutan Anti Gagal

Siapa sih yang ngga kenal buah yang satu ini? hampir semua masyarakat terutama indonesia bahkan asia tenggara dan daerah tropis lainnya tidak asik dengan buah ini. Resep asinan rambutan anti gagal ini bakal membimbing kalian untuk menghindari buah rambutan yang mubadzir pas panen nanti,

Selain dapat dijadikan asinan, buah rambutan sendiri dapat diolah dengan resep es buah untuk jualan dan resep manisan rambutan juga. Ada baiknya sebelum memulai resep asinannya, mimin mau berbagi ke kalian tentang bagaimana manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh buah rambutan ini, cek di bawah ini ya gaisss!!!

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Selain dapat mencerahkan wajah, kandungan vitamin C yang terdapat di buah rambutan ini dapat membantu kalian terutama cewek-cewek nih yang mau terlihat awet muda dan tetap seger.

Kandungan vitamin C dalam buah rambutan ini bakal menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dari yang nampak jelas sampai yang ngga terlihat. Terutama keriput yang menjengkelkan serta garis halus yang terlihat mengganggu.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Seperti yang udah mimin sebut di atas tadi, dengan berkurangnya kita minum obat-obatan yang mengandung berbagai bahan kimia, kita sudah membantul fungsi organ ginjal kita. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna merah mecolok ini juga memilik kandungan mineral yang lumayan banyak yang berfungsi membantu pencegahan penggumpalan kristal atau sering kita ketahui dengan batu ginjal. Rambutan juga memiliki fosfor untuk membantu menyaring racun dalam ginjal.

Itu tadi ketiga manfaat serta khasiat dari buah rambutan ini yang kalo mimin jelasin semuanya bisa bisa ngga selesai selesai artikelnya wkwkwkw. Okelah kalo gitu sekarang kia menuju ke resepnya, cekidottttt!!!

Asinan Rambutan Anti Gagal

1. Resep Asinan Rambutan Kering

Bahan-Bahan Resep Asinan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Buat Resep Asinan Rambutan Kering Anti Gagal:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

2. Resep Asinan Rambutan Basah

Jika tadi ada asinan ambutan kering, maka sekarang ada asinanrambutan basah yang juga bisa jadi refrensi mu dalam mengolah buah rambutan ini.

Bahan-bahan Resep Asinan Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir

Cara Membuat Resep Asinan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila resep asinan rambutan basah siap disajikan

3. Resep Asinan Rambutan Pedas

Sekarang giliran asinan rambutan pedas yang bakal unjuk gigi gais jangan remehkan dia hahaha

Bahan-Bahan Resep Asinan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Resep Asinan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa asinan rambutan pedas siap disajikan

itulah ketiga resep yang mimin punya, barangkali kalian ada ide ide menarik lainnya bisa banget kasi tau mimin dengan komen di bawah. Selamat mencoba gaisss!!