Hai kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik ini ya nama permennya ini adalah lollipop.diartikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua cara bikin permen lolipop.

Permen Lolipop

Lolipop merupakan permen gula terfavorit yang sudah ada sejak zaman dahulu. Asal usul permen lolipop berasal dari cara manusia purba untuk mengumpulkan madu dengan cara menggunakan tongkat. Mereka mengonsumsi madu yang telah dikumpulkan langsung dari tongkatnya.

Mesin permen lolipop hampir sama dengan mesin arum manis yang lebih modern ditemukan pada masa kebudayaan negara arab, cina, dan mesir kuno.saat itu, masyarakat mereka membuat perme namun dengan cara mencampur buah-buahan atau kacang-kacangan bahkan coklat yang ada dengan mencampurkan madu kemudian ditusuk menggunakan kayu yang dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dinikmati.

Penggunaan tongkat ini sudah digunakan oleh masyarakat zaman Batu digunakan untuk mengambil madu dari sarang lebah.Masyarakat zaman Batu yang menjilati madu dari tongkat tersebut kemudian mereka menganggap sebagai awal mula permen lolipop.

pada masyarakat Mesir kuno, permen lolipop dimakan menggunakan cara mencampurkan kacang-kacangan, buah, dan rempah-rempah yang ada kemudian dicampur dengan madu yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil lalu ditusuk menggunakan tongkat pendek dan dimakan dengan cara dijilat permennya.

cara bikin permen lolipop

Macam-Macam Nama Lollipop

George Smith

George Smith adalah seorang pembuat permen di Connecticut. Ia pernah menaruh karamel dan cokelat pada sebuah tongkat kecil.Dari sana, ia mendapat ide untuk membuat permen keras yang ditempel ke tongkat kecil. permen itu ia namai Lolly Pop.

kata lolipop pertama kali digunakan pada tahun 1780-an. Saat itu, kata lolipop digunakan untuk menyebut permen yang tidak lengket.O iya, tanggal 20 Juli dijadikan sebagai Hari Lolipop Nasional.

Cotton Candy

Cotton candy merupakan salah satu permen yang mempunyai tekstur lembut. Cotton candy cukup terkenal, karena selalu ada di sebuah festival.O iya, lolipop juga ada yang rasa cotton candy, Bahkan permen lolipop rasa cotton candy sangat familiar dan digemari banyak orang terutama anak-anak.

Dum Dum’s

Di Amerika, ada satu lolipop bernama Dum Dum’s. Lolipop ini sangat terkenal karena ada dua rasa di dalamnya.Lapisan terluar adalah rasa pertama, lapisan terdalam adalah rasa kedua.

 

 Jenis Permen Populer di Dunia

  1. Chewing gum
  2.  Lolipop
  3. Marshmellow
  4. Nougat
  5. Gummy bear
  6. Botan rice candy
  7. Botan rice candy
  8. Turkish delight
  9. Brigadeiro
  10. Permen jahe

Tips dan Trick

  1. Gula sukrosa juga bisa menghasilkan permen dengan tekstur yang sangat baik. Tapi untuk anak-anak kecil, lebih baik kalian gunakan gula fruktosa demi menghindari tingginya kadar gula dalam darah atau bisa juga bagi yang sedang berdiet. Gula fruktosa juga mempunyai tingkat-tingkat kemanisan yang lebih tinggi dari pada gula sukrosa,maka dari itu jumlah penggunaannya sangatlah sedikit.
  2. Pilih bahan pewarna makanan yang berbahan dasar minyak biar warna merata. Pewarna  khusus untuk pemembuat permen  yang dapat kalian beli di toko yang jualan bahan pembuatan kue. dan hindari yang berbahan utama air dan alkohol.
  3. Kalian gunakan api yang sedang dan konstan dengan suhu yang lebih dari 100° C.

cara bikin permen lolipop

Cara Membuat Permen Lolipop

Bahan-Bahan :

  •  sirup vanili
  •  gula fruktosa
  • Beberapa  pewarna (khusus untuk makanan)
  •  tepung terigu
  •  sirup vanili, untuk olesan stik loli (secukupnya)
  • Cetakan berbagai karakter (seperti bunga, binatang)

Cara Membuat Permen Lolipop :

  1. Campur sirup, gula fruktosa dan tepung terigu. kalian masak menggunakan api sedang sambil dan kalian diaduk selama 15 menit.
  2. Kecilkan api, masak hingga suhunya 130° C. lalu kalian Bagi menjadi 3 , tambahkan pada masing-masing bagian pewarna merah, kuning, dan hijau sesuai selera.
  3. Selagi panas bentuk atau kalian cetak sesuai selera kalian dan tusuk dengan stik loli.

Terima kasih sudah membaca artikel saya yang bertema cara bikin permen lolipop.semoga apa yang kalian baca tadi bermanfaat untuk kalian semua,jika ada kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.