Halo halo sobat semuanya! Kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat vla puding vanila yang pastinya manis dan super lumer. Vla ini merupakan salah satu sajian yang digemari oleh banyak orang baik itu dari kalangan anak-anak maupun orang tua. Vla ini memiliki berbagai macam varian, ada varian keju, coklat, oreo, caramel, mocca, vanila, dan masih banyak lagi.

Sajian berupa vla ini seringkali dijadikan sebagai bahan pelengkap pada hidangan penutup lainnya contohnya pada kue, es krim, brownies, donat, dan lain sebagainya. Eh iya nih, sobat kalau ingin membuat donat atau memiliki bisnis kuliner khusunya donat sobat dapat menggunakan bantuan mesin pembuat donat, karena mesin ini sangat efektif dan efisien. Oke langsung aja yuk sekarang kita simak resepnya!

Cara Membuat Vla Puding Vanila

Bahan Puding:

  • Agar-agar palin rasa coklat sebanyak 3 bungkus sachet
  • Tepung maizena dengan takaran 2 sendok makan
  • Kuning telur dengan jumlah 1 butir
  • Gula pasir dengan takaran 1/4 kilo gram
  • Cacao powder atau coklat bubuk dengan takaran 3 sendok makan
  • Air putih biasa dengan takaran 1500 ml
  • Susu kental manis yang rasa coklat sebanyak 3 bungkus sachet

Bahan Vla Vanila:

  • Susu kental manis putih sebanyak 1 bungkus sachet
  • Gula pasir dengan takaran 3 sendok makan
  • Susu cair UHT full cream dengan takaran 250 ml
  • Tepung maizena dengan takaran 2 sendok makan, larutkan dengan setengah gelas air terlebih dahulu

Langkah Cara Membuat Vla Puding Vanila:

  1. Langkah pertama sobat harus menyiapkan semua bahan dan jangan sampai ada yang terlewat. Sobat siapkan sebuah panci dan ambil agar-agar rasa coklat, susu kental manis rasa coklat, air, dan gula pasir lalu masukkan ke dalam panci tersebut. Masak semua bahan tersebut sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Jika adonan sudah mulai mendidih, sobat tambahkan cacao powder atau coklat bubuk yang sudah dicampur dengan sedikit air sebelumnya ke dalam panci. Selanjutnya masukkan juga tepung maizena yang sudah dicampur dengan sedikit air terlebih dahulu, aduk-aduk kembali sampai mendidih dan tercampur rata.
  3. Bahan terakhir yang sobat tambahkan yakni kuning telur yang sudah dikocok. Sebelum kocokan kuning telur dimasukkan ke dalam panci, beri kocokan kuning telur dengan sedikit air rebusan agar-agar kemudian tuangkan ke dalam panci. Aduk-aduk secara terus menerus dan tunggu sampai benar-benar mendidih, jika sudah mendidih dan tercampur rata angkat adonan puding dan biarkan sampai uap panasnya menghilang lalu masukkan ke dalam kulkas atau freezer.
  4. Sekarang kita akan membuat vla vanilanya nih sobat, ambil semua bahan vla vanila dan campurkan menjadi satu. Aduk-aduk bahan-bahan vla vanila sampai tercampur dengan rata, jika sudah tercampur rata masak diatas nyala api yang kecil. Tunggu sampai adonan vla vanila mendidih dan menjadi kental lalu sisihkan dan tunggu sampai dingin.
  5. Puding yang sudah set, keluarkan dari dalam freezer dan letakkan diatas piring saji. Sirami puding coklat dengan vla vanila yang lumer dan creamy. tadaa….puding vla vanila siap disantap, sobat juga dapat memberi tambahan topping sesuai dengan selera sobat agar lebih nikmat.

Mari Mengenal 3 Jenis Puding

Puding Buah

Puding buah ini pada umumnya menggunakan buah-buahan yang segar maupun buah kalengan yang digunakan untuk kombinasi ke dalam adonan puding. Buah-buahan yang akan digunakan untuk kombinasi puding biasanya diletakkan di permukaan loyang kemudian ditambahkan dengan tuangan adonan agar-agar atau jeli diatasnya dan dibiarkan sampai mengeras. Dengan rasa yang manis dan segar tentunya puding buah ini disukai oleh banyak orang.

Puding Busa

Jenis puding yan satu ini dinamai dengan puding busa karena memiliki tekstur yang hampir mirip seperti busa yang dihasilkan oleh putih telur yang telah dikocok sampai menjadi kaku. Proses pembuatannya seperti ini nih sobat, pertama-tama tuangkan adonan puding ke dalam putih telur yang sudah dikocok secara perlahan dan sedikit demi sedikit lalu mixer dengan kecepatan yang rendah. Aduk-aduk sampai adonan puding dan putih telur menyatu serta tercampur rata, oh iya sobat harus mengaduk-aduknya sampai adonan dingin sesaat sebelum dituangkan ke dalam cetakan atau loyang. Jadi pengen merasakan tekstur puding busa yang cukup unik ini nih sob hehe..

Puding Susu

Jenis puding yang satu ini cukup populer dan banyak disukai banyak orang dengan berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Puding susu namanya, puding susu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang sangat manis yang menyegarkan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat puding susu ini tentuya adalah susu segar, tetapi bahan berupa susu segar ini dapat digantikan dengan susu bubuk yang sudah dilarutkan dengan air terlebih dahulu.

Proses pembuatan dari pudung susu ini juga cukup sederhana, sama seperti cara pembuatan puding pada umumnya, tetapi adonan puding dan susu segar harus dimasak secara terpisah. Cita rasa dari puding susu ini akan bertambah nikmat dan sempurna jika diberi topping berupa vla atau semacamnya.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Vla Puding Vanila

Jadi begitulah sobat resep cara membuat vla puding vanila, cukup mudah kan sobat. Selain cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga mudah untuk didapatkan. Sobat dapat mencoba dan mempraktikan resep ini dirumah sendiri. Kalau sobat ingin membuat vla coklat dengan berbagai varian sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat vla coklat. Sampai disini dulu ya sob, terimakasih dan selamat mencoba.😉👌