Hasil Olahan Jagung Yang Sederhana

Berbagai macam hasil olahan jagung untuk konsumsi, baik sebagai makanan ringan maupun sebagai makanan pokok. Tanaman jagung sendiri merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan beras.

Sebenarnya jenis olahan yang menggunakan jagung sebagai bahan bakunya memang tidak terbatas. Untuk jajanan yang sedang digemari masyarakat bahkan sudah tidak asing lagi dengan pengolahan jajanan seperti ini.

Kandungan Gizi Jagung

Dilansir situs kesehatan Healthline, secangkir jagung manis (164 gram) mengandung 177 kalori. 41 gram karbohidrat, 5,4 gram protein, 2,1 gram lemak, 4,6 gram serat, 17 persen kebutuhan vitamin C harian, 24 persen kebutuhan vitamin B1 harian, 19 persen kebutuhan vitamin B9 (folat) harian, 11 persen kebutuhan harian. kebutuhan harian magnesium, dan 10 persen kebutuhan kalium harian.

Karena kandungan nutrisinya yang cukup baik, jagung manis bisa dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang wajar. Karena bebas gluten, sayuran ini juga bisa dimakan oleh mereka yang menghindari gluten.

Manfaat Jagung

Jagung manis merupakan tanaman dari Amerika Tengah. Oleh penjajah Spanyol, jagung manis kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia hingga sampai di negara kita, Indonesia.

Jagung manis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya kandungan kalori yang tinggi. Jagung mengandung 86 kalori per 100 gram. Selain itu jagung juga mengandung serat yang tinggi. Setiap 100 gram, tersedia sekitar 5% kebutuhan serat pangan harian.

Manfaat lain dari jagung manis adalah mengandung vitamin B kompleks. Vitamin ini berfungsi sebagai kofaktor enzim selama metabolisme substrat. Jagung juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik dan kaya akan mineral esensial.

Hasil Olahan Jagung

hasil olahan jagung

Kini memisahkan jagung dari tongkolnya tidak lagi merepotkan karena sudah ada mesin pemipil jagung yang memudahkan anda untuk memisahkannya dengan cepat dan ada mesin lain yang dapat membantu pekerjaan anda lainnya di mesin grosir.

Jagung Bakar

Sudah menjadi tradisi menghabiskan malam tahun baru banyak orang menjadikan pembakaran jagung sebagai kegiatan wajib, bersama teman, sahabat, dan keluarga.

Bahkan pada musim hujan adalah musim dimana kita sering membayangkan makanan enak untuk mengisi waktu luang. Suasana dingin dan sepi membuat sering merasa lapar. salah satu pilihan makanan yang tepat adalah jagung bakar.

Jagung yang dibakar dengan proses alami di depan kompor (istilah umum di desa adalah pawon) akan terasa lebih nikmat dan asyik saat bercengkerama dengan keluarga.

Jagung rebus

Jagung olahan kedua adalah jagung rebus. Pilihan kedua untuk penggemar jagung adalah merebusnya. Jagung rebus lebih mudah diolah karena tidak harus menunggu seperti jagung bakar, takut gosong.

Jagung rebus juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang memberikan ASI eksklusif. Layaknya Anda mengonsumsi kacang atau selai rebus, jagung juga bisa menjadi rujukan bagi Anda yang sedang menyusui.

Jagung Bothok

Untuk kategori ini adalah olahan makanan tradisional. Jagung olahan biasanya menggunakan daun pisang untuk pembungkusnya. Jagung Bothok dibuat dengan campuran kelapa. Jadi jagung sisir dicampur dengan kelapa parut kemudian ditumbuk (dihaluskan). Proses pemurnian juga bisa menggunakan blender.

Bumbu yang digunakan pun sangat sederhana yaitu bawang merah, bawang putih, garam dan sedikit gula. Setelah semuanya tercampur, tambahkan sedikit air, lalu bungkus daun pisang ukuran kecil. Bentuknya sama dengan balutan bothok pada umumnya. Proses terakhir adalah mengukus selama kurang lebih 30 menit.

Bakwan Jagung

Gorengan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Makanan dikonsumsi semua kalangan. Bakwan jagung bisa disantap sebagai camilan atau bisa juga menjadi pelengkap lauk saat disantap. Bakwan jagung umumnya dibuat dari jagung sisir kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu halus.