Cara menanam daun bawang di polybag merupakan salah satu cara mudah dalam menanam daun bawang yang bisa anda terapkan di rumah. Menanam daun bawang sendiri merupakan salah satu cara termudah dalam menanam daun bawang.

Daun bawang ini sendiri selain digunakan pada sayur sop, daun bawang juga memiliki manfaat yang berlimpah. Salah satu manfaat daun bawang adalah daun bawang mengandung vitamin A, C dan K1 di mana vitamin-vitamin tersebut dapat membantu kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan langkah-langkah lengkap bagaimana cara menanam daun bawang di polybag. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menanam Daun Bawang Polybag

Cara menanam daun bawang yang bisa dibilang mudah untuk dilakukan adalah dengan cara menggunakan media pot atau polybag.

Bahan-bahan yang Anda Perlu Siapkan Untuk Menanam Daun Bawang:

  • Siung atau bibit bawang
  • Tanah subur
  • Polybag (preferensi masing-masing)
  • Pupuk kompos
  • Air bersih

A. Pilih Siung Daun Bawang yang Ingin Anda Tanam

Sebelum kita masuk ke cara menanam daun bawang di pot atau polybag, pilih siung bawang merah atau putih untuk ditanam. Cari saja di pasar atau tempat pembibitan yang ada di dekat rumah anda.

Biasanya terlihat seperti akar umbi yang diikat dengan tali atau karet gelang. Dengan jenis siung bawang apapun akan menghasilkan daun bawang bermutu, dan mereka semua tumbuh dengan baik di polybag dalam ruangan.

B. Siapkan Polybag yang Sudah Terisi Tanah Kompos

Daun bawang akan tumbuh dengan baik dalam tanah yang kaya akan kompos. Jadi, pilihlah tanah yang subur atau anda bisa menambahkan pupuk tambahan sebagai nutrisi tambahan. Sisakan beberapa cm antara tanah dan bibir polybag.

Siram tanah terlebih dulu sebelum menanam. Pastikan polybag yang anda gunakan memiliki saluran air yang bagus agar tanah tidak terlalu basah.

C. Mulai Tanam Siung Daun Bawang

  1. Tanam siung bawang pada kedalaman tanah kurang lebih 3 cm, arahkan sisi akar bawang ke bawah. Tekan secara lembut bagian atas tanahnya. Jangan lupa beri jarak antara bawang lainnya sekitar 5-6 cm agar ada sedikit ruang untuk akarnya tumbuh tanpa terganggu yang lain.
  2. Selalu siram bawang anda dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  3. Daun bawang anda tanam di dalam ruangan kapan pun selama anda dapat menjaga kondisinya dengan benar.
  4. Bawang membutuhkan sinar matahari yang penuh, dan harus diletakkan pada jendela atau dimanapun tempat yang menerima sinar sepanjang hari.
  5. Selalu pastikan bahwa suhunya tidak turun di bawah titik beku.

D. Daun Bawang Siap Panen Ketika Sudah Berukuran 15-20 Cm

Sekitar beberapa minggu, bagian hijau yang anda inginkan akan muncul dan tumbuh. Baik anda mencabut langsung dari tanah atau gunting bagian hijaunya saja yang berada dibagian atas agar umbinya bisa tetap tumbuh. Jika anda memilih untuk meninggalkan umbinya di polybag, setidaknya anda akan mendapatkan kesempatan panen satu kali lagi sebelum berhenti memproduksi.

Itu dia tadi bagaimana cara menanam daun bawang di polybag yang bisa anda terapkan di rumah anda masing-masing dengan mudah, baik dan benar. Jika anda sudah mengerti cara menanam daun bawang di polybag dan berhasil, maka saya pastikan itu bisa anda jadikan sebagai bisnis rumahan anda untuk menambah pemasukkan.

Serta, anda juga tidak perlu lagi membeli daun bawang di pasar jika anda sudah bisa menanam daun bawang anda. Anda juga bisa mengambilnya kapan pun jika memang daun bawang yang anda tanam sudah siap untuk dipanen. Dengan daun bawang yang anda tanam, anda bisa mencoba berbagai olahan dari daun bawang.

Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. Selamat mencoba di rumah!