Menganalisis Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Profit

 

menganalisis pemasaran online

Menganalisis Pemasaran Online dan  Memahami pelanggan adalah kunci kesuksesan untuk setiap bisnis startup, salah satu caranya  dengan menggunakan analisis pasar. Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang siapa pelanggan Anda, Anda akan kesulitan mengembangkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka, dan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses.

Lakukan analisis pasar untuk membangun strategi bisnis yang lebih cerdas untuk mengembangkan bisnis Anda. Setelah Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar.Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk mengembangkan produk dan layanan yang akan disukai pelanggan Anda.

Berikut  langkah-langkah analis pasar

Langkah-langkah analisis pasar

Tinjauan industri

Di langkah awal ini Anda akan membahas metrik industri utama seperti ukuran, tren, dan pertumbuhan dari bisnis yang akan Anda lakukan.

Penelitian dan analisis industri berbeda dari riset pasar. Saat Anda meneliti industri , Anda melihat semua bisnis seperti milik Anda. Ini berbeda dari riset pasar, di mana Anda belajar tentang pelanggan Anda.

Tinjauan umum industri dapat Anda tunjuukan kepada investor bahwa Anda memahami langkah yang lebih besar pada tempat Anda berkompetisi. Yang lebih penting, tinjauan ini membantu Anda memahami jika akan ada lebih banyak permintaan untuk produk Anda di masa depan dan seberapa kompetitif kemungkinan industri tersebut.

 Target pasar

Target pasar Anda adalah bagian terpenting dari menganalisis pemasaran online. Di sinilah Anda menjelaskan siapa pelanggan idea. Anda akan melihat dan memahami dengan detail dari target pasar anda. Ada bebrapa komponen yang ada di target pasar. Berikut adalah komponen dari target pasar:

  • Ukuran pasar: Tidak seperti ukuran industri, yang biasanya diukur dalam uang, ukuran pasar Anda adalah berapa banyak pelanggan potensial yang ada untuk produk atau layanan Anda.
  • Demografi: Uraikan usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan banyak lagi khas pelanggan Anda. Jika Anda bisa melukis gambar pelanggan sempurna Anda, di sinilah Anda akan menggambarkan seperti apa mereka.
  • Lokasi: Jika Anda menemukan pelanggan di lokasi atau wilayah tertentu, jelaskan di sini.
  • Psikografis: Jelaskan suka dan tidak suka pelanggan Anda. Cara yang lebih baik untuk berpikir tentang psikografi adalah dengan memikirkan gaya hidup dan kepribadian pelanggan Anda.
  • Perilaku: Ini pada dasarnya adalah perpanjangan dari beberapa informasi psikografis Anda. Jelaskan bagaimana pelanggan Anda berbelanja dan membeli produk milik Anda.
  • Tren: Perilaku pelanggan selalu berubah. Jika ada tren yang Anda perhatikan dengan target pasar Anda.

Di sinilah Anda mengelompokkan jenis-jenis pelanggan yang serupa ke dalam segmen dan menggambarkan komponen dari setiap segmen.

Harga dan perkiraan

Langkah terakhir dalam menganalisa pemasaran online adalah untuk mengetahui harga Anda dan membuat perkiraan penjualan untuk lebih memahami pasar yang menurut Anda bisa Anda dapatkan.

Pertama, pikirkan harga Anda. Tentu saja, Anda harus memastikan bahwa harga Anda lebih dari apa yang Anda keluarkan untuk membuat dan mengirimkan produk atau layanan Anda. Tetapi, lebih dari itu, pikirkan tentang pesan yang dikirimkan harga Anda kepada konsumen.

Pelanggan biasanya menghubungkan harga tinggi dengan kualitas. Tetapi, jika Anda menentukan harga tinggi, Anda perlu memastikan bahwa strategi pemasaran Anda juga menandakan bahwa Anda memberikan produk atau layanan berkualitas tinggi.

Selanjutnya, sebagai alternatif Anda bisa menentukan harga terendah dari produk atau bisnis lain. pastikan pemasaran Anda memberikan pesan dan kesan yang baik untuk untuk calon pelanggan Anda.