Cara Membuat Siomay Ikan Yang Mudah

Hallo semua apa kabar pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel cara membuat siomay ikan. Siapa yang tidak tau jenis dimsum satu ini, dimsum yang terbuat dari kulit pangsit yang tipis dan dengan isian yang lezat lalu dikukus. Ya, siomay merupakan dimsum yang paling banyak digemari oleh semua orang bukan hanya karena kelezatannya saja, dimsum jenis satu ini juga memiliki harga yang terjangkau dan paling mudah dicari. Berikut ini merupakan beberapa cara bikin siomay yang mudah dan enak.

1. Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri

Bahan-bahan:

Bahan Utama

  • 350 gram ikan tenggiri fillet (haluskan)
  • 250 gram ayam fillet (haluskan)
  • 2 butir telur yang sudah dikocok
  • 3 bawang putih (haluskan)
  • 4 bawang merah (haluskan)
  • 1sdm minyak wijen
  • Daun bawang iris tipus
  • 300 gram tepung tapioka
  • Gula, garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap

  • Telur rebus
  • Tahu kukus
  • Kol yang gulung dan kukus
  • Kentang kupas kukus

Bahan Sambal

  • 250 gram kacang tanah goreng, haluskan
  • 3 sdm gula merah yang sudah dihaluskan
  • 2 sdt garam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Kecap manis, air dan air perasan jeruk limau secukupnya
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 5 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara Bikint Siomay Ikan:

  1. Campur telur, ayam, ikan dan bumbu lainnya yang sudah dihaluskan. Aduk hingga semua rata.
  2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sembari diaduk secara perlahan.
  3. Bentuk adonan dengan menggunakan sendok hingga berbentuk hampir bulat, lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Panaskan mesin pengukus siomay, lalu masukan siomay kedalam pengukus. kukus hingga matang sekitar kurang lebih 15-25 menit, gunakan alat pemanas makanan bila perlu.
  5. Sembari mengukus siomay, kita juga bisa sekaligus mengukus bahan pelengkap.
  6. Cara membuat sambal kacang, Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus (cabai rawit, cabai keriting, bawang merah dan juga bawang putih) dan campurkan daun jeruk masak hingga harum dan matang.
  7. Tambahkan air sesuai selera sampai mencapai kekentalan yang diinginkan dan kacang mengeluarkan minyak. Tambahkan perasan air jeruk limau dan aduk rata.

2.Cara Membuat Siomay Ikan Mudah

Bahan-bahan:

Bahan Utama:

  • 500 gram daging ayam tanpa lemak giling
  • 100 gram daging ikan tengiri tanpa tulang,lalu giling
  • 300 gram bengkoang parut
  • 250 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 1 bungkus kulit siomay

Bahan Pelengkap:

  • 50 gram wortel parut

Cara Membuat Dimsum Ikan Siomay :

  1. Pertama campurkan ikan giling dengan daging giling.
  2. Lalu masukan tepung sagu, telur dan irisan bawang.
  3. Selanjutnya tambahkan irisan bawang daun, bawang putih parut dan jahe.
  4. Setelah itu tambahkan gula,garam dan merica.
  5. Kemudian tambahkan minyak wijen, kecap ikan, kecap asin lalu aduk hingga merata.
  6. Selanjutnya campurkan bengkuang parut lalu aduk lagi hingga merata.
  7. Oleskan minyak goreng kedalam cetakan muffin.
  8. Lalu basahi cetakan siomay dan taruh kulit dumpling didalamnya, lipat pada bagian ujung kulit agar bisa masuk. Selain menggunakan kulit dumpling siap pakai kita juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan cara cek artikel cara membuat kulit dumpling.
  9. selanjutnya ambil adonan dengan sendok ke dalam cetakan.
  10. Kemudian letakkan wortel yang telah diparut , lakukan hingga habis.
  11. Kukus semua adonan hingga matang,kurang lebih 15 menit.

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Terkena Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan degredasi fungsi otak manusia. Mengkonsumsi ikan dapat membantu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang berfungsi untuk memori dan daya ingat otak. Para peneliti di berbagai negara-negara di dunia memang telah mengungkapkan bahwa kandungan gizi ikan ini sangat penting untuk mencegah penyakit alzheimer, terutama ikan kukus (bukan di goreng).

2. Mengerangi Peradanag

Zat asam lemak omega 3 sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi risiko terkena penyakit arthritis. Kandungan asam lemak pada ikan dapat mengikat radikal bebas yang menjadi sebab utama peradangan selain itu juga membantu memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh manusia.

3. Mengurangi Resiko Stroke

Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke pada manusia. Mengkonsumsi ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan begitu untuk kalian yang suka mengkonsumsi ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.

4. Bagus Untuk Diet

Jika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang tepat untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang sering mengkonsumsi ikan biasanya akan jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging ataupun keju. Ikan memiliki kolesterol yang tidak tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta memiliki kandungan omega 3.

5. Mencegah Terjadiny Kolesterol

Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit ini tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

Gimana semoga artikel ini bisa membantu ya, selamat mencoba.

Cara Membuat Bakso Goreng Tanpa Daging Sederhana

Halo sobat semua, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat makanan yang bahan-bahannya mudah sekali untuk didapat di dapur sobat semua. Makanan tersebut adalah cara membuat bakso goreng tanpa daging yang sederhana dan dijamin enak.

Bakso goreng merupakan makanan khas Indonesia yang digemari oleh banyak orang. Biasanya bakso terbuat dari bahan dasar daging, baik daging sapi, daging ayam, daging ikan, dan daging udang yang dicampur dengan tepung dan bahan-bahan lainnya.

Namun, kali ini bakso goreng yang akan kita buat tanpa menggunakan daging. Cocok sekali nih untuk dijadikan peluang usaha karena tidak membutuhkan modal yang banyak dan bahan baku pun mudah untuk didapat. Pasti sangat menguntungkan.

Kalau tidak pakai daging lalau pakai apa? Untuk resep kali ini kita akan membuat bakso goreng dengan bahan baku tepung tapioka yang dicampur dengan mie dan bahan-bahan lainnya. Gampang banget bukan bahan-bahannyam dijamin di rumah sobat semua pasti ada bahan-bahannya.

Rasa dan Tekstur Bakso Goreng Tanpa Daging

Tekstur dari bakso goreng tanpa daging ini pun tidak kalah dengan tekstur dari bakso goreng yang menggunakan bahan dasar daging. Teksturnya renyah dan gurih. Apabila sobat semua ingin garing luar dalam juga bisa dibelah dan digoreng kembali hingga renyah.

Bakso goreng ini pun sangat nikmat jika disajikan dengan cocolan saus. Cocolan saus yang dipakai juga bisa saus apa saja, saus bumbu kacang, saus sambal kecap, saus sambal tomat, saus sambal, mayonais, dan bergaam saus yang sobat sukai juga cocok untuk dinikmati dengan bakso goreng ini.

Tak hanya itu, bakso goreng juga cocok untuk dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga, berkumpul bersama teman, reunian bersama teman lama, hidangan untuk menjamu tamu, takjil saat berbuka puasa, camilan saat berkerja, bahkan sangat cocok jika dijadikan peluang usaha.

Nah, yuk sobat semua coba dirumah dengan melihat cara membuat bakso tanpa daging sapi di bawah ini. Dijamin deh orang rumah pasti doyan dan akan makan bakso goreng tanpa daging ini lagi dan lagi. Happy cooking sobat!

Cara Membuat Bakso Goreng Tanpa Daging

Bahan-bahan:

  • 250 tepung kanji atau tepung tapioka
  • 50-80 ml air
  • 1 bungkus mie instan kuah
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok margarin
  • 1 sendok makan kaldu bubuk
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Bakso Goreng Tanpa Daging:

  • Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan
  • Remas-remas mie instan, kemudian rebus hingga matang. Tiriskan airnya, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  • Campur mie instan, bumbu mie instan, daun bawang, seledri, margarin, telur, kaldu bubuk, dan tepung kanji. Campurkan hingga rata. Jika ingin mencampurkan lebih mudah dan rata, sobat semua bisa menggunakan mesin pembuat bakso.
  • Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan, kemudian uleni hingga kalis (tidak lengket di tangan dan mudah dibentuk).
  • Bentuk adonan lonjong-lonjong atau bolat-bulat, sesuaikan selera. Kemudian tusuk-tusuk dengan lidi agar tidak meledak saat digoreng nanti.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak.
  • Kemudian goreng bakso goreng hingga setengah matang. Cukup sampai permukaannya kering dan berwarna cokelat muda.
  • Tunggu bakso goreng sampai dingin, kemudian iris tipis.
  • Goreng kembali basreng hingga kering dan renyah.
  • Sajikan dan nikmati bakso goreng selagi hangat dengan cocolan saus sambal kesukaan sobat semua.

Sekian penjelasan tentang cara membuat bakso goreng tanpa daging sederhana yang cocok dijadikan peluang usaha, semoga dapat menambah wawasan sobat tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Puding Susu Oreo, Enak dan Lembut Ga Ada Lawan!

Halo Sobat! Ngomongin tentang dessert, kali ini aku mau bagi bagi resep cara membuat puding susu oreo yang super enak dan lumer. Hasil dari resep ini tentunya akan menghasilkan rasa yang enak nan lezat dan tekstur lembut nan lumer. Puding oreo yang terbuat dari kombinasi puding dan biskuit oreo ini sehingga memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut ini sangat cocok dinikmati pada saat musim panas.
Hidangan seperti puding oreo ini biasanya disajikan untuk sajian keluarga, bahkan bisa dijadikan camilan sehat untuk program diet. Sobat kalau lagi buka sosmed atau sosial media pasti sobat bakal nemuin puding oreo ini, dessert ini memang sangat populer apalagi di kalangan remaja.
Puding oreo yang merupakan hidangan penutup ini biasanya dihidangkan dengan dessert lainnya. Seperti contohnya, ada vla, kue, donat, es krim dan lain sebagainya. Oh iya, kalau mungkin sobat ingin membuat donat untuk pendamping puding oreo, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat untuk membantu proses pembuatan donat. Oke jadi langsung aja kita simak resep cara membuat puding oreo lumer berikut, kuyyy!

Cara Membuat Puding Susu Oreo Super Lembut

Bahan Lapisan Puding Susu:

  • Nutrijel agar-agar plain dengan takaran 2 sendok makan
  • Susu cair plain dengan takaran 200ml
  • Gula halus dengan takaran 50 gram

Bahan Lapisan Puding Coklat:

  • Nutrijell agar-agar plain rasa coklat dengan takaran 2 sendok makan
  • Dark Cooking Chocolate dengan takaran 30 gram
  • Air putih biasa dengan takaran 150ml
  • Gula halus dengan takaran 70 gram
  • Jangan lupa, biskuit oreo  1 bungkus

Cara Membuat Puding Susu Oreo:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu biskuit oreo yang sudah sobat siapkan, di tata ke dalam sebuah cetakan puding yang akan digunakan.
  2. Untuk membuat puding susu, pertama-tama, semua bahan yang terdapat pada daftar bahan puding susu dicampurkan. Masukkan semua bahan ke dalam panci  dengan nyala api sedang dan aduk-aduk sampai larut dan tercampur rata. Jika adonan yang dimasak sudah mendidih, adonan yang sudah dimasak tadi dituangkan ke dalam cetakan yang sudah di isi dengan biskuit oreo yang telah tertata sebelumnya. Diamkan dan tunggu sampai uap panasnya menghilang dan agak dingin.
  3. Untuk membuat puding coklat, cara pembuatannya hampir sama dengan puding susu. Semua bahan pada daftar bahan puding coklat dicampur dan masukkan ke dala panci. Masak bahan adonan puding coklat dengan menggunakan api yang kecil dan tunggu sampai benar benar mendidih.
  4. Jika adonan puding coklat yang dimasak sudah mendidih, tuangkan adonan tersebut diatas adonan puding susu sebelumya sedikit demi sedikit. Diamkan dan tunggu sampai uap panasnya menghilang dan agak dingin. Kemudian masukkan ke dalam kulkas dalam waktu selama 3 jam.
  5. Apabila adonan puding sudah set, keluarkan dari kulkas. Letakkan pudian diatas piring saji, potong dan beri topping sesuai dengan selera sobat.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Gimana nih sobat, mudah dan sederhana kan resep puding susu oreo yang super lumer dan enaknya? Sobat jangan ragu untuk mencobanya di rumah karena selain cara pembuatannya mudah dan sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga mudah untuk didapatkan. Jadi beneran nih jangan ragu sob, oh iya kalau sobat ingin mencoba resep cara membuat puding oreo lainnya sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat puding oreo. Oke sobat sampai sini dulu ya, terimakasih dan selamat mencoba😉

Resep Membuat Coklat Batangan Sederhana dan Pasti Anti Gagal!

Hai Sobat! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep membuat coklat batangan tentunya dengan cara yang mudah dan enak. Sobat pasti tentunya pernah mengonsumsi coklat kan, baik itu berupa makanan maupun minuman. Coklat merupakan sebuah makanan atau hidangan yang memiliki rasa manis, gurih, dan lezat. Banyak orang yang menggemari atau menyukai coklat ini, entah itu anak anak, remaja, maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan coklat memiliki cita rasa yang khas dan sangat ramah di lidah.

Coklat berasal dari biji kakao yang sudah di olah dengan melewati beberapa tahapan. FYI nih sobat, negara terbesar yang memproduksi makanan yang terbuat dari biji kakao yaitu pantai gading yang terletak dI Afrika barat. Indonesia menempati urutan ke 3 untuk penghasil kakao terbesar di dunia.

Coklat juga seringkali digunakan sebagai bahan campuran atau pelengkap pada beberapa hidangan. Seperti contohnya pada es krim, permen, kue, brownies, donat, dan lain sebagainya. Salah satu makanan yang seringkali memakai coklat sebagai pelengkap yakni donat, jika sobat berminat juga untuk membuat donat sobat dapat memakai mesin pembuat donat agar proses pembuatannya lebih mudah dan efisien.

Hmm…jadi kepingin buat coklat nih sobat. Memang sekarang ini untuk mendapatkan coklat sangatlah mudah dan banyak jenisnya. Mulai dari coklat batangan, coklat putih, dark coklat dan lain lain. Seperti yang sudah aku bilang tadi sobat, coklat mudah ditemukan, sobta dapat membeli coklat di supermarket dan kedai-kedai terdekat. Tapi sobat ga usah jauh-jauh pergi keluar, simak resep cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk dari aku ya sobat, dijamin gampang dan anti gagal, oke langsung aja cusss…

Resep Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk

Bahan-bahan:

  • Gula halus dengan takaran 30 gram
  • Cacao powder atau bubuk kakao 220 gram
  • Mentega 170 gram, yang sudah dilunakkan
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Susu cair 100 ml, sesuai dengan kondisi suhu ruangan
  • Air putih biasa dengan takaran 235 ml

Resep Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk:

  1. Siapkan sebuah panci dan tuangkan air putih biasa ke dalam panci lalu panaskan. Atur nyala besar atau kecil nyala api agar tidak terlalu mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam mangkuk. Jika kedua bahan sudah dimasukkan, aduk secara terus menerus sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta dengan tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan gumpalan, sobat harus menggunakan garpu atau blender tangan (hand blender).
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah diaduk tadi ke dalam air, panaskan dan aduk kembali. Tunggu sampai suhu naik dan jangan biarkan sampai mendidih.
  4. Siapkan sebuah mangkuk, tuangkan adonan coklat yang sudah selesai di masak tadi ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gula pasir dan gula halus ke dalam mangkuk. Gumpalan yang ada harus dihilangkan terlebih dahulu, jika sudah hilang masukkan gula yang sudah di campur ke dalam adonan coklat coklat yang masih panas dan aduk aduk sampai merata.
  5. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, sobat tambahkan susu ke dalam adonan.
  6. Setelah itu sobat tuangkan adonan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera sobat. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu malam.
  7. Jika sudah set maka coklat batangan siap dihidangkan, yummy.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wahh…ternyata buat coklat sendiri itu mudah dan sederhana ya sob, ga perlu keluar rumah buat beli coklat yang rasanya enak, buat sendiri rasanya juga gak kalah enak lho. Jadi sobat jangan ragu untuk mempraktikannya sendiri, dijamin deh anti gagal. Oh iya, kalau sobat juga ingin membuat coklat batangan sendiri, sobat dapat mengunjung artikel cara membuat coklat batangan, caranya mudah dan sederhana juga. Oke, begitulah resepnya sob, terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini, selamat mencoba 🤗💖

 

Cara Bikin Bakso Aci Kuah yang Enak dan Seger Abis

Halo sobat semua, kali ini saya akan membagikan cara bikin bakso aci kuah yang enak dan seger pastinya. Sobat semua pasti tahu kan apa itu bakso aci kuah? Kalau sobat belum tahu, yuk simak penjelasan dan juga cara bikin bakso aci kuah di bawah ini.

Bakso aci kuah merupakan makanan khas dari Kota Garut. Bukan hanya dodol Garut saja yang menjadi makanan khas kota ini, melainkan bakso acinya juga sangat digemari banyak orang apabila mampir di Kota Garut ini.

Bakso aci kuah terbuat dari olahan tepung tapioka atau tepung kanji yang dicampur dengan rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya. Rasa dari bakso aci ini sangat enak dan bertekstur kenyal yang apabila digigit memiliki sensasi tersendiri.

Bakso aci kuah ini juga dilengkapi dengan kuah kaldu segar. Rasa gurih dari kuah kaldunya dan rasa segar dari perasan jeruk limaunya merupakan perpaduan yang pas dan nikmat sekali saat di santap. Sobat semua wajib coba deh makanan yang satu ini.

Selain itu makanan ini juga disajikan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti cuangki tahu, cuangki lidah, sukro  cikur, ceker, mie, siomay kering dan bahan pelengkap lainnya. Tanpa tambahan bahan pelengkap ini, menyantap bakso aci pasti terasa ada yang kurang.

Bakso aci kuah ini sangat cocok untuk disajikan saat hujan tiba atau cuaca sedang dingin. Hmm pasti sangat nikmat bukan saat dingin-dingin menyantap bakso aci kuah yang hangat, apalagi jika ditambah dengan sambal atau cabai bubuk. Rasanya pasti tiada tanding deh.

Nah, dari pada sobat semua penasaran dengan bagaimana rasa dan resep makanan ini, di bawah ini sudah saya bagikan cara bikin bakso aci kuah yang enak dan juga segar pastinya.

Cara Bikin Bakso Aci Kuah

Bahan Bakso Aci:

  • 200 gr tepung sagu
  • 5 sdm tepung terigu
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdt garam+penyedap
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 liter air untuk merebus

Bahan Kuah:

  1. Air secukupnya (bisa juga ditambah air kaldu sapi)
  2. Garan secukupnya
  3. Merica secukupnya
  4. Kaldu bubuk secukupnya
  5. 1 buah jeruk limau

Bumbu Halus:

  • 1 buah cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

Bahan Tambahan:

  • Siomay kering
  • Cuangki lidah
  • Cuangki tahu
  • Sukro cikur

Cara Bikin Bakso Aci Kuah:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan
  2. Campurkan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap. Lalu aduk hingga rata dan tuang air panas sedikit demi sedikit hingga tercampur rata sampai adonan bisa dibentuk dan kalis. Jika membuat dalam porsi banyak bisa menggunakan mesin pembuat bakso.
  3. Bentuk adonan bakso aci menjadi bulatan kecil-kecil. Bisa juga diisi degan tulur puyuh rebus didalamnya. Sesuaikan selera sobat semua.
  4. Siapkan panci dan didihkan air. Jangan lupa campurkan minyak didalamnya agar bakso tidak menempel
  5. Masukkan adonan bakso aci yang sudah di bentuk ke dalam air panas dan rebus hingga mengapung ke atas kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum lalu tuang air secukupnya.
  7. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk.
  8. Masukan juga baso aci masak hingga mendidih lalu tes rasa dan matikan kompor.
  9. Siapkan mangkok dan letakkan bahan tambahan di dalamnya.
  10. Tuangkan baso aci dan kuah ke dalam mangkok, lalu beri perasan jeruk limau
  11. Sajikan bakso aci kuah selagi hangat. Lebih nikmat jika disajikan dengan cabai bubuk.

Sekian penjelasan tentang cara bikin bakso aci kuah sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Resep Bumbu Bakso Bakar Spesial yang Enak dan Lezat Pastinya

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bumbu masakan yang enak dan mantap betul nih buat sobat semua. Resep tersebut adalah resep bumbu bakso bakar spesial yang enak dan juga lezat pastinya.

Bakso bakar merupakan makanan khas dari Kota Malang yang disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Bakso bakar ini terbuat dari olahan daging segar dan tepung tapioka serta bahan-bahan lainnya yang dicampur menjadi satu dan dibentuk bulatan seperti bakso pada umumnya.

Namun yang membedakan bakso bakar dengan bakso pada umumnya yaitu cara pengolahannya yang dibakar. Bakso bakar ini mudah sekali untuk dibuat sobat semua di rumah dengan melihat resep bakso bakar yang ada.

Tak hanya itu, bakso bakar kurang nikmat rasanya jika tidak diolesi dengan olesan bumbu bakar yang spesial. Olesan bumbu bakar pun beragam, seperti bumbu pedas, bumbu pedas manis, bumbu kacang, bumbu rujak, bumbu madu, dan bumbu bakaran lainnya.

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa bakso bakar kurang niat jika tanpa bumbu spesialnya, saya akan membagikan kepada sobat semua tentang resep bumbu bakso bakar spesial yang enak dan lezat sekaligus resep bakso bakarnya juga di bawah ini.

Resep Bumbu Bakso Bakar Spesial

Bahan-bahan:

  • 70 bakso yang sudah jadi
  • Tusuk sate

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 10 siung Bawang Merah (65 gram)
  • 5 siung Bawang Putih (33 gram)
  • 6 buah Cabai Merah (ukuran sedang)
  • 3 sdt Ketumbar Butiran
  • 1 1/2 Butir Kemiri

Bahan Lain:

  • 3 sdm Gula Jawa
  • 1 sdt Merica Bubuk
  • 3/4 sdt Pala Bubuk
  • 1 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Kecap Ikan
  • 7 sdm Kecap Manis
  • 2 sdm Bubuk BonCabe level 30 (optional)
  • 800 ml Air
  • secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Bumbu Bakso Bakar Spesial:

  1. Siapkan semua bumbu yang dibutuhkan terlebih dahulu
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang perlu untuk dihaluskan.
  3. Tuang minyak goreng secukupnya pada wajan, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan bau harum.
  4. Tambahkan air dan masukkan bahan lain secara bertahap.
  5. Masak hingga mendidih dan air mulai berkurang. Cek rasa apakah sudah terasa manis pedas dan aroma rempahnya. Jika belum, didihkan lagi hingga air berkurang sedikit lagi. Cek rasa.
  6. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor. Tunggu hingga agak dingin, kemudian masukkan ke dalam wadah atau toples makanan.
  7. Bumbu sudah siap digunakan buat pencelup bakso bakar.

Cara Membuat Bakso Bakar Bumbu Spesial:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan juga bumbu pencelup.
  2. Cuci bersih bakso yang sudah jadi dan juga kerat-kerat.
  3. Tusuk Bakso Menggunakan tusukan sate. Tusuk hingga bakso habis.
  4. Siapkan dan panaskan alat bakarannya. Bisa pakai arang ataupan grill. (Saran saya bakarnya pakai arang ya biar lebih nikmat khas aroma bakar arangnya)
  5. Celupkan bakso ke dalam bumbu bakar spesial, lalu bakar diatas arang panas. Setelah agak matang angkat dan celupkan lagi ke bumbu lalu bakar kembali hingga matang. Jangan lupa di bolak balik agar matang merata.
  6. Lakukan hingga bakso habis.
  7. Sajikan bakso bakar bumbu spesial selagi hangat.

Note:

  1. Kalau bumbu akan dipakai keesokan harinya, jangan lupa disimpan di kulkas ya sobat, kemudian dihangatkan dulu sebelum dipakai, karena bumbu spesial ini tanpa pengawet.
  2. Cara celup-bakar-celup-bakar bermaksud agar bumbu bakar lebih meresap ke dalam baksonya
  3. Jika ingin membuat baksonya sendiri, sobat semua dapat menggunakan mesin pembuat bakso agar lebih mudah, praktis, dan cepat.

Sekian penjelasan tentang resep bumbu bakso bakar spesial, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Kulit Dumpling Sederhana

Hallo semua pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat kulit dumpling nih, wahh pasti seru ya. Untuk membuat dumsum kulit dumpling/pangsit ini sangat bermanfaat sekali nih karena banyak digunakan sebagai bahan utama contonya ketika kita akan membuat siomay, dumpling, udang rambutan, cara membuat dimsum ikan tengiri dan masih banyak lainnya. Yukk kita lihat cara membuatnya, dan jangan lupa cek juga cara membuat dumpling disini.

1. Resep Membuat Kulit Dumpling Anti Sobek

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 300 gram (150 gram segitiga biru dan 150 gram cakra kembar)
  • Tepung maizena
  • 150 ml air hangat

Cara Membuat Kulit:

  1. Pertama-tama siapkan wadah besar atau baskom.
  2. Tuang tepung terigu segitiga biru dan cakra kembar kedalamnya, campurkan air sebanyak 150 ml lalu uleni menggunakan tangan hingga adonan menjadi lembut dan kalis (pastikan tangan bersih).
  3. Diamkan adonan di dalam baskom selama kurang lebih 30 menit, dan ditutup menggunakan kain/lap.
  4. Setelah itu uleni lagi sebentar kira-kira sekitar kurang lebih 5 menit. Kemudian diamkan kembali selaama 1 jam dan tetap ditutup menggunakan kain.
  5. Setelah 1 jam ambil adonan bagi menjadi beberapa bagian, taburi tepung maizena pada adonan kemudian pipihkan, jangan terlalu tipis namun jangan pula terlalu tebal.
  6. Cetak adonan menggunakan gelas atau apapun yang berbentuk bulat.

2. Resep Membuat Kulit Dumpling Mudah

Bahan-bahan:

  • 6 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • ½ sendok teh garam
  • 7 sendok makan air panas
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Kulit:

  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu dan tepung tapioka kedalam wadah hingga merata.
  2. Kemudian larutkan minyak dan juga garam kedalam air yang mendidih. Lalu tuang larutan garam dan juga minyak kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit.
  3. Uleni tepung hingga setengah kalis.
  4. Tutup adonan menggunakan kain supaya tidak kering, diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit.
  5. Terakhir pipihkan adonan hingga ketebalannya sesuai dengan yang diinginkan lalu cetak dan potong membentuk lingkaran.
  6. Kulit dumpling siap untuk dimasak.

3. Cara Membuat Kulit Dumpling Yang Elastis

Bahan-bahan:

  • 15 sendok makan tepung trigu protein tinggi
  • 4 sendok makan sagu
  • 3 sendok makan minyak bawang putih atau bisa juga minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat Kulit Dumpling:

  1. Campurkan tepung trigu , sagu dan garam aduk hingga merata.
  2. Tambahkan minyak dan air sedikit demi sedikit sebari diaduk, kemudian uleni hingga adonan kalis.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu pipihkan, selanjutnya cetak adonan menggunakan gelas atau apapun sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, bila perlu tambahkan sedikit taburan tepung diatasnya agar tidak lengket.
  4. Adonan kulit dimsum sudah siap, apabila ingin menyimpannya didalam lemari  pendingin dapat menggunakan plastik wrap atau wadah kedap udara.

4. Cara Membuat Kulit Dumpling Homemade

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu segitiga biu
  • 1 sendok makan tepung tapioka atau sagu
  • 1 sendok makan minyka makan/minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Tepung tapioka secukupnya.

Cara Membuat Kulit Dumpling:

  1. Pertama-tama siapkan wadah besar atau baskom, kemudian masukan tepung terigu dan tepung tapioka kedalam baskom dengan cara diayak lalu masukan minyak dan garam secukupnya sembari memasukan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan menggunakan tangan, hingga adonan terasa lembut dan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, ;lalu taburi menggunakan tepung tapioka.
  3. Selanjutnya pipihkan adonan menggunakan rol kayu atau alat apapun yang bisa memipihkan, usahakan jangan terlalu tipis karna takut adonan mudah robek.
  4. Cetak adonan menggunakan gelas atau sejenisnya.
  5. Kulit dumpling siap untuk digunakan

Selamat mencoba, semoga resep ini dapat bermanfaat.

Cara Membuat Pentol Cilok yang Lezat dan Dijamin Ketagihan

Hai sobat, kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat pentol cilok yang lezat dan sobat semua dijamin ketagihan deh. Sobat semua sudah tahu kan apa itu pentol cilok? Kalau belum tahu, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pentol cilok merupakan jajanan atau makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Cilok berasal dari kata aci dicolok atau aci yang dimakan dengan cara dicolok (ditusuk). Pentol cilok ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau kanji yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya dan dibentuk bulatan kemudian dikukus.

Pentol cilok biasanya disajikan dengan saus sambal. Saus sambalnya pun beragam, seperti saus kacang, saus sambal, saus tomat, dan berbagai macam saus yang sobat sukai. Tanpa saus ini, saat menikmati pentol pasti terasa ada yang kurang.

Pentol cilok ini cocok sekali untuk dinikmati saat berkumpul bersama keluarga, berkumpul bersama teman, takjil saat berbuka puasa, teman saat kerja, hidangan untuk menjamu tamu, dan cocok untuk acara-acara yang lainnya.

Nah dari pada penasaran bagaimana rasa dan cara membuat pentol cilok, yuk sobat semua buat sendiri di rumah dengan melihat cara membuat pentol cilok yang enak dan mudah di bawah ini.

Cara Membuat Pentol Cilok

Bahan-bahan:

  • 200 gr Tepung Tapioka/kanji
  • 150 gr Tepung Terigu
  • 4 Siung Bawang Putih,haluskan
  • 1/2 sdt Kaldu Bubuk
  • 1/4 sdt Lada Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • 200 ml Air (Secukupnya)
  • Iris Daun Bawang

Bahan Saus Bumbu Kacang:

  • 200 gr Kacang tanah goreng (Haluskan)
  • Garam Secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdm Gula merah disisir
  • 50 ml Minyak goreng
  • Air secukupnya
  • 2 Cabe Merah
  • 6 Cabe Rawit (Opsional)
  • 2 Bawang Putih

Cara Membuat Pentol Cilok:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan
  2. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, bawang putih halus, kaldu bubuk, lada bubuk dan garam. Kemudian aduk hingga rata dan sisihkan.
  3. Panaskan air hingga mendidih, kemudian tuang dalam wadah yang berisi tepung terigu, aduk hingga rata dengan menggunakan sendok kayu
  4. Kemudian masukkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit dan masukkan irisan daun bawang, uleni hingga tercampur rata dan kalis atau dapat dibentuk.
  5. Siapkan panci dan panaskan air untuk merebus pentol cilok
  6. Bentuk adonan berbentuk bulat, kemudian masukkan dalam rebusan air yang mendidih tadi.
  7. Rebus hingga pentol cilok terapung ke atas yang tandanya cilok sudah matang.
  8. Kemudian angkat dan tiriskan, masukkan dalam magicom/bisa dikukus agar cilok selalu hangat dan empuk kenyalnya awet.

Cara Membuat Saus Bumbu Kacang:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan
  2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus dan masukkan kacang tanah halus
  4. Tambahkan air secukupnya, garam, penyedap rasa dan gula merah. Masak dan aduk hingga tercampur rata dan kental.
  5. Saus bumbu kacang sudah matang.
  6. Sajikan dan nikmati pentol cilok dan saus bumbu kacang selagi hangat.

Note:

  1. Tingkat kekenyalan dari pentol cilok sesuai selera sobat semua. Jika ingin lebih kenyal kurangi terigu dan ganti dengan tapioka/kanji.
  2. Jika ingin membuat pentol cilok dalam jumlah porsi banyak, bisa menggunakan mesin pembuat bakso agar lebih mudah, praktis, dan cepat.

Sekian penjelasan tentang cara membuat pentol cilok yang sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres Anti Gagal!

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep makanan khas Indonesia yang bigih nagih lagi dan lagi. Resep makanan tersebut adalah resep cara membuat bakso yang kenyal dan kres anti gagal yang dapat sobat semua coba di rumah.

Siapa sih disini yang ga kenal dengan bakso? Sangat familiar sekali bukan makan ini? Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari olahan daging segar yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya.

Bakso juga biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan segar. Selain itu juga ditambah dengan bahan pelengkap lainnya, seperti mie bihun, mie kuning, sayur-sayuran, dan tak lupa taburan bawang goreng di atasnya.

Selain rasanya yang nikmat dan lezat, bakso juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh loh karena kadungan gizi dari daging sapi segarnya. Manfaat tersebut, seperti kandungan protein yang tinggi, dapat meningkatkan sistem imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu fungsi jantung, meningkatkan massa otot, dan manfaat-manfaat yang lainnya.

Tak hanya itu bakso yang biasanya disukai oleh orang-orang yaitu bakso yang kenyal dan kres saat di gigit. Ternyata dari enaknya bakso yang kenyal dan kress tersebut, ada tips-tipsnya loh saat membuatnya. Apa aja sih tips-tipsnya?

Tips Bakso Kenyal dan Kres

1. Pilih Daging Sapi Yang Segar

Pemilihan daging sapi sangat menentukan tekstur dan rasa dari bakso sapi. Apabila daging sapi yang digunakan masih segar, tekstur bakso pun akan bagus dan kenyal.

2. Menambahkan Daging Ayam

Daging ayam juga dapat membuat tekstur dari bakso sapi menjadi lebih bagus. Selain itu, daging ayam juga dapat menambah rasa gurih dari bakso sapi.

3. Menambahkan Es Batu atau Mendinginkan Adonan

Penambahan es batu dalam adonan juga diyakini dapat mengenyalkan tekstur dari makanan ini. Selain itu, ada juga cara memasukkan adonan ke dalam freezer agar dingin lalu setelah dingin langsung dicetak dan dimasukkan ke air mendidih. Ada juga cara memasukkan bakso ke dalam air es setelah bakso di bulat-bulat.

4. Menambahkan Garam Kasar

Garam kasar mengandung tinggi alkali sehingga mampu menjadi pengental alami bakso. Jika penggunaan garam kasar diganti dengan garam halus, maka hasilnya juga akan berbeda. Sesuaikan takaran garam seperti resep bakso pada umumnya.

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging sapi giling fresh dingin (boleh didinginkan di freezer dl sebelum di giling lagi)
  • 5 blok kecil es batu (atau bisa di skip jika daging sudah dingin)
  • 75 ml air + 1 sdt garam (larutkan)
  • 50 gr tepung sagu
  • 1 butir putih telur
  • 3 sdm bawang goreng
  • 2 sdm bawang putih bubuk
  • 1.5 sachet kaldu bubuk
  • 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica butir haluskan bersama garam dan bawang goreng di atas
  • 1-2 liter air dingin untuk merendam bakso yang telah jadi

Bahan Kuah:

  • Garam secukupnya.
  • 2 liter air rebusan kaldu sapi
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 2 sendok teh kaldu bubuk.
  • Daun bawang secukupnya.
  • 2 sendok makan kecap ikan.
  • 5 siung bawang putih halus.
  • Bawang merah goreng.

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres:

  1. Haluskan daging sapi giling dan masukkan es batu secara bertahap hingga menyerupai pasta padat dengan blender. Jika ingin lebih mudah dan hasil memuaskan bisa menggunakan mesin pembuat bakso agar hasil sempurna.
  2. Masukkan daging sapi giling yang sudah berbentuk menyerupai pasta tadi ke dalam wadah agak besar.
  3. Campurkan daging dengan larutan air garam secara bertahap hingga kalis.
  4. Setelah kalis masukkan lada dan bawang goreng yg telah dihaluskan.
  5. Masukkan putih telur dan sagu lalu aduk hingga tercampur rata. Masukkan kaldu bubuk, aduk kembali. Lalu tes rasa.
  6. Panaskan air hingga mendidih. Lalu matikan kompor
  7. Cetak adonan bakso menjadi bulat-bulat menggunakan tangan dan sendok lalu masukkan ke air panas.
  8. Angkat jika semua bakso mengapung ke atas dan rendam sebentar bakso ke dalam air es.
  9. Angkat dan tiriskan bakso lalu angin-anginkan

Cara Membuat Kuah Bakso Kenyal dan Kres:

  1. Tumis bawang putih dengan sampai tercium bau harumnya.
  2. Siapkan panci, lalu tuangkan dan panaskan air kaldu sapi
  3. Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam panci dan tunggu sampai mendidih.
  4. Sajikan bakso kenyal dan kres bersama kuah kaldu, mie, sayuran, sambal, dan taburan bawang goreng. Nikmati selagi hangat.

Sekian penjelasan tentang cara membuat bakso kenyal dan kres, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Resep Dimsum Ayam Udang Anti Gagal Yang Enak

Hallo semua apa kabar? Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai aneka resep dimsum ayam udang anti gagal nih, wahh menarik banget kan ya. Bahan dasar membuat dimsum memang beraneka ragam sekali teman-teman mulai dari daging sapi, ayam, udang, bahkan sayur juga ada loh. Cek juga artikel sebelumnya yaitu cara ternak sapi

Untuk resep ini kita akan membahas beberapa dimsum dengan bahan dasar udang yang dicampur dengan daging ayam. Yuk kita lihat bagaimana proses pembuatannya dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

1. Resep Dimsum Ayam Udang Rambutan

Buat kalian penggemar dimsum goreng, menu ini pasti tidak asing lagi kan ya. Dimsum dengan tampilan yang kurang menarik tetapi memiliki citarasa yang gurih dan lezat bahkan dapat membuat anda ketagihan pastinya. Ya, dimsum ayam udang goreng rambutan yang banyak digemari semua kalangan baik dari anak-anak, remaja, bahkan hingga orang dewasa. Cara membuat dimsum lezat satu ini sangat mudah dan simpel loh, jadi wajib banget untuk kalin dimsum lovers mencoba membuatnya dirumah. Walaupun makanan ini disebut rambutan bukan berarti bahan dasar untuk membuatnya menggunakan buah rambutan, melainkan bentuknya saja yang menyerupai rambutan karena semrawut. Yukk tanpa berlama-lama tagi kita intip cara pembuatannya

Bahan-bahan:

  • 200 gram udang kupas
  • 100 gram daging ayam
  • 20 lembar kulit pangsit
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 batang daun bawang perai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 putih telur
  • 1/2 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Dimsum Ayam Udang Rambutan:

  1. Cincang halus udang dan daging ayam, kemudian campurkan. Rajang halus daun bawang, kemudian tambahkan.
  2. Masukkan putih telur, bawang putih yang sudah dicincang halus, kecap ikan, dan minyak wijen. Bumbui dengan merica bubuk, garam, dan gula.
  3. Masukkan tepung, kemudian aduk adonan isian hingga merata.
  4. Siapkan kulit pangsit yang sudah diiris. Bentuk adonan menjadi bola-bola berukuran sedang, kemudian lumuri menggunakan kulit pangsit. Pastikan seluruh permukaan adonan tertutup kulit pangsit.
  5. Panaskan minyak pada mesin penggoreng , lalu goreng udang rambutan hingga kulit pangsit mengembang dan berwarna coklat keemasan.

2. Resep Dimsum Siomay Ayam Udang

resep dimsum ayam udang anti gagal

Siapa yang tidak tahu jenis makanan satu ini, makanan yang terbuat dari kulit pangsit tipis dengan isian daging ayam cincang ,udang, daging sapi atau yang lainnya, ya siomay. Siomay merupakan salah satu jenis dimsum yang paling populer di Indonesia dibandingkan dengan dimsum-dimsum lainnya. Kali ini kita akan berbagi resep cara membuat siomay ayam udang, berikut ini adalah resep dimsum ayam udang anti gagal.

Bahan-bahan:

  • Udang kupas 200 gram
  • Ayam fillet 200 gram
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 2 sdm minyak wijen
  • Putih telur 1 buah
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • Kulit pangsit
  • ½ buah wortel parut

Cara Membuat Siomay Ayam Udang:

  1. Pertama cincang kasar ayam dan udang, kemudian masukkan ke dalam wadahbesar.
  2. Selanjutnya masukkan semua sisa bahan, lalu aduk hingga rata.
  3. Kemudian ambil satu lembar kulit pangsit, masukkan 1 sendok makan adonan isian(sebetulnya ini sesui selera), lkemudian bungkus siomay dengan cara buat lipatan-lipatan kecil pada bagian pinggir kulit pangsit, lalu tambahkan topping wortel parut secukupnya di atasnya(ini bisa diganti dengan yang lainnya). Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Panaskan kukusan, lalu kukus siomay hingga matang dengan menggunakan api sedang, kurang lebih sekitar 20 menit.
  5. Setelah matang angkat siomay kemudian sajikan menggunakan aneka saus favorit sesuai selera, gunakan alat pemanas makanan agar menjagannya tetap dalam keadaan hangat.

Selamat mencoba semua. Semboga resep ini bermanfaat:)