Sebelum menanam bawang merah, yang perlu anda ketahui adalah bagaimana persiapan sebelum menanam bawang merah tersebut. Setelah itu, baru anda bisa mengimplementasikan cara menanam bawang merah yang anda ketahui dengan metode apapun.

Bawang merah merupakan salah satu bahan penting dalam campuran masakkan dan salah satunya adalah sayur sop. Jika anda bisa menanamnya sendiri, tentu itu menjadi keuntungan sendiri bagi anda. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana persiapan menanam bawang merah yang baik dan benar.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Persiapan Menanam Bawang Merah

1. Pilih Jenis Bawang Merah Yang Ingin Anda Tanam Dalam Persiapan Menanam Bawang Merah

Seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, ada berbagai macam variasi bawang merah yang menarik dengan alasan yang berbeda-beda. Bawang merah hadir dalam tiga warna umum – putih, kuning, dan merah/ungu. Masing-masing memiliki rasa yang berbeda.

Selain itu, bawang merah dikelompokkan menjadi dua jenis waktu tumbuh: siang hari yang panjang dan siang hari yang pendek.Bawang merah termasuk ke dalam bagian kategori siang hari yang panjang karena mereka dapat mulai tumbuh ketika siang hari.

Panjang waktunya antara 14 sampai 16 jam (akhir musim semi/musim panas). Sedangkan bawang yang masuk dalam kategori siang hari yang pendek mulai tumbuh ketika siang hari panjangnya antara 10-12 jam (musim dingin/awal musim semi).

Bawang merah di siang hari yang panjang sangat cocok untuk tumbuh di wilayah utara AS. Sedangkan bawang merah di siang hari yang pendek sangat cocok untuk tumbuh di wilayah selatan AS.

Bawang kuning adalah bawang merah yang berwarna keemasan dan memiliki rasa yang sedikit manis, bawang merah yang berwarna putih memiliki rasa dan aroma yang sedikit lebih tajam daripada bawang kuning, dan bawang merah adalah bawang yang berwarna ungu dan sering dimakan segar daripada dimasak.

2. Tentukan Bagaimana Anda Menyiapkan Menanam Bawang Merah Tersebut

Secara garis besar, terdapat dua cara yang sangat umum untuk menanam bawang. Yaitu, menanam bawang merah menggunakan umbi bawang ataupun dengan menggunakan biji bawang.

Umumnya para petani lebih suka menanam dengan menggunakan umbi. Karena, dengan cara ini bawang merah dapat sedikit lebih kuat dan lebih tahan terhadap cuaca buruk daripada menanam bawang merah biji bawang.

Namun, jika Anda mampu dan ingin menanam bawang dari biji di dalam ruangan dan memindahkannya ke luar rumah, Anda pasti bisa membesarkan bawang Anda yang berasal dari biji.

Anda bisa memilih untuk menanam bawang dari cangkok/stek, tetapi ini tidak selalu berhasil dan jauh lebih sulit dilakukan daripada menggunakan umbi atau biji.

Kunjungi penjual bibit di kota Anda untuk mendapatkan rekomendasi tentang umbi dan biji bawang yang bisa tumbuh dengan baik di daerah Anda.

3. Ketahui Kapan Waktunya Untuk Menanam

Bawang bisa sulit tumbuh jika mereka tidak ditanam di waktu yang tepat. Jika ditanam di cuaca yang dingin, mereka bisa mati atau membuang energinya dalam bentuk bunga bukan dalam bentuk umbi di musim semi.

Dan jika Anda lebih memilih untuk menanam biji, mulailah menanamnya di dalam ruangan setidaknya 6 minggu sebelum ditanam di luar ruangan. Bawang bisa ditanam di luar ruangan di akhir Maret atau awal April, atau ketika suhunya tidak turun di bawah -7 °C.

4. Pilih Lokasi Yang Ideal

Bawang tidak terlalu memilih tempat ketika tiba saatnya musim tanam, tetapi mereka memiliki beberapa kesukaan. Pilih tempat dengan ruang yang lapang dan sinar matahari penuh.

Bawang akan tumbuh cukup besar jika mereka diberi ruang yang cukup, jadi ingatlah bahwa semakin besar ruang tanam yang Anda berikan kepada mereka untuk tumbuh, semakin besar bawang yang akan Anda dapatkan. Jangan pernah menanam bawang pada lokasi yang telah ternaungi oleh tanaman lain atau pohon-pohon besar.

Bawang tumbuh dengan baik di bedeng, jadi jika Anda tidak memiliki ruang kebun yang cukup besar, Anda bisa membuat bedeng yang terpisah untuk tanaman bawang Anda.

5. Siapkan Tanahnya

Walaupun dibutuhkan lebih dari satu rancangan pemikiran atau beberapa, maka akan lebih baik jika Anda bisa menyiapkan tanah untuk media tanam beberapa bulan sebelum Anda menanam bawang merah, dan Anda akan memperoleh tanaman bawang yang sudah anda tanam menjadi lebih baik nantinya.

Jika sangat memungkinkan, mulailah mengolah tanah dan menambahkan pupuk di musim gugur. Setelah itu, jika tanah Anda banyak mengandung batu, pasir, atau banyak mengandung tanah liat, campurkan beberapa tanah pot (campuran dari lempung, gambut, pasir dan pupuk) untuk membantu memperbaiki media tanamnya.

Selain dari pada itu, cobalah untuk menguji kadar pH tanah yang sudah anda siapkan sebelumnya serta coba untuk tambahkan senyawa yang diperlukan agar kadar pH dalam tanah Anda berada di kisaran 6 sampai 7,5 pH.

Waktu terbaik untuk menguji dan mengubah pH tanah adalah setidaknya satu bulan sebelum penanaman, sehingga tambahan bahan apa pun memiliki waktu yang cukup untuk menimbulkan efek pada tanah dan menyiapkan fondasi bagi bawang untuk tumbuh.