Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa Yang Menggiurkan

Membangun bisnis haruslah dengan konsep ide yang baik, salah satunya ide bisnis cocomesh sabut kelapa yang saat ini makin naik. Yuk persiapkan bisnismu!

Cocomesh Sabut Kelapa

Definisi Cocomesh ialah jaring sabut kelapa dan menggunakan 100% bahan alami tanpa melalui proses kimiawi. Cocomesh digunakan sebagai media untuk bercocok tanam, proteksi longsor dan pelindung tanah pada lahan miring. Sabut kelapa bekas pertama kali digunakan pada jok mobil, jok dan spring bed karena kemampuannya yang tinggi dalam menyerap air dan bau, tidak berubah bentuk dan tidak berjamur. Penggunaan cocomesh merupakan solusi untuk menjaga kestabilan tanah pada lahan miring, mencegah erosi tanah dan humus atau unsur hara pada tanah yang umumnya menjadi masalah pada lahan miring. Setidaknya dalam 3 tahun, Cocomesh akan terurai dengan tanah dan menjadi humus di area penanaman cocomesh. Cocomesh juga digunakan dalam reklamasi lahan pertambangan dan terbukti mampu menghijaukan kawasan yang rusak akibat aktivitas penambangan. Ini adalah solusi yang lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan konstruksi batu atau beton. Cocomesh dapat diaplikasikan di area seperti: Reklamasi Lereng atau Bukit. Taman dan Pantai Drainase Tepi Sungai.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan :

  • Sabut kelapa tua

Alat – alat :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa yang telah digiling hingga kering
  4. Putar sabut menjadi tambang dengan mesin pemintalan sabut
  5. Rajut tali menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa / sabut kelapa siap pakai

Kegunaan Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  • Media penghijauan di lahan bekas tambang
  • Sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  • Memperkuat material di atas tebing
  • Bahan untuk mencegah erosi
  • Memperkuat tanah
  • Membantu memperkuat rel kereta api
  • Memperkuat tebing jalan atau jembatan

Ide Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Hampir seluruh bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Tak terkecuali sabut kelapa. Bahan ini seringkali terabaikan, padahal potensi ekonomi sabut kelapa cukup tinggi untuk diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Selama ini sabut kelapa sering digunakan sebagai media untuk mencuci piring atau alat masak. Banyak orang yang tidak menyadari, sebenarnya sabut kelapa ini memiliki banyak sekali pesona. Ketika sabut kelapa di tangan seseorang yang memiliki kreativitas tingkat tinggi, memberikan manfaat sabut kelapa bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan. Padahal, kulit buah kelapa ini bisa menjadi media lukisan yang memiliki nilai seni tinggi. Dan ternyata alhasil, “Memanfaatkan sabut kelapa menjadi barang yang bermanfaat menjadi pekerjaan yang menantang,” ujarnya. Mansur Mashuri, pemilik Rumah Sabut Jogja, mulai mengolah sabut kelapa pada 2008. Ia terjun di bisnis ini karena tergoda melihat potensi ekonomi yang terkandung dalam sabut kelapa. Mansur sangat tertantang untuk menggali manfaat ekonomis dari sabut kelapa. Pasalnya, di daerah tempat tinggalnya, ketersediaan sabut kelapa sangat melimpah. Salah satu produk yang ia hasilkan adalah cocomesh, media yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban tanah di daerah yang kadar airnya sudah menurun akibat aktivitas tertentu. Bentuk buah kelapa ini menyerupai jaring. Selain mengembalikan kelembapan tanah, cocomesh juga berfungsi mencegah erosi dan membantu memperkuat tanah di lereng bukit. Tak heran, banyak permintaan datang dari perusahaan tambang. Namun, Mansur enggan menjelaskan lebih detail tentang produk Cocomesh yang dijualnya seharga Rp. 9.000 per m². “Pasar Cocomesh masih sangat terbatas, dan belum banyak yang tahu tentang produk ini,” ujarnya. Nah itulah ulasannya mengenai ide bisnis cocomesh sabut kelapa. Kalian bisa menjadikan cocomesh jadi bisnis sabut kelapa. Karena bisnis ini saat ini sudah mulai melambung. Semoga sukses ya.