Marketing Digital Facebook Untuk Para UMKM

Marketing digital facebook

Marketing digital facebook sangatlah prospek ,Facebook telah menjadi platform online yang paling populer didunia saat ini. Pengguna aktif Facebook perbulan di seluruh  dunia telah mencapai 2.38 miliar pada tahun 2019, dan di negeri kita sendiri  pengguna nya pun sudah mencapai 120 juta pengguna. Banyaknya pengguna facebook ini sangat prospek untuk mengembangkan UMKM anda.

Yuk ketahui tips tips cara marketing digital facebook untuk meningkatkan UMKM anda.

1. Postingan Berkualitas

Marketing digital facebook sangatlah prospek,  Tujuan mu posting produkmu di Facebook tentunya agar konsumen dapat melihat produkmu dan bahkan membelinya. Maka dari itu postingan yang kamu buat harus dikerjakan dengan niat dan effort yang penuh.

Sehingga marketing digital facebook yang kamu buat terlihat profesional. Jika kamu memposting dengan asal-asalan, maka konsumen susah untuk tertarik dengan produkmu. Tertarik saja tidak, apalagi membeli produk mu? maka sangatlah penting membuat postingan yang berkualitas.

2. Optimasi Halaman Profil 

Melengkapi bagian-bagian penting di halaman profil, maka profil bisnis mu akan terlihat lebih meyakinkan jika dilihat oleh konsumen. Kamu dapat menambahkan informasi singkat tentang bisnis dan produk yang kamu jual serta menjelaskan apa impact yang akan kamu berikan kepada masyarakat mau pun perkembangan ekonomi.

Selain itu, kamu juga perlu memasukkan informasi mengenai review-review yang diberikan oleh konsumen terhadap produk yang kamu jual, sehingga pengunjung profil Facebook mu mengetahui review produk dan dapat mempertimbangkannya.

3.Membuat Konten Menarik

sangat penting dalam marketing digital facebook  membuat sesuatu yang berbeda sehingga bisa menjadi keunikan tersendiri. Misalnya membuat video promosi yang tersirat sehingga maksud dari video tersebut harus ditelaah terlebih dahulu oleh konsumen.

Hal ini bisa menjadi daya tarik dari bisnis mu agar konsumen tertarik untuk mencari tahu lebih dalam tentang apa bisnismu, apa produkmu, dan bagaimana kegiatan pemasaran yang kamu lakukan sehingga tidak membosankan dan dapat membuat konsumen tertarik.

4.Membangun Komunitas di Facebook

Sebagai pelaku bisnis/UMKM, kamu perlu membangun hubungan baik juga loh dengan partner maupun konsumen mu. Oleh karena itu, kamu juga harus aktif di komunitas Facebook agar dapat memiliki hubungan baik serta berpotensi untuk melaksanakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki pengalaman lebih. Sehingga kamu bisa mendapatkan ilmu lebih dari komunitas yang ada di Facebook.

5. Gunakan Facebook untuk Customer Service

Kamu dapat melakukan pengaturan chat untuk customer service di Facebook agar dapat memudahkan konsumen yang ingin bertanya atau melakukan komplain. Selain itu, customer service di Facebook juga dapat memudahkan kamu untuk menjangkau konsumen-konsumen yang memiliki masalah.

Sehingga hubungan baik antara kamu dan konsumen mu dapat terjalin dalam waktu yang lama. Untuk fasilitas aftersales service pun dapat kamu lakukan melalui customer service di Facebook.

Customer service dapat menghubungi konsumen secara rutin mengenai pemeliharaan produk yang dibeli konsumen dari bisnis mu. Sehingga kamu dapat menjadi pemilik usaha atau bisnis yang mengedepankan kepuasan konsumen dan mempedulikan hubungan baik dengan konsumen.

6. Cobalah untuk Melakukan Iklan Berbayar

Dengan melakukan iklan berbayar, audience yang dapat kamu capai tentunya lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan kriteria audience yang ingin diraih. Kamu bisa menganggarkan budget mu untuk iklan berbayar.

Setelah itu, kamu dapat melakukan permintaan kepada pihak pembuat iklan untuk memilih audience yang sesuai dengan target pasar mu serta menentukan lokasi yang sesuai dengan tempat tinggal konsumen potensial.

Mungkin iklan berbayar pun tidak langsung memiliki efek yang signifikan jika hanya dilakukan sekali saja. Kamu dapat mencoba iklan berbayar setiap bulannya di tanggal-tanggal tertentu yang telah kamu rencanakan.

Jenis iklan berbayar yang dapat kamu coba pun beragam sekali loh friends, misalnya endorse, paid promote, advertising, dan lain-lain. Kamu dapat mencoba semuanya di bulan yang berbeda-beda.

Baca juga ; Strategi Bisnis Online