Resep Rahasia Bumbu Bakmi Jawa Bikin Bahagia

Apakah kalian ingin tahu resep rahasia bumbu bakmi jawa ? Jika iya maka kalian sudah tepat mampir ke sini, karena resep ini hanya ada disini dan jarang orang tahu.

Bakmi Jawa

Resep Rahasia Bumbu Bakmi Jawa

Pada kali ini saya akan membahas terlebih dahulu tentang bakmi jawa ini. Dari mulanya ini makanan khas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dahulu Mi jawa dikenal dengan istilah bakmi godhog ( bakmi yang direbus ). Diluar negeri sendiri seperti Singapura dan malaysia mi jawa dikenal dengan nama mee rebus

Sebenarnya Mi jawa mempunai banyak variasi dari mulai mie goreng, mie rebus, hingga ada juga namanya magelangan ( nasi campur mie ).

Sejarah

Dilihat dari sejarahanya awalnya Mi jawa berasal dari Desa Piyaman Wonosari, Gunung kidul, Yogyakarta. Pada saat perkembangannya kuliner yang satu ini hampir menyentuh semua wilayah indonesia maupun luar negeri.

Penjual Mi Jawa juga memiliki ciri khasnya sendiri berupa buka warung mulai senja menggunakan gerobak tempat memasaknya dan ciri khas lainnya berupa meracik satu per satu pesanan untuk satu porsi ( satu kali masak untuk satu porsi saja ).

Setelah kalian membaca penjelasan yang hanya sekilas semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Dan sebelum kita menuju ke resepnya saya ada promosi alat panggang sosis nih, alat ini bisa mempermudah kalian jika ingin membuat masakan yang dipanggang apapun itu asalkan alasnya masih muat.

Nah tiba saatnya kita ke topik utama pembuatan Mie jawa. Yuk simak resepnya bersama-sama dibawah ini :

Resep Rahasia Bumbu Bakmi Jawa

Bahan – Bahan :

  •  1 bungkus mie telur
  •  2 butir telur
  •  1 potong dada ayam
  •  Tomat
  •  Daun bawang
  •  Sawi putih, secukupnya
  •  Kaldu ayam bubuk
  •  Garam
  •  Lada
  •  3 siung bawang merah, iris tipis
  •  Minyak goreng
  •  3 butir cabai rawit hijau

Bumbu Halus :

  •  4 siung bawang putih
  •  2 butir Kemiri
  •  Ebi

Cara membuat Resep Rahasia Bumbu Bakmi Jawa :

  1.  Panaskan minyak, tambahkan bawang merah. Goreng hingga harum.
  2.  Masukkan bumbu halus yang telah dihaluskan.
  3.  Tambahkan telur, telur orak-arik. Masukkan ayam, potong kecil-kecil.
  4.  Setelah sedikit mengering, tambahkan potongan kol dan daun bawang. Aduk aduk.
  5.  Tambahkan air secukupnya.
  6.  Masak sampai mendidih. Beri mie telur. Tambahkan garam, merica, dan kaldu ayam. Koreksi rasa.
  7.  Terakhir tambahkan tomat, cabai hijau dari pandangan mata burung dan sisa daun bawang.
  8.  Sajikan hangat.

5 Tips Memasak di Dapur

Chef internasional

Apakah kalian penghuni dapur? Nah dibawah ini saya akan memberikan beberap tips didapur agar memasak kalian menjadi lebih mudah dan cepat. Yuk kita terapkan !!!

1. Bumbui dan coba makanan saat memasak jika perlu

Saat memasak, garam adalah bumbu terpenting. Menambahkan sedikit garam ke dalam resep akan membuat hidangan menjadi lebih enak. Saat membuat permen, tambahkan sedikit garam ke dalam adonan untuk mengimbangi rasa manisnya.

2. Jangan gunakan wajan kecil (jika Anda memiliki wajan besar, gunakanlah)

Saat menggoreng, memanggang, atau memanggang, jangan menggunakan wajan kecil. Jika kalian ingin membuat makanan yang meleleh di bagian dalam dan berwarna kecoklatan di bagian luar, jangan gunakan wajan yang terlalu kecil karena akan membuat semua bagian berwarna kecokelatan. Wajan yang sempit juga menghasilkan banyak uap, yang membuat hidangan gosong dengan cepat.

3. Tambahkan herba kering di awal dan herba segar di akhir

Perlu beberapa saat agar bumbu kering terasa kuat. Jadi jika ingin menggunakan bumbu kemarau tambahkan di awal proses pemasakan. Ini berbeda dengan bumbu segar, tetapi jangan tambahkan bumbu segar saat masih dimasak, karena dapat membuat hidangan terasa pahit. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan bumbu segar saat proses memasak hampir selesai.

4. Gunakan minyak secukupnya

Kalian akan tahu bahwa menambahkan minyak yang sesuai ke dalam penggorengan akan mencegah makanan lengket dan gosong. Misalnya, jika kalian melapisi makanan dengan minyak sebelum dipanggang. Minyaknya juga memberikan rasa yang enak. Saat memasak dengan api besar seperti menggoreng dan memanggang, pilih minyak sayur dan kedelai. Jika kalian memasak atau membuat salad dan saus dengan suhu rendah, cobalah mentega atau minyak zaitun.

5. Sesuaikan suhu api

Tentu saja, memanaskan wajan atau memasukkan makanan ke dalam oven bisa membuat makanan lebih cepat matang. Tapi itu akan membuat bagian luarnya gosong dan bagian dalamnya masih mentah. Tipnya adalah jika kalian ingin memasak daging, mulailah dengan wajan panas dan kecilkan api hingga rendah setelah daging matang.

___________________________________________________________

Itulah tadi penjelasan resep dan juga sedikit tips memasak dari saya. Bila salah kata mohon dimaafkan, saya harap resep saya bisa menjadi referensi kalian unuk memasak. Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang resep rahasia bumbu bakmi jawa silhkan kunjungi Resep Bakmi Goreng Jawa Enak Dimulut Nagih Diperut. Sedangkan jika kalian ingin membuat masakan lainnya kunjungi juga Cara Masak Kerang Hijau Saus Tiram Nikmat Rasanya. Sekian dari saya

Good Byee…