Cara Buat Permen Lolipop

Lolipop merupakan perman yang memiliki macam-macam bentuk dan memiliki banyak warna seperti warna pelangi.cara buat permen lolipop pun juga mudah dan simpel,kalian pasti bisa membuatnya dirumah dan bahannya mudah ditemukan.

cara buat permen lolipop

Sejarah Lolipop

Siapa sih yang tidak kenal yang namanya permen lolipop? Yaa,Semua orang sudah tahu permen lolipop permen dengan rasanya yang manis dan beraneka ragam serta dengan warna-warni seperti pelangi yang membuat anak-anak atau pun orang dewasa juga tertarik untuk menikmatinya, karena dari segi penampilannya yang menarik.

Karena permen lolipop sudah populer khususnya di Indonesia ini mungkin sebagian orang bertanya-tanya dari mana sih,, asal mula permen lolipop itu? Nah disini barokah ngr akan membahas sejarah permen lolipop.

Dari Sumber yang lainnya mencatat, pada tahun 1908 di Racine, Wisconsin, ditemukan mesin produksi lollipop oleh Racine Confectionary Machine Company. Mesin ini diciptakan untuk memudahkan permen yang sangat  keras itu ‘ditempelkan’ ke ujung stick. Mesin ini bisa menghasilkan 2400 lollipop per jam.

Gelar sebagai produsen lollipop secara massal itu dipegang oleh The Racine Confectionary Company, sampai pada tahun 1912 ditemukan sebuah mesin yang dapat memasukkan stick ke dalam permen secara otomatis. Mesin ini diciptakan oleh seorang penguaha bernama Samuel Born. Kota San Fransisco sangat mengagumi inovasi ini.

Lolipop

Permen adalah salah satu jenis camilan yang paling disukai oleh anak-anak. Jenis permen yang tersedia pun beraneka ragam, baik dari segi rasa maupun bentuk. Namun secara umum, rasa permen tentunya adalah manis terlepas dari bahan campuran apa yang digunakan. Selain enak karena manis, permen juga disukai karena dapat membantu membuat napas menjadi segar dan wangi.

Selain membeli di warung atau supermarket, ternyata Anda pun bisa membuat permen sendiri di rumah. Bahkan, cara membuat permen tergolong sangat mudah dilakukan. Selain mudah, tentu lebih sehat juga apabila permen untuk buah hati adalah permen homemade yang bebas dari bahan pengawet. Bahan yang bisa Anda gunakan bervariasi mulai dari agar-agar, buah-buahan, hingga kopi.

Pembuatan Permen Lolipop

Samuel Born, seorang imigran asal Rusia menemukan mesin pembuat permen bertangkai pertama kali.Mesin permen ini diberi nama The Born Sucker Machine oleh Kota San Fransisco pada tahun 1916. Ini merupakan penghargaan yang diberikan pada kota tersebut atas kejeniusan pembuat mesin permen bertangkai tersebut.

Mesin itu secara otomatis dapat menyelipkan tongkat pada lolipop yang sedang dibuat selain mesin yang ditemukan oleh Samuel Born, ada juga mesin pembuat permen bertangkai yang lebih canggih. Mesin ini dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama The Racine Confectioners Machinery Co.

dari Racine di Wisconsin. Kecanggihan mesin ini adalah dapat membuat empat puluh buah lolipop sekaligus dalam satu menit.jenis permen,seperti permen karet, permen empuk yang bisa dikunyah, hingga permen yang memiliki batang atau dikenal dengan lolipop.

Selain lolipop,permenini memiliki banyak nama lainnya, ada yang menyebut lollyice lollysticky-poppopsicle, dan masih banyak nama lainnya.lolipop ternyata sudah ada sebelum abad ke-17 dari daerah sekitar Afrika dan Asia.Tapi, banyak juga yang mengatakan bahwa sejarah lolipop.

cara buat permen lolipop

Cara Buat Permen Lolipop
Bahan-Bahan:

  • 1 cangkir gula
  • ½ cangkir sirup jagung cerah
  • ¼ cangkir air
  • 2 sdt ekstrak pilihan kamu (vanili, mint, kayu manis, kelapa, dll)
  • Pewarna Makanan
  • Cetakan Lolipop dan tongkat

Cara Buat Permen Lolipop :

  1. Siapkan cetakan kamu dengan menyemprotnya dengan semprotan anti-lengket memasak dan memasukkan tongkat permen lolipop ke dalam cetakan.
  2. Campurkan gula, sirup jagung, dan air dalam panci sedang sedang-panas tinggi. Aduk sampai gula larut, lalu sapukan ke sisi panci dengan sikat kue basah. Setelah mendidih, masukkan termometer permen.
  3. Biarkan mendidih, tanpa diaduk, sampai permen mencapai 295 derajat Fahrenheit (146 C).
  4. Setelah permen mencapai 295 F, keluarkan dari panas. Biarkan sampai hilang gelembungnya. Masukkan ekstrak pilihan kamu, dan, jika diinginkan, pewarna makanan.
  5. Sendok permen ke dalam rongga cetakan, pastikan untuk menutupi bagian belakang tongkat.
  6. Biarkan dingin sepenuhnya. siap dihidangkan

demikian artikel dari saya terima kasih sudah membaca artikel cara buat permen lolipop,semoga setelah kalian semua membaca ini banyak manfaatnya,jika ada kata atau penulisan yang salah mohon dimaaf kan dan di maklumi.