Cara Masak Kerang Hijau Saus Tiram Nikmat Rasanya

Tahukah kalian ? Kerang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho. Pas banget kalau kalian hidangkan pada saat cuaca sedang tak menentu. Untuk menghasilkan rasa gurih asin khas oriental yang istimewa, dibutuhkan bahan dan cara memasak yang benar

Kerang Hijau Saus Tiram

Cara Masak Kerang Hijau Saus Tiram

 

Nah. untuk itu saya kali ini akan menjabarkan cara masak kerang hijau saus tiram. Tetapi sebelum masuk kesana alangkah baiknya kalau kalian menambah pengetahuan dengan mengetahui sedikit asal-muasalnya tentang kerang hijau dan saus tiram tentunya. langsung saja simak

Dari kerang hijau yakni sebuah binatang lunak yang hidup di laut, dengan memilliki dua cangkang dan tentunya warnanya hijau. kerang ini termasuk biota bertubuh lunak dan mempunyai kelas pelecipoda yakni hewan yang memiliki cangkang katup sepasang yang disebut dengang bivalvia.

Kerang ini memiliki banyak nama lokal lho, apa sajakah itu ? mari sebutkan diantaranya kijing bila di Jakarta, Kedaung bila di Banten, Kemudi Kapal bila di Riau dan lainnya.

Nah, sekarang kita bergeser ke bumbu saus tiramnya dari pengertiannya yakni saus kental dengan warna sedikit kehitaman dan di tionghoa sendiri dibuat dengan bahan dasar tiram dan rasanya gurih dan asin.

Saus tiram ditemukan di provinsi Guangdong tepatnya di Tiongkok yang dibuat dan dipororduksi oleh pengusaha Lee kam Sheung lalu setelah pusat pabrik dari Lee Kam Sheung dipindah di Makau dan setelah itu saus tiram menjadi lebih populer oleh perusahaan Lee Kum Kee hingga keseluruh dunia berkat merek dagang mereka.

Setelah mendengar penjelasan diatas apakah kalian lebih antusias untuk membuat resep yang akan saya bagikan kali ini ? Jika iya sebelum ke resep saya ada rekomendasi alat untuk memanggang segala jenis masakan yang membutuhkan panggangan yakni panggangan sosis yang tentunya masakan menjadi lebih enak dan mudah.

 

Cara Masak Kerang Hijau Saus Tiram

Bahan – Bahan :

  • 2 kg kerang hijau.
  • 5 siung bawang putih.
  • bawang merah 7 siung
  • 10 buah cabai besar.
  • 20 buah cabai rawit (kalau tidak suka pedas, dapat dikurangi).
  • 1 ruas jahe.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 1 batang serai / serai.
  • 5 sdm saus tiram.
  • saus tomat 3 sdm
  • 3 sdm saus sambal.
  • gula pasir 1 sdm (opsional) .
  • 1 sdm kaldu jamur (saya pakai merk Royco).
  • 1 sdt lada bubuk.
  • 500 ml air matang.

Cara Masak Kerang Hijau Saus Tiram :

  1. Bersihkan kerang, rebus selama 10 menit.
  2. Uleg/blender cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe.
  3. Panaskan minyak dan tumis hingga menyusut.
  4. Beri sedikit minyak goreng.
  5. Masukkan daun jeruk dan serai/sereh, tumis hingga harum.
  6. Masukkan kerang yang sudah direbus tadi.
  7. Tuangkan air, ratakan.
  8. Masukkan gula pasir(optional), lada bubuk, saus tomat, kaldu jamur, saus sambal, saus tiram, aduk rata 5 mnt.
  9. Cek rasa, sajikan.

6 Tips Masak Kerang yang Benar

Ragam kerang

Pada tips ini kalian harus memperhatikannya dengan benar sebab, mengapa demikian? Karena Jika ada ada kesalahan dalam pemasakan pastinya kenikmatan dari kerang itu sendiri akan tergangu misal jika kita belum mencuci dengan benar-benar bersih makan makan akan ada aroma lumpur yang tercium dan mengendap didalam kerang itu sendiri. Maka dari itu yuk kita perhatika tips memasaknya dibawah ini 

  1.  Pilih Kerang yang Masih Segar
  2. Cuci di Bawah Air Mengalir
  3. Rendam dengan Perasan Air Jeruk Nipis
  4. Beri Tambahan Rempah
  5. Masak dengan Api Kecil
  6. Pastikan Panci Tertutup Rapat

Itulah tadi sedikit penjelasan dan cara masak kerang hijau saus tiram yang bisa saya share kepada kalian. Jika kalian kurang puas dari penjelasan saya silahkan kunjungi Cara Memasak kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa. Dan apabila kalian ingin mencoba membuat resep lain kunjungi juga Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Padang Dijamin Enak.

See You In Another Recipe…