Cara Menanam Porang dari Umbi

Cara menanam porang dari umbi berikut ini menjadi satu hal yang penting dan wajib diketahui para petani yang akan memulai usaha porang.

Tingginya permintaan porang dari Indonesia, menyulutkan semangat para petani untuk membudidayakan tanaman porang. Porang dikenal oleh masyarakat karena memiliki nilai komoditas ekspor yang tinggi.

Saat ini porang dari Indonesia di ekspor ke berbagai negara tetangga dan negara besar di Asia, diantaranya yaitu Jepang, China, Korea, Australia, dan masih banyak lagi.

Menyiapkan Lahan Tanam | Cara Menanam Porang dari Umbi

cara menanam porang dari umbi

Tanaman porang akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 100 – 600 mdpl, serta memiliki sinar matahari yang cukup.

Struktur tanah yang baik bagi pertumbuhan tanaman ini yaitu tanah yang gembur atau percampuran tanah liat dan pasir dengan pH sekitar 6-7 .

Selain itu, lahan tanam juga harus terbebas dari gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman porang.

Tanaman ini juga membutuhkan tanaman lain sebagi inang atau tempat bernaung misalnya adalah tanaman pisang, jahe, pinang, mahoni, jati, dan sonokeling.

Menyiapkan Bibit | Cara Menanam Porang dari Umbi

Membudidayakan tanaman porang dapat dilakukan secara generatif maupun vegetatif. Untuk mengembangbiakkan tanaman porang, ada tiga cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan umbi katak, biji, dan umbi.

Umbi porang yang digunakan biasanya adalah umbi hasil penjarangan tanaman porang. Biasanya porang yang sudah berumur 5-7 bulan akan ditumbuhi porang kecil disekitarnya. Anda dapat memanfaatkan umbi kecil ini sebagai bibit tanaman porang.

Sementara itu, umbi porang yang berukuran besar bisa Anda belah dulu menjadi beberapa bagian sbelum ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

Penanaman

Tanaman porang baik ditanam sekitar bulan november – desember atau bertepatan pada awal musim penghujan.

Siapkan lubang tanam berukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm dengan jarak sekitar 1 meter x 1 meter. Diberi pupuk dasar sebelum umbi porang ditanam, bisa menggunakan campuran kompos dan merang, atau bisa juga menggunakan pupuk bokashi dengan top soil sebanyak setengah kilo di setiap lubang tanam.

Kemudian masukkan bibit yang telah disiapkan ke dalam lubang tanam satu per satu dengan bakal tunas menghadap ke atas. Setelah itu, tutup lubang tanam dengan tanah setebal 3 cm.

Pemupukan | Cara Menanam Porang dari Umbi

Proses pemupukan ini biasanya dilakukan ketika tanaman porang mulai tumbuh. Jenis pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik kompos dan pupuk anorganik NPK/TSP.

Pemupukan ini dilakukan agar tanaman porang dapat tumbuh dengan lebih optimal dan menghasilkan umbi yang lebih besar.

Pembersihan Gulma

Tanaman porang adalah tanaman yang tumbuh saat musim penghujan, tak heran jika di sekitarnya banyak ditumbuhi gulma. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyiangan atau pembersihan gulma disekitar tanaman porang. Pastikan di sekitar tanaman porang tidak ada gulma atau rerumputan lain yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman porang.

Meninggikan Gundukan | Cara Menanam Porang dari Umbi

Peninggian gundukan tanah di sekitar tanamn porang ini bertujuan agar batang porang bisa berdiri tegak dan umbi lebih cepat tumbuh besar. Proses ini dilakukan dengan cara menimbun pangkal batang porang dengan tanah di sekitarnya.

Penjarangan

Perhatikan juga jarak tanaman porang. Satu tanaman porang dapat menghasilkan 3-4 batang porang, sehingga perlu dilakukan proses penjarangan. Proses penjarangan atau pelebaran jarak tanam ini akan memudahkan saat proses panen serta membuat umbi porang bisa tumbuh lebih besar.

Penanggulangan Hama dan Penyakit | Cara Menanam Porang dari Umbi

Hama dan penyakit tentu menjadi ancaman besar bagi petani porang karena bisa berdampak pada kualitas umbi yang dipanen nantinya.

Tanaman ini sering terserang hama seperti belalang, nematoda, dan beberapa ulat yang menyerang umbi-umbian. Untuk membasmi hama tersebut, Anda dapat menggunakan bahan kimia karbofuran.

Selain itu, penyakit yang sering menginfeksi tanaman porang adalah infeksi jamur Rhyzoctonia sp, Sclerotium sp dan Cercospora sp yang bisa menyebabkan batang dan daun porang membusuk dan layu. Untuk mengatasi infeksi jamur tersebut, Anda dapat menggunakan fungisida Benlate dan Ridomil.

Demikian tadi informasi mengenai cara menanam porang dari umbi. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Iresepi.

Bila Anda tertarik untuk memulai berbisnis porang, Grosir Mesin saat ini menyediakan Mesin Perajang Porang tentunya dengan kualitas yang baik dan harga yang menarik.