Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Padang Dijamin Enak

Kalian punya persediaan daging sapi di kulkas? kalian bisa mengolahnya menjadi resep bumbu rendang daging sapi padang yang enak. Dengan menggunakan bumbu khas Padang, makin pas dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Rendang Daging Sapi Padang

Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Padang

Kata rendang sendiri berasal dari kata ‘marandang’ yakni proses memasak yang cukup lama sehingga air pada masakan tersebut menjadi hilang. Kunci dari kesuksesan resep rendang sapi menjadi empuk yaitu pada lamanya proses pemasakan. Memasak rendang khas Padang membutuhkan waktu yang lumayan lama kurang lebih 7 sampai 8 jam hingga airnya hilang dan minyaknya naik.

Bumbu rendang yang digunakan untuk resep ini yakni bawang merah, bawang putih, jahe, laos, cabai merah, daun jeruk, dan daun kunyit. Beberapa orang Padang juga ada yang menambahkan rendang dengan kunyit, misalnya orang-orang yang tinggal di daerah Payakumbuh.

Akan saya berikan resep rendang sapi sederhana dan praktis milik William W. Wongso yang diambil dari William Wongso Series. setelah penjelasan berikut ini.

Seperti artikel saya yang sebelum – sebelumnya jika kalian sudah melihat, saya akan menawarkan alat panggangan sosis untuk kalian. Tujuannya agar dalam memanggang masakan seperti daging ayam dana lainnya kalian akan lebih mudah dan praktis menggunakannya, secara alat ini lebih canggih daripada teflon.

Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Padang

Bahan – Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 4 butir asam kandis
  • 100 ml minyak goreng
  • 5 gram garam

Bumbu – Bumbu :

  • 60 gram bawang merah
  • bawang putih 50 gram
  • 250 gram cabai merah besar
  • lengkuas 100 gram
  • 50 gram kemiri
  • cengkeh 2 gram

Cara Membuat Bumbu Rendang Daging Sapi Padang :

  1.  Haluskan semua bahan bumbu dengan cara ditumbuk atau diaduk.
  2.  Goreng bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
  3.  Tambahkan serai, daun jeruk, asam jawa dan garam, aduk rata.
  4. Tuangkan santan dan dididihkan, masukkan daging.
  5. Setelah itu masak dengan menggunakan api kecil selama beberapa jam hingga daging menjadi empuk dan bumbu kecoklatan sesuai selera kalian.

5 Tips Memasak Bumbu Rendang Daging Sapi Padang

Masyarakat minang buat rendang

Memasak memerlukan tips agar nantinya menghasilkan rendang yang enak dilidah. Untuk itu saya akan membagikan 5 tips untuk memasak rendang agar menjadi enak dan tidak ada masalah dalam proses pengolahan.

1. Gunakan porsi daging yang tepat

Ciri khas rendang adalah dimasak dalam waktu lama agar bumbu terserap merata oleh daging. Oleh sebab itu, untuk rendang daging sapi, cobalah potongan daging yang padat seperti pada bagian paha – terutama bagian paha bagian luar. Hindari menggunakan daging lunak yang dalam karena jenis ini mudah hancur jika dimasak dalam waktu lama.

2. Mengolah daging dan bumbu dengan benar

Untuk cita rasa yang maksimal, bumbu rendang sebaiknya dibuat dari bahan segar yang dihaluskan dengan cara digiling dan tanpa menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tuangkan santan dan masak dengan bumbu halus. Setelah kalian mengental dan menghilangkan minyak, masukkan daging ke dalamnya hingga matang.

3. Gunakan santan secukupnya

Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa yang gurih pada bumbu rendang. Sebab daripada itu, penggunaan santan pada jumlah yang cukup dapat berperan penting dalam cita rasa dari rendang. Biasanya perbandingan daging dengan santan adalah 1: 3, yaitu setiap 1 kg daging sama dengan santan kental yang terbuat dari 3 butir kelapa. Jika ingin membuat rendang pedas, setiap 1 kg dagingnya bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental yang terbuat dari 4 butir kelapa.

4. Masak rendang dengan api kecil

Agar bumbu menuangkan dengan sempurna dan daging menjadi empuk, sebaiknya rendang dimasak dengan api kecil selama beberapa jam. Jika Anda suka rendang kering, masak selama 5-6 jam. Jika kalian berencana memasak rendang basah, masak sekitar 4 jam. Jika hanya dimasak selama 3 jam tidak akan mendapatkan rendang, melainkan kalio, daging basah dengan campuran santan dan bumbu dalam jumlah banyak.

5. Aduk rendang secukupnya

Selama rendang daging dimasak dengan bumbu, daging tidak perlu terus diaduk agar tidak hancur. Namun, rendangnya juga harus sesekali diaduk agar tidak gosong. Tentunya kalian perlu berhati-hati saat mengaduknya untuk menjaga bentuk potongan dagingnya. Haluskan semua bahan bumbu dengan menumbuk atau mencampurnya.

___________________________________________________________

Itu saja penjelasan mengenai resep dan Tips dari Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Padang. Apakah kalian puas dengan penjelasan tadi ? , jika belum silahkan kunjungi Cara Memasak Rendang Sapi Padang Penambah Nafsu Makan. Setelahnya jika kalian ingin memasak sajian yang lain kunjugi juga Resep ayam panggang bumbu rujak spesial Rasanya Empuk dan Nikmat.

Happy Cooking !!!