Halo sobat semua, kali ini saya akan membagikan cara bikin bakso aci kuah yang enak dan seger pastinya. Sobat semua pasti tahu kan apa itu bakso aci kuah? Kalau sobat belum tahu, yuk simak penjelasan dan juga cara bikin bakso aci kuah di bawah ini.

Bakso aci kuah merupakan makanan khas dari Kota Garut. Bukan hanya dodol Garut saja yang menjadi makanan khas kota ini, melainkan bakso acinya juga sangat digemari banyak orang apabila mampir di Kota Garut ini.

Bakso aci kuah terbuat dari olahan tepung tapioka atau tepung kanji yang dicampur dengan rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya. Rasa dari bakso aci ini sangat enak dan bertekstur kenyal yang apabila digigit memiliki sensasi tersendiri.

Bakso aci kuah ini juga dilengkapi dengan kuah kaldu segar. Rasa gurih dari kuah kaldunya dan rasa segar dari perasan jeruk limaunya merupakan perpaduan yang pas dan nikmat sekali saat di santap. Sobat semua wajib coba deh makanan yang satu ini.

Selain itu makanan ini juga disajikan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti cuangki tahu, cuangki lidah, sukro  cikur, ceker, mie, siomay kering dan bahan pelengkap lainnya. Tanpa tambahan bahan pelengkap ini, menyantap bakso aci pasti terasa ada yang kurang.

Bakso aci kuah ini sangat cocok untuk disajikan saat hujan tiba atau cuaca sedang dingin. Hmm pasti sangat nikmat bukan saat dingin-dingin menyantap bakso aci kuah yang hangat, apalagi jika ditambah dengan sambal atau cabai bubuk. Rasanya pasti tiada tanding deh.

Nah, dari pada sobat semua penasaran dengan bagaimana rasa dan resep makanan ini, di bawah ini sudah saya bagikan cara bikin bakso aci kuah yang enak dan juga segar pastinya.

Cara Bikin Bakso Aci Kuah

Bahan Bakso Aci:

  • 200 gr tepung sagu
  • 5 sdm tepung terigu
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdt garam+penyedap
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 liter air untuk merebus

Bahan Kuah:

  1. Air secukupnya (bisa juga ditambah air kaldu sapi)
  2. Garan secukupnya
  3. Merica secukupnya
  4. Kaldu bubuk secukupnya
  5. 1 buah jeruk limau

Bumbu Halus:

  • 1 buah cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

Bahan Tambahan:

  • Siomay kering
  • Cuangki lidah
  • Cuangki tahu
  • Sukro cikur

Cara Bikin Bakso Aci Kuah:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan
  2. Campurkan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap. Lalu aduk hingga rata dan tuang air panas sedikit demi sedikit hingga tercampur rata sampai adonan bisa dibentuk dan kalis. Jika membuat dalam porsi banyak bisa menggunakan mesin pembuat bakso.
  3. Bentuk adonan bakso aci menjadi bulatan kecil-kecil. Bisa juga diisi degan tulur puyuh rebus didalamnya. Sesuaikan selera sobat semua.
  4. Siapkan panci dan didihkan air. Jangan lupa campurkan minyak didalamnya agar bakso tidak menempel
  5. Masukkan adonan bakso aci yang sudah di bentuk ke dalam air panas dan rebus hingga mengapung ke atas kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum lalu tuang air secukupnya.
  7. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk.
  8. Masukan juga baso aci masak hingga mendidih lalu tes rasa dan matikan kompor.
  9. Siapkan mangkok dan letakkan bahan tambahan di dalamnya.
  10. Tuangkan baso aci dan kuah ke dalam mangkok, lalu beri perasan jeruk limau
  11. Sajikan bakso aci kuah selagi hangat. Lebih nikmat jika disajikan dengan cabai bubuk.

Sekian penjelasan tentang cara bikin bakso aci kuah sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.