Hai Sobat! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep membuat coklat batangan tentunya dengan cara yang mudah dan enak. Sobat pasti tentunya pernah mengonsumsi coklat kan, baik itu berupa makanan maupun minuman. Coklat merupakan sebuah makanan atau hidangan yang memiliki rasa manis, gurih, dan lezat. Banyak orang yang menggemari atau menyukai coklat ini, entah itu anak anak, remaja, maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan coklat memiliki cita rasa yang khas dan sangat ramah di lidah.

Coklat berasal dari biji kakao yang sudah di olah dengan melewati beberapa tahapan. FYI nih sobat, negara terbesar yang memproduksi makanan yang terbuat dari biji kakao yaitu pantai gading yang terletak dI Afrika barat. Indonesia menempati urutan ke 3 untuk penghasil kakao terbesar di dunia.

Coklat juga seringkali digunakan sebagai bahan campuran atau pelengkap pada beberapa hidangan. Seperti contohnya pada es krim, permen, kue, brownies, donat, dan lain sebagainya. Salah satu makanan yang seringkali memakai coklat sebagai pelengkap yakni donat, jika sobat berminat juga untuk membuat donat sobat dapat memakai mesin pembuat donat agar proses pembuatannya lebih mudah dan efisien.

Hmm…jadi kepingin buat coklat nih sobat. Memang sekarang ini untuk mendapatkan coklat sangatlah mudah dan banyak jenisnya. Mulai dari coklat batangan, coklat putih, dark coklat dan lain lain. Seperti yang sudah aku bilang tadi sobat, coklat mudah ditemukan, sobta dapat membeli coklat di supermarket dan kedai-kedai terdekat. Tapi sobat ga usah jauh-jauh pergi keluar, simak resep cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk dari aku ya sobat, dijamin gampang dan anti gagal, oke langsung aja cusss…

Resep Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk

Bahan-bahan:

  • Gula halus dengan takaran 30 gram
  • Cacao powder atau bubuk kakao 220 gram
  • Mentega 170 gram, yang sudah dilunakkan
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Susu cair 100 ml, sesuai dengan kondisi suhu ruangan
  • Air putih biasa dengan takaran 235 ml

Resep Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk:

  1. Siapkan sebuah panci dan tuangkan air putih biasa ke dalam panci lalu panaskan. Atur nyala besar atau kecil nyala api agar tidak terlalu mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam mangkuk. Jika kedua bahan sudah dimasukkan, aduk secara terus menerus sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta dengan tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan gumpalan, sobat harus menggunakan garpu atau blender tangan (hand blender).
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah diaduk tadi ke dalam air, panaskan dan aduk kembali. Tunggu sampai suhu naik dan jangan biarkan sampai mendidih.
  4. Siapkan sebuah mangkuk, tuangkan adonan coklat yang sudah selesai di masak tadi ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gula pasir dan gula halus ke dalam mangkuk. Gumpalan yang ada harus dihilangkan terlebih dahulu, jika sudah hilang masukkan gula yang sudah di campur ke dalam adonan coklat coklat yang masih panas dan aduk aduk sampai merata.
  5. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, sobat tambahkan susu ke dalam adonan.
  6. Setelah itu sobat tuangkan adonan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera sobat. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu malam.
  7. Jika sudah set maka coklat batangan siap dihidangkan, yummy.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wahh…ternyata buat coklat sendiri itu mudah dan sederhana ya sob, ga perlu keluar rumah buat beli coklat yang rasanya enak, buat sendiri rasanya juga gak kalah enak lho. Jadi sobat jangan ragu untuk mempraktikannya sendiri, dijamin deh anti gagal. Oh iya, kalau sobat juga ingin membuat coklat batangan sendiri, sobat dapat mengunjung artikel cara membuat coklat batangan, caranya mudah dan sederhana juga. Oke, begitulah resepnya sob, terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini, selamat mencoba 🤗💖