Inilah Bahan Bahan Membuat Nastar Nanas Yang Praktis Dan Pas Di Mulut

Lebaran tak lengkap rasanya jika tidak membuat kue nastar. Ya, kue ini memang sering disajikan pada saat hari besar. Jika anda masih bingung bagaimana bahan bahan membuat nastar nanas, langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Nastar

Sebagai hidangan saat lebaran, kue nastar tentunya sudah tak asing lagi. Kue kering berisi isian selai nanas ini seolah sudah menjadi kue wajib saat merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Sudah dikenal sejak zaman kolonial, nastar adalah salah satu resep kue asal Belanda yang lekat dengan ciri khas masyarakat Indonesia. Kata nastar ini berasal dari serapan bahasa Belanda yakni ananas dan tart, perpaduan dua kata tersebut kemudian disingkat pengucapannya menjadi nastar.

Terbuat dari campuran antara adonan terigu, mentega,telur , dan gula, kue nastar umumnya berbentuk bulat dengan tambahan cengkeh atau kismis dibagian atasnya.

Bahan-Bahan Membuat Nastar Nanas

bahan bahan membuat nastar nanas

Bahan-BahanĀ  :

  • Margarin 150 gr
  • Mentega 50 gr
  • Gula halus 40 gr
  • 1 butir Telur
  • 25 gr susu bubuk Frisian Flag Full Cream
  • Tepung Terigu 300 gr bisa menepung menggunakan mesin penepung
  • Selai nanas – sebagai bahan isian
  • Kuning telur – sebagai olesan

Cara Membuat Nastar Nanas:

  1. Pertama masukkan margarin 150 gr ke dalam mangkok, mentega 50 gr, dan juga gula halus 40 gr kemudian aduk hingga halus
  2. Lalu tambahkan telur 1 butir dan aduk lagi, tambahkan susu bubuk Frisian Flag Full Cream 25 gr, tepung terigu 300 gr lalu aduk hingga merata
  3. Kemudian tambahkan selai nanas secukupnya ke dalam adonan yang telah dibuat, lalu bentuk bulat-bulat, oleskan kuning telur dibagian atasnya,
  4. Lalu masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 150 derajat selama kurang lebih 30-35 menit
  5. Nastar siap untuk disajikan

Baca juga: cara membuat kue nastar tanpa oven

Fakta Unik Pada Nastar

1. Kata’Nastar’ Berasal Dari Bahasa Belanda

Kata nastar berasal dari Bahasa Belanda, artinya ‘ananas’ atau nanas dan ‘taartjes’ atau tart. Pengucapannyapun dipermudah menjadi ‘nastar’. Jadi, nastar ialah tart dengan isian selai nanas. Nastar sendiri sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Didalam Bahasa Inggris, nastar ini biasanya disebut Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll.

2. Terinspirasi Dari Kue Pie

Resep kue nastar merupakan resep yang terinspirasi dari kue pie yang biasa dibuat dalam loyang besar berisi selai blueberry, coklat, ataupun apel. Bahan adonan nastar sendiri sama layaknya bahan adonan pie, yaitu tepung terigu, telur, mentega, dan bahan yang lainnya.

Konon, pada saat masa penjajahan buah-buah isian pie tersebut sulit untuk didapatkan, sehingga kemudian masyarakat kita menggantinya dengan buah nanas yang sangat mudah dicari di Indonesia yang dimana merupakan negara tropis.

3. Nastar Kerap Disajikan Sebagai Kue Jamuan

Sejalan dengan perkembangan zaman, nastar kemudian mempunyai variasi isian, seperti selai strawberry, coklat, durian, dan lain sebagainya. Kue nastar ini tak hanya muncul ketika lebaran, saat Natal dan Imlek pun nastar juga sering dijadikan sajian untuk tamu.

4. Sebenarnya Nastar Merupakan Kategori ‘Cake’

Dikutip dari laman detikFood, seorang pakar pastry ternama di Indonesia yaitu Yongki Gunawan mengatakan jika nastar masuk dalam kategori cake sebab teksturnya yang lembut dan lembab. Bukan karena garing atau renyah seperti kue kering pada umumnya.

Masyarakat Indonesia selama ini salah besar apabila menyebut kue nastar sebagai kue kering, padahal faktanya nastar mempunyai artian kue nanas.

5. Nastar Melambangkan Kemakmuran

Selain mempunyai cita rasa yang khas, nastar juga mempunyai filosofi. Masyarakat Tionghoa menyebut nastar sebagai ong lai yang artinya pir emas. Pir emas dipercaya oleh masyarakat Tionghoa sebagai bagian dari simbol dari kemakmuran, rezeki dan juga keberuntungan.

Demikian artikel saya tentang bahan bahan nastar nanas. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca. Jika anda tertarik simak juga cara membuat kue nastar nanas. Itu saja dari saya dan selamat mencoba!