Inilah Resep Ayam Rica Rica Pedas Manis Ala Restoran Yang Praktis

Ingin membuat menu ayam rica rica pedas manis ala restoran? Gampang, karena disini saya akan menyampaikan artikel tentang resep ayam rica rica pedas manis ala restoran. Agar tidak penasaran langsung saja simak dibawah ini!

Ayam Rica Rica

Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang memiliki arti “pedas” atau “cabai”.

Resep untuk cara membuat ayam rica-rica sangatlah bermacam-macam, begitu juga cara memasaknya, persamaannya hanya ada pada rasanya yang tebilang pedas.

Ayam rica-rica umumnya dihidangkan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng atau mentimun.

Resep Ayam Rica Rica Pedas Manis Ala Restoran

resep ayam rica rica pedas manis ala restoran

 

Bahan-Bahan :

  • 1/2 ekor ayam

Bumbu Halus :

  • Bawang putih 2
  • Bawang merah 3
  • 3 kemiri
  • Cabe keriting 15
  • 3 cm kunyit
  • 3 cabe rawit
  • 1 buah tomat

Bumbu Lain :

  • Gula merah ukuran kecil bulat 1 buah
  • 1 sdm kecap
  • Serai 1 buah memarkan
  • 2 cm jahe memarkan
  • Secukupnya garam dan juga merica
  • 1/2 buah jeruk nipis ambil airnya

Cara Membuat Ayam Rica Rica Pedas Manis Ala Restoran :

  1. Pertama hilangkan bulu ayam bisa menggunakan mesin pencabut bulu ayam ,potong ayam, lalucuci dan goreng sampai matang.
  2. Tumis bumbu ulek sampai bau wangi.
  3. Kemudian masukkan ayam, guling sebentar.
  4. Tuangkan air secukupnya, air jeruk, jahe, serai, daun salam, gula merah, merica dan juga garam
  5. Lalu masak dengan menggunakan api kecil agak lama sampai bumbu terserap dalam ayam.
  6. Ayam rica-rica pedas manis ala restoran siap dihidangkan.

Baca juga: cara membuat ayam bakar kecap manis

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik Untuk Otot

Protein merupakan salah satu zat nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Daging ayam juga menjadi salah satu makanan yang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi.

Tingginya protein pada daging ayam bisa membantu untuk meningkatkan pembentukan otot. Umumnya manfaat ayam ini dipakai bagi orang yang sedang ingin membentuk massa otot dengan melakukan aktivitas gym.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

 

Tidak hanya itu, daging ayam juga dapat digunakan sebagai makanan diet tetapi dengan olahan yang berbeda dari biasanya.

Misalnya tak dimasak dengan menggunakan minyak goreng panas untuk menghindari kolestrol jahat, umumnya teknik yang digunakan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil.

Pada bagian dada dan paha mempunyai jumlah protein hingga sekitar 25 – 30 gram pada tiap potongnya. Kemudian daging ayam juga bisa memberikan efek kenyang.

3. Meningkatkan Metabolisme

Tak hanya protein, ketika anda memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang mampu membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda lho.

Jadi, anda tidak perlu takut obesitas saat makan ayam. Eits, yang paling penting anda jangan berlebihan ketika makan ayam dan perlu  diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Dalam daginga ayam terkandung  vitamin B3 atau kandungan niacin mempunyai fungsi yang baik untuk tubuh anda yakni, menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh.

Umumnya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang mempunyai penyakit hipertensi. Saya sarankan, anda mengkonsumsi bagian dada sebab rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus.

5. Mampu Menghilangkan Stres

Saya tebak pasti anda baru tahu nih manfaat yang terdapat dari ayam yang ini. Yak betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata. Lah, kok bisa? Nih, simak ya. Ayam mempunyai kandungan vitamin B5 dan asam amino yang umumnya disebut dengan tryptophan.

Zat ini berguna untuk menghilangkan rasa stress dan dinilai dapat merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, buat anda yang lagi banyak pikiran bisa dicoba nih makan menu ayam agar anda bisa lebih tenang menjalani hidup.

 

Nah bagaimana? Mudah sekali bukan? Oke kalau begitu itu saja penjelasan saya tentang resep ayam rica rica pedas manis ala restoran. Jika anda tertarik simak bumbu rica rica ayam pedas