Berikut Ini Cara Bikin Manisan Carica Yang Praktis Dan Lezat

Dari pada beli manisan carica yang kita tidak tau bagaimana kualitasnya mending bikin sendiri aja dirumah. Cara bikin manisan carica tidaklah sulit kok. Agar lebih jelas simak saja penjelasan dibawah ini!

Manisan Carica

Pernah mencoba merasakan manisnya manisan carica? Ya, carica merupakan sejenis buah pepaya gunung yang terdapat di Indonesia dan diklaim hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Akan tetapi, belakangan ini buah carica juga dapat ditemukan di daerah Bali. Orang Bali umumnya menyebut buah ini dengan sebutan Gedang Memedi. Buah ini merupakan oleh-oleh, bila Anda sedang berkunjung ke Dieng ataupun Wonosobo.

Cara Bikin Manisan Carica

cara bikin manisan carica

Bahan-Bahan:

  1. Carica mengkal 1 kg
  2. 1 sdmĀ kapur
  3. 2 literĀ air
  4. 500-650 gr gula pasir. Manisnya si tergantung selera ya

Cara Membuat Manisan Carica :

  1. Prttama cuci bersih buah carica. Lalu kupas kulitnya.
  2. Kemudian potong melintang carica bisa dipotong menggunakan alat pemotong buah dan sayur
  3. Ambil bijinya, lalu sisihkan. Ini nanti untuk buat sari buahnya…
  4. Kemudian potong kecil-kecil buah carica.
  5. Lalu rendam didalam air kapur selama 20 menit.
  6. Cuci bersih carica. Kemudian sisihkan.
  7. Lumatkan biji carica dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Sembari memasak biji carica, rebus pula gula dengan 1 liter air hingga mendidih. Komposisi gula adalah 30 % dari volume air. jadi jika 2 liter gulanya 650 gr.
  8. Peras air biji carica menggunakan kain saring dan campurkan ke dalam larutan gula. Masak bentar. Tambahkan buah carica yang telah dicuci. Aduk sebentar. Matikan api.
  9. Lalu ambil buah carica dan tiriskan.
  10. Jika ingin dibungkus menggunakan cup maka masukkan 4-5 potong buah carica dan isi dengan larutan gulanya. Jika untuk konsumsi sendri di rumah silahkan campur saja daging buah dengan larutan gulanya lalu simpan di lemari es agar segar saat disantap.

Baca Juga: cara membuat manisan pala kering

Fakta Unik Buah Carica

1. Hanya Tumbuh Di Bali Dan Dieng

Wajar saja bila anda mungkin tidak tahu dengan buah ini , sebab buah ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi basah dengan ketinggian 1.500-3.000 meter di atas permukaan laut.

Tempat yang tepat dengan kriteria tersebut hanya ada di Dieng serta Bali, maka inilah yang membuat buah ini sangat jarang ada di Indonesia. Bila masyarakat Wonosobo mengenal buah ini dengan sebutan carica, berbedada lagi dengan yang ada di Bali karena buah biasa dikenal dengan sebutan gedang memedi.

2. Berasal Dari Amerika Selatan

Buah carica ini bukanlah buah asli dari Indonesia, sebab buah ini berasal dari Andes, Amerika Selatan. Buah carica ini mulai dibudidayakan di tanah air atau tepatnya berada di Dieng pada saat masa Perang Dunia II ketika masih dikuasai oleh kolonial Hindia Belanda.

3. Cocok Dijadikan Manisan

Buah carica ini mempunyai bentuk yang mirip layaknya buah pepaya, hanya saja buah carica jauh lebih kecil. Selain itu, tekstur buah carica ini juga lebih keras dan rasanya agak asam yang kemudian membuatnya cocok untuk dijadikan manisan buah. Umumnya buah carica ini juga dapat diolah menjadi jus, selai, dodol, dan lain sebagainya.

4. Memiliki Berbagai Khasiat

Buah yang unik ini mempunyai banyak sekali manfaat, seperti kaya akan vitamin C, yang bagus untuk kulit, juga mengandung vitamin B kompleks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ditambah juga kandugan getah yang terdapat pada buah ini mempunyai sifat proteolitik, kandungan inilah yang dapat menguraikan protein yang bisa membuat pencernaan menjadi semakin lancar.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan tentang cara bikin manisan carica. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca. Jika anda tertarik simak cara membuat manisan carica. Sekian dari saya dan selamat mencoba!