Cara Membuat Cireng Frozen Sendiri di Rumah

Cara membuat cireng frozen, informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inovasi makanan olahan yang mudah dan bisa langsung Anda praktekkan sendiri di rumah.

Cireng dewasa ini menjadi kuliner yang populer di tengah masyarakat Indonesia. Kuliner ini berbahan dasar tepung tapioka yang menjadikan gorengan yang satu ini memiliki tekstur renyah diluar dan tekstur kenyal di dalam. Sangat nikmat bila disantap didampingi dengan saos sambal.

Makanan khas Jawa Barat ini banyak dijual dipasaran. Cireng biasanya diperjualbelikan oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Namun, saat ini juga banyak ditemukan cireng yang masih mentah (belum digoreng) dijual di pasar, supermarket atau minimarket terdekat.

Cireng mentah ini biasanya diletakkan di dalam lemari pendingin atau freezer box agar cireng bisa lebih awet dan tidak rusak. Oleh karena itu, kali ini kita akan menyebutnya sebagai cireng frozen.

Sebelum mencoba membuatnya di rumah, perhatikan terlebih dahulu bagaimana cara membuat cireng frozen dengan mudah berikut ini.

Cara Membuat Cireng Frozen

cara membuat cireng frozen
Gambar Cireng

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung tapioka
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdt penyedap rasa ayam
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 180 ml air panas

Langkah:

  1. Haluskan 4 siung bawang putih dan potong tipis daun bawang.
  2. Campurkan tepung tapioka, bawang putih yang telah dihaluskan, potongan tipis daun bawang, penyedap rasa, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata.
  3. Siapkan 180 ml air panas mendidih, kemudian tambahkan 2 sdm campuran tadi. Aduk hingga teksturnya mirip lem.
  4. Kemudian campur adonan tadi ke dalam tepung tapioka yang tersisa.
  5. Setelah itu, uleni adonan hingga tidak lengket dan bisa dibentuk.
  6. Bentuk adonan bulat-bulat kecil, bisa juga Anda tambahkan isian seperti keju mozza, daging, atau sesuai selera.
  7. Kemudian pipihkan adonan cireng. Pastikan jangan terlalu tipis, apalagi cireng yang menggunakan isian.
  8. Adonan berikut bisa menghasilkan sekitar 15 buah cireng, tergantung besar adonan yang dibuat.
  9. Jika Anda ingin langsung menyantapnya, gorenglah cireng ke dalam minyak panas dan api sedang. Cireng akan mengembang dan berwarna putih. Angkat saat cireng sudah kekuning emasan.
  10. Makanlah saat cireng masih hangat, tekstur luarnya renyah dan dalamnya yang kenyal, cocok untuk camilan Anda di rumah. Saat dingin, cireng akan alot dan tekstur luarnya tidak renyah lagi.
  11. Anda bisa menambahkan bumbu rujak, sambel kecap, saus sambal, atau sesuai selera.

Cireng akan lebih nikmat saat disantap saat kondisi masih hangat, karena tekstur cireng masih renyah dan sedikit kenyal di dalam. Namun, saat dingin cireng menjadi agak alot dan tekstur luarnya tidak renyah lagi sehingga sulit agak sulit untuk mengunyahnya terlebih untuk orang tua.

Cireng Frozen

cara membuat cireng frozen
Gambar Cireng Frozen (Mentah)

Anda tak perlu khawatir, karena adonan cireng juga bisa disimpan di freezer lemari pendingin ataupun freezer box. Penggunaan freezer box ini mampu membuat cireng menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Ketika Anda menginginkan camilan, Anda hanya perlu menggorengnya sebentar. Sangat praktis bukan? Yuk praktekkan resep cireng tadi di rumah! bahan-bahannya pun sangat mudah Anda dapatkan di sekitar Anda. Selamat mencoba ya ^^

Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Resep Masakan Nusantara. Sementara itu, bagi Anda yang sedang mencari freezer box untuk memulai usaha, saat ini Grosir Mesin menyediakan freezer box dengan berbagai macam ukuran dan spesifikasi. Anda bisa langsung mengeceknya di website Grosir Mesin.