Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan 10 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara membuat jamu kunyit asam berikut ini dapat langsung Anda praktekkan di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun juga mudah ditemui di sekitar Anda. Yuk kita simak info selengkapnya!

Jamu kunyit asam menjadi obat tradisional yang populer di tengah masyarakat saat ini selain jamu beras kencur. Seperti namanya, obat tradisional yang satu ini berbahan dasar rimpang kunyit dan buah asam. Kunyit asam memiliki kandungan antioksidan dan antiradang sehingga efektif dalam mengobati sejumlah penyakit.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

cara membuat jamu kunyit asam
Jamu Kunyit Asam

Bahan-bahan:

  • 200 gram kunyit
  • 250 gram gula merah / gula aren
  • 100 gram asam jawa
  • 1.500 ml air
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Bersihkan kunyit, kemudian haluskan kunyit. Bisa manual menggunakan ulekan atau bisa juga menggunakan blender.
  2. Langkah selanjutnya yaitu merebus air bersama dengan kunyit yang sudah dihaluskan.
  3. Campurkan asam jawa dan gula merah hingga larut dan benar-benar menyatu.
  4. Tambahkan garam secukupnya.
  5. Segelas minuman kunyit asam siap dinikmati.

 

Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Jamu kunyit asam mengandung antioksidan yang dihasilkan dari senyawa curcumin yang terdapat pada kunyit. Asam jawa pun juga mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu senyawa antidiabetik, antioksidan, dan antihiperlipidemik.

Berikut ini manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan:

1. Mengatasi Nyeri Haid

Jamu kunyit asam terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi nyeri haid atau datang bulan pada wanita. Bagi penderita endometriosis, kunyit asam dipercaya dapat membantu meredakan nyerinya. Kunyit memiliki kandungan yang bisa mempermudah peluruhan dinding rahim sehingga tidak akan merasakan nyeri haid yang berlebihan. Senyawa curcumin pada kunyit juga bisa menjadi inflamasi atau pereda kontraksi.

2. Mencegah peradangan

Curcumin pada kuinyit juga memiliki sifat antiradang yang berperan memblokir molekul yang terhubung dengan berbagai penyakit kronis dan peradangan.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kunyit juga bisa bermanfaat untuk menurunkan risik penyakit jantung. Kandungan curcumin pada obat tradisional ini berperan penting dalam meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar.

4. Mencegah kanker

Tak sampai disitu, kandungan curcumin ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker, terutama kanker kolorektal (kanker dalam sistem pencernaan). Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait dengan kandungan curcumin bagi pencegahan kanker.

5. Mengontrol berat badan

Kunyit asam diketahui dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar tentu dapat mengontrol berat badan yang sehat. Kunyit dipercaya dapat mengontrol nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Sedangkan kandungan pada asam jawa juga bermanfaat untuk mencegah obesitas.

6. Mencegah penuaan dini

Kunyit asam bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Obat tradisional ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan yang tinggi ini bisa membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV maupun efek dari pemakaian kosmetik.

7. Mencegah dan mengatasi jerawat

Dengan mengonsumsi jamu knyit asam Anda bisa mengatasi masalah jerawat. Obat tradisional yang satu ini mengandung vitamin A dan vitamin C  yang bisa membantu meredakan peradangan dan juga mencegah kemunculan jerawat.

8. Mengurangi bau badan

Memiliki maslah dengan bau badan tentu bisa membuat aktifitas Anda menjadi tidak nyaman. Bau badan ini sebenarnya berasal dari kuman dan bakeri yang bercampur dengan keringat sehingga menimbulkan bau yang menyengat. Jika Anda memiliki masalah dengan bau badan, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi kunyit asam. Jamu kunyit asam memiliki kandungan zatklavikula dan estradiol yang dapat membantu mengontrol hormon, dan keringat serta menghilangkan bau badan.

9. Detoksifikasi

Jamu kunyit asam memiliki sifat detoksifikasi yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit. Sifat detoksifikasi yag dimilikinya ini ampuh untuk mengeluarkan racun penyebab penyakit baik dari kuman, bakteri maupun virus. Juga bisa mendukung fungsi hati agar terhindar dari racun.

10. Mencerahkan kulit

Selain bisa mengatasi jerawat, jamu kunyit asam juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Anda bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan mengkonsumsi obat tradisional ini secara rutin. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimiliki jamu kunyit asam.

Demikian tadi cara membuat jamu kunir asam dan manfaatnya bagi kesehatan. Untuk informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami hanya di Resep Masakan Nusantara.

Bagi anda yang ingin memproduksi jamu kunir asam dalam skala besar, Anda dapat memanfaatkan Mesin Penggiling Jamu. Untuk informasi dan spesifikasinya, Anda bisa langsung mengunjungi Grosir Mesin.