Simak 12 Jenis Jenis Kertas Dan Fungsinya Terlengkap

Definisi Kertas

Jenis jenis kertas dan fungsinya memang berbeda-beda  dapat kita temukan dimana saja sesuai kebutuhan kita. Kertas adalah bahan tipis yang dibuat dengan menekan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh orang Cina. Dengan ditemukannya artikel ini telah merubah kebiasaan menulis masyarakat yang terbiasa menulis melalui media seperti kain, batu, tulang dan daun. Di Indonesia, sebelumnya digunakan untuk pencatatan melalui daun lontar.

Dalam hal ini kertas tidak hanya digunakan sebagai media menulis, seperti kertas tipis yang fungsinya sebagai pembersih, kertas juga dapat digunakan sebagai karya seni seperti origami. Kertas sendiri sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya memenuhi kebutuhan mengajar. Kertas sendiri sering kita gunakan, misalnya saat belanja, parkir, bayar tagihan, ATM dan masuk jalan tol. Yang kami terima hanyalah kwitansi kertas, tidak hanya kertas tapi juga untuk mengemas makanan kami.

Sejak awal dibuat dokumen kertas untuk merekam dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar. Sejalan dengan perkembangan zaman, kertas itu sendiri berubah bentuk sesuai dengan fungsi dokumennya. Misalnya membaca buku, buku catatan, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat, dll. Semuanya memiliki karakteristik permukaan kertas, dan karakteristik tersebut berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Seiring berkembang nya teknologi kita kini telah ada mesin penghancur kertas, jadi lebih efektif dan efisien untuk mendaur ulang kertas menjadi kertas baru. Informasi mengenai spesifikasi dan harga Mesin penghancur kertas dapat kita temukan disini Grosir mesin.

Jenis Jenis Kertas Dan Fungsinya

1. HVS

Ciri dari kertas ini memiliki tekstur halus, putih dan tipis, dengan kisaran ketebalan 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Artikel ini memuat makalah yang biasa digunakan di kantor dan sekolah untuk laporan kerja, tugas sekolah, esai, dan media kertas yang digunakan untuk buku.

2. Book Paper

Kertas memiliki ciri tekstur agak kasar, cenderung halus, agak kuning, ringan dan tipis. Ketebalan kertas 55 gsm, 70 dan 90 gsm. Kertas ini hanya digunakan di buku teks saja, karena untuk gambar kertasnya sendiri cenderung kekuningan sehingga tidak menghasilkan warna yang cerah. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar mata anda terasa nyaman setelah lama membaca.

3. Art Paper

Kertas ini memiliki karakteristik tekstur yang halus, putih, halus dan berkilau, dengan ketebalan yang sedikit lebih tipis, masing-masing 120 gsm dan 150 gsm. Artikel ini biasanya digunakan untuk brosur, poster, konten majalah, konten company profile, dan konten buku yang membutuhkan gambar yang lebih detail. Kertas ini memang terlihat lebih mewah, apalagi jika dilaminasi dengan finishing glossy atau matt.

4. Art Carton

Tekstur dari kertas ini halus, putih, halus, mengkilat dan tebal. Ketebalan kertas mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm dan 310 gsm. Kertas tersebut biasanya digunakan untuk kartu nama, sampul buku, sampul majalah, profil perusahaan, poster, sertifikat, kotak kemasan produk, undangan, dll. Untuk kartu nama dan sampul buku, kertas dengan ketebalan 260 gsm sangat cocok.

5. Karton BW

Kertas memiliki tekstur halus berwarna putih dan ketebalan 240 gsm. Artikel ini biasanya digunakan untuk sertifikat, kartu iuran bulanan, map, undangan, dll. Makalah ini cocok untuk menulis dengan pulpen (seperti kertas HVS).

6. Jasmine

Ciri-ciri kertas halus, halus, mengkilat, dan terdapat partikel emas pada permukaan kertas. Artikel ini biasanya digunakan untuk undangan dan kartu ucapan. Artikel ini memiliki banyak warna.

7. Concorde

Yang membedakan kertas ini adalah kertas ini memiliki tekstur yang kasar, agak halus, dan permukaannya timbul seperti garis-garis. Artikel ini biasanya digunakan untuk sertifikat, proposal, surat penting, dll. Artikel ini memiliki banyak variasi warna lembut.

8. Linen Jepang

Ciri-ciri kertasnya halus, halus, dan teksturnya seperti kain pada permukaan depannya. Kertas tersebut memiliki ketebalan 240 gsm dan biasanya digunakan untuk sertifikat dan kartu nama karena permukaan kertasnya seperti kain. Dan memiliki beberapa variasi warna.

9. Buffalo

Jenis Kertas Buffalo dicirikan oleh kehalusan, kehalusan, dan tekstur sapuan kuas kayu. Kertas ini biasanya lebih tebal dan digunakan untuk penjilidan sampul, ada pula yang digunakan untuk map dan kartu iuran. Kertasnya pun memiliki banyak varian warna.

10. NCR

Karakteristik kertas NCR memiliki tekstur halus, ketipisan dan partikel karbon. Kertas ini biasanya digunakan untuk tagihan, kuitansi, kuitansi, invoice, dokumen perjalanan, dll. Karena adanya partikel karbon, kertas mudah ditulis dan dapat disalin pada halaman kedua.

11. Stiker Cromo

Keunikan dari kertas ini adalah teksturnya melingkar, halus, mengkilat, dan memiliki lapisan lem di bagian punggung. Artikel ini biasanya digunakan untuk media promosi yang dipasang di tempat-tempat tertentu.

12. Stiker Vinyl

Ciri kertas ini merupakan hasil sintesis, yaitu halus, halus, mengkilat, elastis, dan memiliki lapisan lem di bagian belakang. Kertas tersebut sering digunakan pada sepeda motor, mobil, helm dan suku cadang lainnya. Karena kertas ini tidak mudah sobek dan berkarat oleh hujan dan panas seperti kertas biasa, maka biasanya digunakan pada mobil. Ini adalah artikel tentang jenis kertas dan penggunaannya. Sebenarnya tergantung dari tujuan jenis kertasnya, variasi jenis kertasnya lebih banyak, tapi nanti kita sambung lagi.

Karena produksi kertas sangat banyak ada baiknya kita menggunakan mesin penghancur kertas untuk mendaur ulang kertas dan mencacah kertas menjadi efektif dan efisien. Informasi mengenai spesifikasi dan harga Mesin penghancur kertas dapat kita temukan disini Grosir mesin.

Demikian artikel mengenai jenis jenis kertas dan fungsinya, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam kertas, namun kita sambung besok lagi ya. Berdasarkan fungsi kertas mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Informasi dan tips-tips menarik lainnya dapat anda kunjungi di web iresepi.