Cara Membuat Manisan Pala Kering Resep Enak Sederhana

Cara membuat manisan pala kering in sangat mudah dan simple. Dan resep yang saya bagikan ini dijamin enak dan segar. Kita mungkin sering mencicipi enak dan segarnya manisan buah dan sayur khas bogor sudah terlalu bosan. Jika anda bosan anda dapat mencicipi manisan lain seperti manisan pala kering.

Manisan pala kering  ini memiliki rasa yang unik yaitu ada manis, masam, segar dan hangat di tenggorokan, sehingga manisan pala kering ini dapat menjadi camilan yang nikmat sekaligus dapat menyegarkan badan. Manfaat dari segi kesehatan juga dapat diperoleh dari buah ini. Jadi kalian tidak usah khawatir karena manisan buah pala kering ini dapat ita nikmati setiap hari.

Untuk cara membuat manisan pala ini sangat mudah, karena buah pala ini terbuat dari daging buah pal yang telah dibuang bijinya kemudian dilakukan perendaman dalam larutan air garam dan gula. Pada proses perendaman manisan buah pala kering ini dilakukan beberapa kali untuk meningkatkan rasa dari buah ini agar sangat nikmat dan segar ketika di konsumsi.

Kita dapat menemukan manisan buah pala kering ini dimana saja, khususnya di daerah Jawa Barat tepatnya di Purwakarta. Di daerah ini kita akan menemumakn manisan buah pala yang sudah dikemas cantik, karena didaerah ini manisan buah pala telah menjadi oleh-oleh khas daerah Purwakarta.

Ketika anda sedang berlibur ke purwakarta anda wajib membeli manisan pala kering ini untuk oleh oleh keluarga dirumah. Sedangkan jika anda sangat penasaran ingin mencoba manisan pala kering ini dirumah, kali ini akan saya ulas Cara Membuat Manisan Pala Kering yang sederhana dan dijamin enak,segar, nikmat.

Resep Manisan Pala Kering

6 Camilan Langka Khas Indonesia yang Perlu Kamu Coba! - Inspirasi Shopee

Tips : Untuk pengolahan manisan pala kering sebenarnya kita dapat menggunakan mesin pengering makanan yang dapat kita temukan di Grosir mesin. Fungsinya akan mempercepat produksi dari pengolahan pala kering ini.

Silahkan yang ingin mencoba bisa menyimak dan mempersiapkan bahan, alat yang digunakan, berikut langkah-langkah cara membuat manisan pala kering.

Komposisi dan bahan:

  • 300 gram buah pala
  • 1 sendok makan garam
  • Secukupnya air putih bersih
  • 500 gram gula
  • 1 sendok teh kapur sirih

Langkah Membuat Manisan Pala Kering:

  1. Kupas kulit pala, belah, dan ambil dagingnya.
  2. Kemudian potong setengah buah pala menjadi irisan tipis, hingga ujungnya teriris tipis. Hasilnya akan terlihat seperti kipas atau bunga.
  3. Tuang 1 liter air ke dalam wadah, kemudian larutkan garam dan aduk rata.
  4. Setelah itu masukkan pala yang sudah diiris tipis ke dalam larutan garam dan diamkan selama 1 hari.
  5. Angkat dan tiriskan.
  6. Tuang air ke dalam air dan larutkan bubuk kapur sirih, lalu rendam buah pala yang sudah direndam air garam.
  7. Tunggu 1 hari, lalu angkat dan tiriskan.
  8. Selanjutnya rebus 1 liter air yang sudah dicampur gula pasir hingga mengental, lalu angkat dan dinginkan.
  9. Rendam kembali pala dalam larutan gula mendidih dan diamkan selama 1 hari. Angkat dan tiriskan.
  10. Rebus kembali larutan gula hingga mengental, lalu dinginkan sebelum digunakan untuk membuat acar pala.
  11. Perendaman terakhir juga bisa bertahan hingga 1 hari.
  12. Setelah tahap perendaman, pala yang sudah jadi, kemudian dikeringkan dengan tampal pad di bawah terik matahari atau dapat menggunakan mesin pengering makanan.
  13. Setelah dikeringkan, buah pala bisa dikeluarkan, ditaburi gula pasir, lalu dimasukkan ke dalam toples atau kemasan.
  14. Proses perendaman ganda akan menghasilkan manisan pala yang tahan lama.

Demikian artikel mengenai cara membuat manisan pala kering resep paling enak dan sederhana. Untuk pengolahan manisan pala kering sebenarnya kita dapat menggunakan mesin pengering makanan yang dapat kita temukan di Grosir mesin. Kalian dapat mengunjungi web iresepi untuk mengetahui informasi dan resep lainnya. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba 🙂