Ketahui Macam Macam Minyak Zaitun dan Manfaatnya

Apa itu Minyak Zaitun?

macam macam minyak zaitu

Minyak Zaitun memiliki berbagai jenis dan macam nya. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari minyak zaitun untuk kesehatan kita. Salah satunya yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Perlu kita ketahui bahwa tidak semua minyak zaitun dpat kita konsumsi, karena banyak macam macam minyak zaitun yang memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda beda.

Dalam sejarah, pohon zaitun dikatakan sebagai pohon tertua di dunia. Orang Mesir kuno menggunakan minyak zaitun sebagai pengobatan berbagai penyakit. Meskipun sejarah menyebutkan bahwa pohon zaitun pertama kali ditemukan di Mediterania timur sekitar 6000 tahun yang lalu, asal usul pohon zaitun tersebut masih diperdebatkan.

Beberapa teori menyatakan bahwa Turia dan Suriah menanam pohon zaitun untuk pertama kalinya. Hal tersebut dilakukan masyarakat saat itu karena masyarakat percaya bahwa pohon ini adalah pohon suci yang penuh manfaat.

Sejak zaman dahulu, pohon zaitun telah menjadi sumber makanan, minyak dan kayu, bahkan pohon zaitun dapat menjadi obat yang paling andal karena khasiatnya.

Menurut Dokter Sehat, minyak yaitun dihasilkan dari proses ekstraksi buah zaitun.  Proses Ekstraksi tersebut dilakukan dengan cara teknik centrifugation atau menggunakan alat press. Karena macam-macam minyak zaitun itu berbeda beda maka berdasarkan cara dan pengolahannya pun juga berbeda.

Untuk pengolahan minyak zaitun dalam makanan sebenarnya kita dapat menggunakan mesin penyaring minyak yang dapat kita temukan di Grosir mesin. Fungsinya supaya minyak makanan yang kita konsumsi tidak terlalu banyak dan minyak akan disaring di mesin ini. Spesifikasi dan model lengkapnya dapat dilihat disini ya Mesin Penyaring Minyak Goreng Spesifikasi Terbaik 2021.

Kandungan Gizi dalam Minyak Zaitun

Minyak zaitun  zaman dahulu dikenal sebagai bahan untuk diet ala Mediterania yang diyakini sebagai diet tersehat di dunia. Dan juga banyak studi menyatakan bahwa asam lemak dan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, yakni:

  • Mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh (omega 3 dan omega 6) yang sangat tinggi
  • Sebagai sumber vitamin E dan K
  • Kandungan anti inflamatori dan antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari segala penyakit kronis , contohnya seperti kanker, artritis, diabetes, dan sindroma metabolik
  • Membantu melembabkan kulit dan rambut, serta menghilangkan ketombe.

Meski banyak orang yang mengetahui manfaatnya, namun jelas sedikit orang yang mengetahui berbagai jenis minyak zaitun yang digunakan. Masalahnya adalah jika minyak zaitun digunakan secara tidak benar, itu tidak akan membawa manfaat bagi kesehatan kita. Sangat disayangkan jika kehilangan manfaat minyak zaitun dengan memilih produk yang salah karena harga dari minyak ini lumayan mahal.

Macam Macam Minyak Zaitun dan Manfaatnya

9 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan dan Kecantikan - Ragam Bola.com

1. Virgin Olive Oil

Minyak zaitun Virgin Olive Oil adalah minyak zaitun tanpa filter. Minyak zaitun jenis ini lebih ringan dibandingkan minyak zaitun lainnya. Meski jenis minyak zaitun ini lebih ringan, namun kandungan kalorinya lebih tinggi dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya. Selain itu, minyak zaitun jenis ini juga memiliki kandungan asam yang lebih tinggi yaitu 2%. Minyak zaitun ini biasanya digunakan untuk memasak, terutama untuk makanan yang digoreng dengan kandungan rendah lemak..

2. Extra Virgin Olive Oil

Jenis minyak zaitun ini adalah minyak zaitun perasan pertama untuk buah zaitun. Kemurnian minyak zaitun ini tidak terbayangkan, dan merupakan minyak zaitun yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Minyak zaitun extra virgin adalah minyak zaitun paling murni dan tidak melibatkan proses lain. Minyak zaitun ini hanya berasal dari jus zaitun.

Karena kemurniannya, minyak zaitun ini memiliki rasa yang sangat unik. Rasanya seringkali pahit dan agak pedas. Semakin pahit rasa minyak zaitun, semakin tinggi kandungan oleuropeinnya. Kandungan Oleuropein memiliki efek menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Minyak zaitun jenis ini biasa digunakan sebagai campuran untuk salad dan campuran masakan lainnya.

3. Refined Olive Oil

Jenis minyak zaitun refined adalah minyak zaitun yang telah melalui proses penyaringan. Proses penyaringan ini dilakukan untuk mengurangi rasa pahit buah zaitun. Dengan cara ini, bisa langsung disantap tanpa rasa pahit yang kuat. Melewati proses filtrasi berarti mengurangi kandungan minyak zaitun. Hasil filtrasi biasanya mengurangi kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Ini membuat umur simpan minyak zaitun olahan sedikit lebih lama dari yang lain. Berkurangnya kandungan alami minyak zaitun menyebabkan banyak produsen minyak zaitun mencampurkannya dengan bahan lain seperti vitamin E.

4. Pure Olive Oil

Jenis minyak zaitun yang dinamakan pure olive oil ini adaah minyak zaitun hasil proses pencampuran dari refined olive oil dengan virgin olive oil.

Walaupun dinamai pure olive oil, Namun jenis minyak zaitun ini adalah hasil dari proses pencampuran dari jenis-jenis minyak zaitun yang lain sehingga kandungan yang ada dalam minyak pure oive oil tergantung pada minyak yang dicampurkan. Pure olive oil bisa digunakan untuk memasak lauk sehari hari seperti menggoreng ataupun mengasap daging.

5. Light Olive Oil

Pada Minyak zaitun jenis ini adalah yang paling ringan dari semua minyak zaitun. Ini disebabkan oleh proses penyaringan yang berulang. Tujuannya untuk menghilangkan aroma, warna dan rasa asli minyak zaitun. Karenanya, minyak zaitun ini lebih mudah digunakan untuk menggoreng.

6. Pomace Olive Oil

Jenis minyak zaitun ini berasal dari ampas minyak zaitun itu sendiri. Saat buah zaitun diperas untuk menghasilkan minyak extra virgin, daging buah zaitun masih dapat diekstraksi untuk menghasilkan minyak zaitun pomace. Minyak zaitun pomace tidak hanya diekstrak dari minyak zaitun, tetapi juga menggunakan bahan kimia lain yang disesuaikan dengan kebutuhan manufaktur. Hal tersebut dilakukan oleh para ahli di bidangnya masing-masing, agar minyak zaitun pomace dapat digunakan dengan aman. Minyak zaitun Pomace olive oil biasanya digunakan sebagai bahan dasar kosmetik, sampo, atau sabun.

Demikian artikel mengenai macam-macam minyak zaitun yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian, Untuk mengetahui informas dan tips-tips lainnya anda dapat menggunjungi web iresepi ya. Untuk pengolahan minyak zaitun dalam makanan sebenarnya kita dapat menggunakan mesin penyaring minyak yang dapat kita temukan di Grosir mesin. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba 🙂