Resep Dimsum Ikan Tenggiri Ala Rumahan

Resep Dimsum Ikan Tenggiri- Dimsum merupakan jenis makanan ringan yang berasal dari tiongkok, lebih tepatnya dari daerah Kanton. Makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang popular di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Banyak yang telah mengakui kenakan dan kenikmatan dari dimsum ini, tak heran jika ingin menikmatinya lagi dan lagi. Biasanya makanan ini dijadikan sarapan bersama dengan satu gelas teh. Jenis dimsum sendiri sangat beragam karena semua kue dan makanan pembuka dapat dikategorikan sebagai dimsum.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat dimsum ikan, lebih tepatnya kita akan membuat dimsum dengan bahan dasar ikan tenggiri. Siapa yang tidak tau dimsum satu ini, dimsum yang terbuat dari kulit pangsit yang tipis dan diisi dengan isian yang lezat lalu dikukus. ya, siomay merupakan dimsum yang paling banyak digemari oleh semua orang bukan hanya karena kelezatannya saja, dimsum jenis satu ini juga memiliki harga yang terjangkau dan paling mudah dicari. Berikut ini merukan resep dimsum ikan tenggiri.

Bahan Utama Dimsum Siomay Ikan Tenggiri:

  • 500 gram daging ayam tanpa lemak giling
  • 100 gram daging ikan tengiri tanpa tulang,lalu giling
  • 300 gram bengkoang parut
  • 250 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 1 bungkus kulit siomay

Bahan Bumbu Dimsum Siomay Ikan Bahan pelengkap Dimsum Siomay Ikan:

  • 50 gram wortel parut

Cara Membuat Dimsum Ikan:

  1. Pertama campurkan ikan giling dengan daging giling.
  2. Lalu masukan tepung sagu, telur dan irisan bawang.
  3. Selanjutnya tambahkan irisan bawang daun, bawang putih parut dan jahe.
  4. Setelah itu tambahkan gula,garam dan merica.
  5. Kemudian tambahkan minyak wijen, kecap ikan, kecap asin lalu aduk hingga merata.
  6. Selanjutnya campurkan bengkuang parut lalu aduk lagi hingga merata.
  7. Oleskan minyak goreng kedalam cetakan muffin.
  8. Lalu basahi cetakan siomay dan lipat pada bagian ujung kulit agar bisa masuk.
  9. Lalu ambil adonan dengan sendok ke dalam cetakan.
  10. Kemudian letakkan wortel yang telah diparut , lakukan hingga habis.
  11. Panaskan kukusan hingga panas.
  12. Lalu masukan semua siomay yang telah dibuat tunggu hingga matang, kurang lebih 15 menit. Untuk menjaganya tetap dalam keadaan hangat kita perlu menggunakan alat pemanas makanan.

Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan tenggiri dipercaya dapat mencegah penyakt ringan hingga berat yang diderita manusia apabila dikonsumsi secara rutin, karena ikan tenggiri memiliki beberapa kandungan gisi yang baik untuk kesehatan manusia. Namun sayang ikan tenggiri ini tidak dapat dibudidayakan karena merupakan jenis ikan air asin berbeda dengan ikan lele yang dapat dibudidayakan dengan cara budidaya ikan lele dikolam tanah.

  1. Menambah Stamina

Karena kandungan kalori yang dimilki ikan tenggiri mencapai 109 kalori sehingga dapat menambah stamina untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Membentuk Masa Otot

Karena kandungan protein yang terdapat pada ikan tenggiri cukup tinggi sehingga baik untuk pemventukan masa otot pada manusia.

  1. Mencerdaskan Otak

Karena adanya kandungan omega 3 didalam ikan tenggiri sehingga dapat memberikan nutrisi untuk mencerdaskan otak. Bagi orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pintar/cerdas dapat mengkonsumsi ikan sejak menyusui, berika ikan secara rutin, ikan yang di konsumsi sebaiknya ikan tim karna lebih banyak mengandung nutrisi atau bisa juga mengkonsumsi ikan segar (ikan yang tidak terkontaminasi).

  1. Menghilangkan Ketombe

Ikan tenggiri ini juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe loh teman-teman, kita dapat menggunakan ikan tenggiri kering yang telah dihaluskan lalu dicampur dengan menggunakan lidah buaya aduk hingga rata dan balurkan ke rambut hingga merata selam 30 menit, penggunaan ini dapat dilakukan selama 2x dalam satu hari

  1. Pencegah Penyakit Kolesterol

Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit ini tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

Semogga tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba resepnya 🙂