Halo halo sobat semuanya! Ngomongin kue coklat gimana kalau kita kupas tuntas resep cara membuat cake lumer coklat yang mudah dan lezat. Makanan penutup berupa cake coklat yang merupakan kue basah ini cukup populer di Indonesia dan disukai oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun sampai orang tua.

Kebanyakan orang mengonsumsi cake coklat ini bersama teman-teman atau keluarga. Sobat juga pasti sudah tau kalau cake coklat ini sering sengkali dijadikan kue ulang tahun. Cake coklat ini juga bisa disajikan dengan hidangan penutup lainnya seperti es krim, permen, coklat batangan, donat, fla dan lain sebagainya. Mungkin jika sobat ingin membuat dessert lain juga seperti donat misal, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat untuk proses pembuatan yang cepat dan efisien, mesin ini juga direkomendasikan untuk sobat yang memiliki bisnis kuliner khususnya donat. Oke sobat, yuk simak resep berikut!

Cara Membuat Cake Lumer Coklat

Bahan Adonan Cake Coklat:

  • Tepung terigu dengan takaran 6 sendok makan
  • Tepung maizena dengan takaran 1 sendok makan
  • Gula pasir dengan takaran 7 sendok makan
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Susu bubuk dengan takaran 1 sendok makan
  • Coklat bubuk dengan takaran 2 sendok makan
  • Susu kental manis rasa coklat sebanayak 1 bungkus
  • Minyak sayur atau goreng dengan takaran 100ml
  • Emulsifier atau sobat juga bisa menggunakan SP dengan takaran 1 sendok teh
  • Butter cream secukupnya
  • Garam sedikit saja
  • Vanili secukupnya juga

Bahan Glaze:

  • Dark cooking chocolate yang sudah dicincang dengan takaran 75 gram
  • Susu cair UHT yang rasa coklat dengan takaran 125ml
  • Bubuk gelatin sapi dengan takaran 1/2 sendok teh
  • Gula pasir dengan takaran 50 gram
  • Air putih hangat dengan takaran 75ml

Langkah Membuat Cake Lumer Coklat:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni sobat siapkan sebuah loyang yang memiliki ukuran 16cm. Olesi seluruh permukaan pada loyang dengan menggunakan minyak dan lapisi dengan kertas roti, jika sudah panaskan kukusan.
  2. Kemudian sobat campurkan telur, emulsifier, gula, garam, dan vanili dengan menggunakan mixer sampai adonan mengembang dan putih berjejak.
  3. Setelah itu sobat masukkan tepung terigu, tepung maizena, coklat bubuk, susu bubuk yang sudah di ayak terlebih dahulu ke dalam adonan sebelumnya. Aduk-aduk adonan dengan menggunakan solet atau spatula sampai adonan tercampur secara merata.
  4. Tuangkan minyak dan susu kental manis ke dalam adonan sebelumnya juga. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Jika adonan sudah tercampur dengan rata, tuangkan adonan cake coklat ke dalam loyang dan ratakan dengan menggunakan solet atau spatula juga.
  5. Selanjutnya masukkan adonan yang sudah dituangkan ke dalam loyang ke kukusan yang sudah dipanaskan tadi. Kukus adonan cake coklat dalam waktu kurang lebih selama 25 menit.
  6. Jika adonan cake sudah matang, angkat dan keluarkan. Diamkan sampai agak dingin dan olesi butter cream di bagian atas cake. Simpan dalam freezer atau kulkas.
  7. Untuk pembuatan glaze, bubuk gelatin sapi diseduh dengan air hangat. Sobat siapkan wadah lain steam dark cooking chocolate, tambahkan juga gula dan susu UHT, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan juga gelatin bubuk yang sudah diseduh tadi. Aduk kembali sampai benar-benar merata.
  8. Masak adonan glaze diatas nyala api yang kecil, tunggu dan biarkan sampai agak hangat. Siramkan glaze untuk topping cake coklat, sobat juga dapat menambahkan topping lagi sesuai selera sobat seperti keju, coklat serut, atau cherry dan lainnya. Cake coklat glaze yang super lumer, lembut dan lezat siap dihidangkan.

Beberapa Jenis Kue Basah yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

Kue Lapis

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, gula pasir, garam dan santan kelapa ini menjadi incaran saat lebaran, yap kue lapis. Makanan tradisional yang memiliki rasa manis ini cara pembuatannya cukup sederhana, tanpa perlu oven atau microwave cukup dikukus dan tunggu sampai matang saja. Jadi sobat sajian ini dijuluki dengan kue lapis karena berlapis-lapis dan lapisan tersebut memiliki warna-warna yang berbeda dan cantik.

Prol Tape

Pada saat lebaran tiba kita seringkali menemukan sajian tapi ketan, apabila sobat bosan dengan tape ketan, sobat dapat menggantikannya dengan kue prol tape. Kue prol tape yang juga memiliki bahan dasar berupa tape ini dapat dijadikan alternatifnya. Jenis kue basah ini memiliki rasa yang manis, legit dan tekstur yang padat dan super lembut, tentunya kue prol tapi akan memanjakan lidah siapapun yang menyantap kue ini. Kue prol tape akan lebih sempurna cita rasanya jika sobat menambahkan topping seperti kismis, keju kering parut, dan kacang kenari.

Bolu Gulung

Jenis kue basah swiss roll atau yang biasa disebut dengan bolu gulung ini merupakan salah satu hidangan penutup yang seringkali kita temukan saat lebaran. Bolu gulung ini berbeda dengan jenis bolu yang lainnya karena bolu gulung merupakan bolu yang berbentik tipis dan didalamnya terdapat olesan selai atau krim yang digulung. Rasa yang enak, tekstur yang lembut, dan bentuk yang unik sehingga bolu gulung menjadi sajian yang cocok disajikan saat lebaran.

Greentea Almond Cake

Bahan dasar matcha atau greentea ini sedang naik daun dalam perannya sebagai bahan pelengkap cita rasa pada makanan. Sekarang ini banyak sekali makanan yang dikombinasikan dengan matcha atau greentea ini, salah satunya kue basah yang bernama greentea almond cake ini. Untuk membuat cake jenis ini pun cukup mudah karena sama dengan proses pembuatan pada cake-cake pada umumnya, tetapi kue ini memerlukan tambahan berupa bubuk greentea dan bubuk almond.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wah, gimana nih sobat cukup mudah kan untuk membuat cake coklat yang super lumer? Jadi, seperti itulah sobat resep cara membuat cake lumer coklat yang manis dan lembut. Selain proses pembuatan yang sederhana, bahan-bahan yang digunakan pun juga mudah untuk sobat dapatkan. Apabila sobat ingin membuat hidangan yang hampir mirip dengan cake coklat ini yaitu kue bolu coklat, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat bolu coklat yang mudah dan sederhana. Oke sobat, terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel ini dan selamat mencoba. 😊