Simak Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Dara

Berikut Ini Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Daracara membuat minyak kelapa dara

Cara membuat minyak kelapa dara – Banyak bahan alami di sekitar kita yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni dapat dibuat sendiri untuk memastikan keasliannya. Tahukah Anda, cara membuat minyak kelapa ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Minyak kelapa dara atau yang biasa disebut virgin coconut oil (VCO) dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa murni kaya akan lemak jenuhnya.

Namun, lemak jenuh yang paling umum dalam minyak kelapa murni adalah medium chain tridlycerides (MCT). Jenis lemak ini akan digunakan langsung oleh hati untuk menghasilkan energi. Minyak kelapa dara juga mengandung asam laurat.

Cara membuat minyak kelapa sendiri tidaklah sulit. Meski begitu, proses pembuatan minyak kelapa bervariasi. Ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa sendiri. Pilih salah satu yang paling sesuai.

Cara Membuat Minyak Kelapa Dara

Siapapun bisa membuat minyak kelapa di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa digunakan untuk memperoleh minyak kelapa murni, yaitu:

Tips Kesatu: Merebus kelapa
Ambil empat gelas air dan panaskan hingga mendidih. Sambil menunggu air menguap, haluskan dua buah kelapa tua. Campur kelapa parut ke dalam air panas, lalu aduk hingga rata.

Gunakan saringan yang rapat untuk menyaring air kelapa yang telah dicampur untuk mendapatkan santan yang banyak. Setelah mengumpulkan santan, rebus dengan suhu sedang.

Lanjutkan mengaduk sampai air mendidih dan menguap, dan mentega cokelat terpisah dari minyak. Proses ini membutuhkan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduk

Tips Kedua: Menyaring kelapa
Potong daging kelapa tua kecil-kecil. Aduk hingga rata, jika perlu tambahkan air agar lebih mudah dan cepat. Saring blender hingga menghasilkan santan.

Tambahkan air secara berulang-ulang untuk menghasilkan santan yang banyak. Diamkan jus di dalam toples selama 24 jam untuk memisahkan lapisan santan dan minyak kelapa.

Dinginkan atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat pembentukan dadih. Dadih dibuang, dan minyak kelapa murni yang tersisa di dalam toples atau wadah diperoleh.

Tips Ketiga: Mengendapkan kelapa
Gunakan kelapa mentah parut atau segar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil dan keringkan selama sehari dengan oven kelapa. Masukkan ke dalam juicer sekaligus agar pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar.

Lanjutkan proses ini hingga semua kelapa telah diproses.Ulangi proses ini lagi untuk menghilangkan semua minyak kelapa.
Tuang juicer ke dalam toples dan biarkan di tempat yang hangat sepanjang hari.

Setelah itu, minyak kelapa akan muncul di permukaan, dan lapisan tebal akan mengendap di dasar stoples.Untuk mempersiapkan penggunaan minyak kelapa, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa

Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. diantara mereka:

  1. Baik untuk penderita kolesterol tinggi karena mampu menaikkan kadar (HDL) dalam tubuh
  2. Menurunkan berat badan jika disertai olahraga rutin
  3. Melembabkan kulit
  4. Menghilangkan / mengurangi kutu rambut
  5. Membantu memperbaiki resistensi insulin pada penderita Diabetes

Melihat manfaat dan cara sederhana pembuatan minyak kelapa, jika ingin membuat minyak kelapa di rumah tidak ada salahnya.

Karena penelitian yang menunjukkan manfaat minyak kelapa masih langka, disarankan untuk tidak mengandalkan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Agar tetap sehat, mohon selalu terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

Baca juga: Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah dan Unggul