Cara Membuat Telur Puyuh Bacem Enak dan Mudah

Membuat Telur Puyuh Bacem, Obat Kangen Makanan Angkringan Yogyakarta

cara memasak telur puyuh bacem

Cara membuat telur puyuh bacem – Bagi yang suka dengan makanan khas Jogja yang manis, resep ini wajib dicoba. Kali ini Iresepi akan memberikan cheat sheet cara membuat telur puyuh ala Angkringan yang enak.

Anda bisa memasak telur puyuh dengan berbagai cara. Padahal, telur dengan ukuran sekecil itu sudah enak hanya dengan direbus.

Dengan banyaknya resep masakan di Indonesia, Anda bisa menggunakan berbagai resep yang menggiurkan untuk mengolah telur puyuh yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Dari tampilan atas, telur puyuh basil memang mirip sambal goreng puyuh. Secara tampilan, jajanan ini juga mirip dengan sambal kacang dan sate telur puyuh.

Namun mereka yang memiliki selera berbeda akan memahami bahwa ketiga jenis makanan ini berbeda satu sama lain.

Salah satu olahan yang disukai banyak orang adalah sate telur puyuh khas Yogyakarta. Anda tidak harus pergi ke angkringan, karena resep berikut ini bisa Anda gunakan untuk membuat sate telur puyuh bacem sendiri.

Sajikan dan nikmati sate telur puyuh dengan berbagai bumbu dan rempah. Mulailah dengan resep sate telur puyuh ala Jogja. Ini resep sate telur puyuh kecap. Jika tidak suka atau tidak ingin makan telur puyuh bisa menggunakan telur biasa saja.

Simak cara membuat telur puyuh bacem berikut ini!

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • gula merah secukupnya, haluskan
  • 1 lembar daun salam
  • 600 ml air
  • 4 sdt kecap manis
  • 20 butir telur puyuh

Setelah siap bahan-bahan sate kemudian siapkan bumbu-bumbu berikut:

  • penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam

Cara membuat telur puyuh bacem

  1. Rebus telur puyuh hingga matang. Angkat dan rendam dalam air dingin. Ini berguna untuk memudahkan Anda mengupas kulit..
  2. Kupas semua kulit telur.
  3. Campur semua bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan gula merah, lengkuas dan kecap manis.
  4. Rebus air kembali hingga mendidih, lalu tambahkan daun salam, laos, serai dan bumbu halus. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Rebus dengan air mendidih. Tambahkan kecap, gula dan garam, aduk kembali. Masukkan telur puyuh yang sudah matang ke dalamnya sambil diaduk. Lalu tutup
  6. Rebus sampai air kuahnya berkurang hingga telur menguning kecoklatan.
  7. Tusuk telur hingga berbentuk sate, kemudian sajikan bersama makanan inti.

Berani mencoba jajanan kekinian?

Pernah mendengar sate telur puyuh goreng? Sate kok digoreng? Seperti itu pertanyaan yang ada dalam benak anda.

Karena ini sedikit berbeda dengan yang kita kenal sebagai sate telur puyuh. Cara memasak sate telur puyuh ini berbeda dengan cara memasak sate telur puyuh yaitu dengan menggunakan wajan khusus yang juga bisa digunakan sebagai cetakan.

Wajan dengan cetakan khusus digunakan untuk mencetak telur puyuh. Sebelum meletakkan telur satu per satu, pasang tusuk sate di tempatnya secara vertikal. Panaskan wajan dengan api sedang.

Masukkan telur puyuh ke dalam mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Rebus telur hingga bagian dasarnya matang dan keras, lalu balikkan sate telur agar matang merata. Untuk menambah cita rasa, sate telur puyuh juga disajikan dengan saos sambal dengan mayonaise.

Sangat praktis bukan? Selamat mencoba!

Baca juga: Simak Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Dara