Cara memilih biji cabai untuk ditanam akan menjadi informasi yang penting bagi Anda yang ingin memulai membudidayakan cabai sendiri.

Karena harga cabai sering naik, tak sedikit masyarakat khususnya para pecinta makanan pedas yang memilih untuk membudidayakan tanaman cabai sendiri di rumah. Selain bisa memetiknya langsung saat dibutuhkan, Anda juga dapat memastikan cabai memiliki kualitas yang baik.

Kualitas cabai yang baik tidak hanya dipengaruhi proses pemeliharaan dan asupan nutrisi tanaman cabainya saja. Pemilihan benih atau biji cabai yang berkualitas dan memiliki vasilitas yang baik juga dapat mempengaruhi hasil panen nantinya. Hal ini tentu akan membuat cabai yang dihasilkan nantinnya memiliki kualitas yang baik dan buah yang banyak.

Bibit cabai bisa kita dapatkan dari membeli di toko pertanian maupun dengan memproduksi bibit cabai sendiri. Namun, kebanyakan dari petani lebih memilih untuk membeli bibit cabai di toko pertanian karena dirasa lebih praktis.

Cara Membuat Bibit Cabai Sendiri | Cara Memilih Biji Cabai untuk Ditanam

Dengan pembuatan benih cabai sendiri, tentu hal ini dapat memangkas biaya yang dikeluarkan untuk budidaya cabai.

1. Induk Cabai

cara memilih biji cabai untuk ditanam

Pastikan biji atau benih cabai yang akan digunakan berasal dari tanaman cabai yang sehat dan buah dengan kualitas baik.

Ketahui juga jenis cabai yang digunakan, jangan sampai bibit cabai yang digunakan tercampur dengan jenis cabai lainnya.

Benih cabai yang akan dibudidayakan berasal dari biji induk cabai terpilih, yaitu induk cabai dengan buah yang sempurna dan tidak memiliki cacat yang disebabkan hama maupun penyakit.

2. Pemisahan Biji

cara memilih biji cabai untuk ditanam

Langkah selanjutnya yang Anda lakukan setelah memilih induk cabai yang baik adalah memetik cabai dan memisahkan biji cabai dari daging dan kulitnya.

Pastikan benih cabai harus berasal dari buah yang sudah tua. Benih yang berasal dari cabai muda tidak akan bisa tumbuh dengan baik atau bahkan tidak bisa tumbuh sama sekali.

Pemisahan biji cabai bisa dilakukan secara manual maupun dengan bantuan mesin pemisah biji. Untuk pemisahan biji cabai dalam skala besar, Anda dapat memanfaatkan mesin pemisah biji cabai ini karena sangat efisien waktu, tempat dan tenaga.

Biji cabai selanjutnya akan melalui proses pengeringan. Pengeringan biji cabai bisa dilakukan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

3. Seleksi Biji | Cara Memilih Biji Cabai untuk Ditanam

cara memilih biji cabai untuk ditanam

Anda bisa menggunakan seember air untuk menyeleksi biji cabai dengan kualitas yang baik. Caranya dengan memasukkan benih ke dalam ember berisi air tersebut. Perhatikan dan sambil diaduk, buanglah bibit yang mengambang karena tidak bagus untuk dijadikan bibit. Sementara itu, bibit yang tenggelam berarti memiliki kualitas yang baik. Selanjutnya, bibit tersebut akan digunakan dalam proses penyemaian.

Cara Memilih Biji Cabai dari Kemasan

Jika dirasa terlalu repot jika membuat benih cabai sendiri, sekarang Anda juga bisa mendapatkannya di toko pertanian. Pastikan lagi kualitas benih cabai sebelum dilakukan penyemaian.

1. Seleksi Biji | Cara Memilih Biji Cabai untuk Ditanam

Cek kembali benih cabai yang telah dibeli, pastikan benih cabai yang akan digunakan memiliki daya kecambah 80% dengan melakukan uji kecambah.

Sama dengan cara yang di atas, uji kecambah dilakukan dengan merendam biji cabai di seember air. Buanglah biji yang terambang, gunakan biji cabai yang tenggelam saja untuk dijadikan benih.

Benih cabai yang baik, memiliki ciri fisik yaitu memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang sama (seragam); permukaan kulit biji cabai yang bersih dan mengkilap; tidak keriput; tidak cacat.

Setelah dilakukan penyeleksian pada biji cabai, maka langkah selanjutnya adalah proses penyemaian.

Demikian informasi mengenai cara memilih biji cabai untuk ditanam semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa langsung dipraktekkan di rumah. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website Iresepi.

Sementara itu, untuk informasi mengenai spesifikasi mesin pemisah biji cabai, Anda dapat mengunjungi website Grosir Mesin.