Keripik Salak Yang Renyah

Keripik salak adalah salah satu jenis makanan ringan yang menggunakan bahan baku dari buah salak asli.

Tanpa ada penambahan bahan apapun dalam proses produksinya kecuali minyak goreng sebagai media pengeringnya serta dibantu oleh beberapa alat khusus untuk mengeluarkan kadar air dalam buah salak tersebut.

Cara Membuat Keripik Salak merupakan hasil olahan buah salak yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa buah salak digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50-60 C sehingga tidak merusak buah salak tersebut.

Pola pengolahan buah salak menjadi makanan ringan kripik salak memang belum begitu lama populer. Dahulu memang belum ada metode dan juga alat yang bisa mengolah buah salak menjadi makanan ringan kripik salak.

Setelah ditemukan alat pengering buah buahan yang mampu mengangkat citra dari jenis makanan olahan dari buah buahan segar. Cara Membuat Keripik Salak ini proses pengemasannnya mirip seperti keripik apel yang lebih dahulu terkenal.

Cara Membuat Keripik Salak

keripik salak

Bahan :

  1.  Buah salak yang telah matang 1 kg.
  2.  Tambahkan air sebanyak dua liter.
  3.  2 sdm garam halus.
  4.  Gula pasir 150 gram.
  5.  Air kapur sirih secukupnya.
  6.  Minyak goreng.

Cara Membuat Keripik Salak :

  1. untuk Cara Membuat Keripik Salak anda Ambil buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. setelah itu kupas salak dari kulitnya sampai besih, lalu lalu pisahkan dari daging serta bijinya.
  3. Pisahkan daging buah dari bijinya dengan cara memotong menjadi dua bagian.
  4. Setelah buah salak selesai dipotong-potong langkah berikutnya adalah mencuci buah salak tersebut pada air bersih. Kemudian  rendam buah salak dalam air kapur sirih untuk menghilangkan lengket selama kurang lebih 5 jam.
  5. Setelah proses perendaman telah selesai, cuci dengan air hingga salak benar-benar bersih, kemudian keringkan.
  6. Seletah buah salak dicuci sampai bersih, langkah selanjutnya adalah simpan buah salak didalam freezer agar tidak lembek saat di goreng dan agar buah lebih padat saat dimasukkan ke dalam minyak penggorengan.
  7.  Masukan salak ke mesin vacuum frying dengan menggunakan minyak yang banyak dan api besar untuk menghilangkan kandungan airnya,  Kemudian goreng salak menggunakan mesin pengggoreng hampa udara.
  8. Tunggu proses penggorengan selama beberapa jam dan lihat apakah salak sudah matang dan kadar air nya sudah habis di hisap oleh mesin vacuum frying, jika telah habis kadar airnya maka anda bisa mengangkat nya dan tiriskan.
  9. Biarkan keripik salak mendingin.
  10.  Setelah matang angkat kemudian tiriskan.
  11.  Keripik salak siap di sajikan.

Cara Penyajian

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh. Sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang memudahkan anda dalam menggoreng keripik buah dan sayur dan tersedia produk mesin lainny di grosir mesin.

Kandungan Buah Salak :

Salak mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu salak juga mengandung karbohidrat berupa sukrosa, fruktosa, maltosa, dan glukosa yang relatif besar.

Kandungan asam tanat atau tanin dalam salak juga cukup banyak. Sehingga buah berkulit sisik ini mempunyai rasa yang berkombinasi.

Kombinasi buah salak tergantung pada tingkat kematangan, jenis buah salak dan lingkungan tempat tumbuhnya salak tersebut.

Salak pondok memiliki komposisi gula yang relatif besar sehingga berasa manis, sedangkan untuk salak condet terasa agak sedikit masam. Sementara salak bali mempunyai rasa asam dan manis.

Karena sifat zat tanin yang memberikan rasa sepat sehingga memberikan efek mengurangi penyerapan kadar air sehingga digunakan untuk mengatasi diare.