Setelah sebelumnya saya membagikan artikel mengenai Resep Ice Cream Lembut Sederhana, kali ini saya akan membagikan artikel dengan judul Membuat Gelato dengan Mesin, Lebih Mudah, Cepat, dan Praktis.

Seperti yang telah tertera di dalam judul, kali ini kita akan menggunakan mesin untuk membuatnya. Jadi, bagi kalian yang belum memiliki mesin gelatonya, tidak apa-apa. Jadikan ini sebagai referensi saja.

Nah, sebelum itu yuk kita lihat dulu sebenarnya gelato itu apa sih?

Apa itu Gelato?

Gelato, siapa yang tidak kenal dengan es krim hits yang satu ini? Pasti kebanyakan dari kalian sudah pernah mencobanya bukan? Es krim yang terkenal dari negara Spaghetti ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Namun, baru hits di Indonesia sekitar tahun 2015 hingga saat ini. Nah, sebelum menuju ke cara pembuatannya kita lihat dulu pengertian dari gelato di bawah ini ya.

Gelato berasal dari kata congelato dalam bahasa Italia, yang berarti beku. Kata tersebut diambil dari kata congelare yang berarti membekukan, dimana congelare menjadi proses utama dalam pembuatan gelato.

Gelato umumnya memiliki lebih banyak varian rasa daripada dessert beku lainnya. Selain itu, gelato juga memiliki kepadatan yang berbeda daripada es krim lainnya, dikarenakan perbedaan yang signifikan dalam proses pembuatannya.

Gelato dapat disajikan layaknya es krim pada umumnya, seperti dalam cup, cone, gelas, topping agar-agar, dan yang lainnya. Cara membuat agar-agar pun sangat mudah. Jadi, bagi kalian yang ingin mencoba agar-agar dengan rasa icy milky, wajib untuk mencobanya.

Cara Membuat Gelato Coklat dengan Mesin:

membuat gelato dengan mesin

Nah, setelah mengetahui tips supaya kalian dapat berhasil membuat gelato menggunakan mesin, yuk langsung eksekusikan cara membuat gelato di bawah ini!

Pertama-tama siapkan alat dan bahan terlebih dahulu, sebagai berikut:

Alat untuk Membuat Gelato dengan Mesin:

  • Mesin Es Krim
  • Whisk / Mixer Kue
  • Baskom / wadah, sebaiknya menggunakan bahan stainless steel

Bahan untuk Membuat Gelato dengan Mesin:

  • 2 cup susu full cream
  • 1 cup heavy whipped cream
  • 4 butir kuning telur
  • 0,5 cup gula pasir
  • 200 gr Nutella original

Langkah Membuat Gelato dengan Mesin:

  1. Panaskan terlebih dahulu susu full cream dan heavy whipped cream ke dalam panci, dengan api yang medium-high hingga tepi permukaan menggelembung.
  2. Sembari menunggu, kocok kuning telur dengan gula pasir hingga lembut dan mengental. Pengocokan ini dapat menggunakan alat whisk atau mixer sesedianya kalian saja.
  3. Jika susu sudah sesuai dengan gambaran langkah pertama, matikan.
  4. Setelah itu, masukkan 1/3 bagian adonan susu ke dalam kocokan telur sambil diaduk cepat supaya tercampur rata. Perlahan masukkan kembali adonan susu yang tersisa dan aduk cepat lagi hingga benar-benar rata.
  5. Panaskan kembali dengan api kecil lalu masukkan Nutella ke dalam adonan. Masak hingga mengental, lalu matikan.
  6. Lalu diamkan adonan hingga 15 menit, atau hingga adonan dingin.
  7. Nyalakan mesin dan bilas tangki es dengan air bersih.
  8. Selanjutnya masukkan adonan gelato ke dalam tangki es, kemudian tutup.
  9. Setelah itu atur mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  10. Nyalakan proses pendinginannya, tunggu hingga mesin berhenti bekerja.
  11. Ketika mesin telah berhenti, itu tandanya gelato kalian siap disajikan!

Rupanya membuat gelato dengan mesin itu mudah sekali ya! Bagaimana? Sudah siap untuk membuatnya sekarang? Segera sediakan bahan-bahannya yuk!

Dengan berbaginya artikel ini, saya harap kalian dapat membuat es krim gelato sendiri, tanpa harus ke luar rumah dalam masa pandemi ini. Tetap di rumah aja ya guys!

Sekian artikel dari saya kali ini. Semoga artikel Membuat Gelato dengan Mesin, Lebih Mudah, Cepat, dan Praktis ini dapat bermanfaat untuk seluruh pembacanya. Serta mendapat wawasan lebih mengenai tips-tips membuat gelato dengan mesin supaya berhasil. Terimakasih dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata saya yang kurang berkenan. Selamat mencoba!