Cara Membuat Kue Dari Tepung Kanji Mudah Untuk Di Rumah

Cara Membuat Kue Dari Tepung Kanji, Pati adalah tepung yang terbuat dari singkong atau biasa dikenal dengan tepung tapioka. Ya, kanji adalah sebutan lain untuk tapioka, dan ini sering membuat bingung orang kanji itu sama dengan tapioka atau tidak.

Lalu apakah sama dengan tepung sagu atau tidak? Agar tidak bingung, simak pembahasan di bawah ini.Tepung pati atau tapioka merupakan jenis pati atau dibuat dari umbi-umbian , sehingga pati atau tapioka dalam bahasa Inggris ini termasuk dalam kelompok pati.

Biasa dikenal dengan tepung tapioka atau tepung tapioka yang bahan utama nya sama dengan membuat bakso aci dan makanan tahu aci goreng

Kegunaan Tepung Kanji

cara membuat kue dari tepung tapioka

1. Memiliki Tekstur Halus Dan Warna Putih Bersih

Pati atau tapioka memiliki tekstur yang lebih lembut dan licin dibandingkan dengan tepung terigu. Dari segi warna terlihat lebih cerah dari pada tepung.

Pati atau tapioka ini bentuk dan warnanya sangat mirip dengan tepung sagu, beras, dan tepung jagung. Jika menyimpannya di wadah atau toples sendiri, jangan lupa beli nama atau labelnya agar tidak bingung.

2. Bisa Menjadi Pengganti Tepung Maizena Atau Sagu

Pada beberapa jenis masakan, pati atau tapioka dapat digunakan sebagai pengganti tepung maizena atau sagu untuk mengentalkan masakan seperti tumisan, sup, atau sambal. Sama seperti sagu dan pati jagung, pati atau tapioka juga dapat memberikan efek renyah pada masakan yang digoreng.

3. Dikenal Atau Mendunia Karena Bubble Tea

Tepung pati atau tapioka ini hanya diproduksi di negara dengan iklim tropis karena adanya ubi kayu. Terutama negara-negara Asia Tenggara. Oleh karena itu, banyak negara yang tidak mengetahui keberadaan pati atau tapioka dan banyak yang lebih mengenal pati jagung atau tepung ubi jalar.

Namun, karena bubble tea atau minuman boba semakin mendunia, pati atau tapioka, yang merupakan bahan utama pembuatannya, menjadi semakin populer. Kini, masyarakat di berbagai negara lebih mengenal boba, atau mutiara tapioka, yang terbuat dari tepung tapioka.

4. Banyak Untuk Jajanan Khususnya Dari Daerah Bandung (Sunda)

Di daerah Bandung atau Jawa Barat dan Banten pati ini disebut juga dengan tepung aci. Tepung pati atau aci banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan jajanan pasar atau jajanan pasar seperti cilok, cilor, cireng, aci baso untuk membuat siomay dan otak-otak.

Oya, semua jajanan khas Sunda atau Bandung yang menggunakan nama ci biasanya dibuat dari bahan aci atau kanji.Pati atau tapioka sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jajanan pasar atau tradisional karena kemampuannya memberikan tekstur yang kenyal.

Bahkan tepung pati atau aci ini merupakan bahan baku utama pembuatan kerupuk bulat putih crispy atau kerupuk aci dan campuran bahan kerupuk lainnya.

Cara Membuat Kue Dari Tepung Kanji (Kue Lapis Kanji)

cara membuat kue dari tepung tapioka

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung tapioka
  • 150 gr terigu
  • 400 gr gula
  • 1200 ml air
  • 30 gr krimer bubuk (me:fibercreme)
  • 1 sdm garam
  • 2 lembar daun pandan,sobek2
  • 6 lembar daun jeruk,buang tulang
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1 sdt pasta stoberi
  • Loyang uk 18×18

Cara Membuat Kue Dari Tepung Kanji:

  1. Rebus daun pandan dan jeruk nipis dengan 1200 ml air sampai mendidih dan berbau harum. Tambahkan susu bubuk dan garam, aduk rata. Biarkan dingin hingga mencapai suhu kamar.
  2. Panaskan kukusan dengan tutup yang dilapisi kain. Siapkan wajan stapel dengan minyak dan tutupi dengan plastik.
  3.  Dalam wadah campuran yang terbuat dari tapioka, tepung dan gula. Masukkan air larutan susu dan aduk sampai homogen, bila perlu disaring agar tidak keriput.
  4.  Untuk 2 adonan, beri warna hijau dan merah muda tiap adonan, aduk rata. Tuang adonan hijau ke dalam wajan, lalu kukus selama 5 menit, lalu timpa dengan adonan merah muda kukus lagi selama 5 menit dan seterusnya hingga adonan habis. Terakhir kukus lagi selama 25 menit. Takar takaran Saya menggunakan mangkuk kaca (200 ml)
  5.  Setelah matang, dinginkan dan potong dengan pisau diolesi minyak agar tidak lengket. Pastikan kue sangat dingin saat Anda memotongnya. Saat saya membuat kuenya pada malam dan pagi hari, potong saja agar potongannya rapi.

Analisa Usaha Kue Lapis

Membuat kue lapis pelangi sangat sederhana dan Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan baku bekas dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan cara ini, Anda dapat mengembangkan peluang bisnis kue lapis pelangi di perusahaan Anda.

Semoga jika Anda menjalankan bisnis jajanan tradisional yang memiliki bisnis kue lapis pelangi, bisnis Anda bisa berjalan lancar dengan menghasilkan omzet yang besar.

Asumsi

  •  Etalase selama waktu 3 tahun.
  •  Kompor serta tabung gas selama waktu 3 tahun.
  •  Loyang selama waktu 3 tahun.
  •  Wadah plastik selama waktu 3 tahun.
  •  Panci selama waktu 3 tahun.
  •  Piring, pisau dan gelas selama waktu 3 tahun.
  •  Meja dan kursi selama waktu 3 tahun.
  •  Peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan Harga  
Etalase Rp.          1,200,000
Kompor dan gas Rp.              300,000
Loyang Rp.              100,000
Wadah Rp.              100,000
Piring Rp.              160,000
Sendok Rp.              100,000
Garpu Rp.              100,000
Pisau Rp.              100,000
Meja dan Kursi Rp.              800,000
Peralatan tambahan Rp.              100,000
Jumlah Investasi Rp.          3,060,000
Biaya Operasional per Bulan
Biaya Tetap Nilai
Penyusutan etalase 1/62 x Rp. 1.200.000 Rp.                19,000
Penyusutan kompor 1/52 x Rp. 300.000 Rp.                 6,000
Penyusutan loyang 1/40 x Rp. 100.000 Rp.                  2,500
Penyusutan wadah 1/47 x Rp. 100.000 Rp.                  2,000
Penyusutan piring 1/47 x Rp. 160.000 Rp.                  3,000
Penyusutan sendok 1/47 x Rp. 100.000 Rp.                  2,000
Penyusutan garpu 1/46 x Rp. 100.000 Rp.                  2,000
Penyusutan pisau 1/46 x Rp. 100.000 Rp.                  2,000
Penyusutan meja dan kursi 1/58 x Rp. 800.000 Rp.                14,000
Penyusutan alat tambahan 1/32 x Rp. 100.000 Rp.                  3,000
Total Biaya Tetap Rp.                55,500

Jadi, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjual kue lapis pelangi selama satu bulan akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1.294.500 sehingga Anda hanya dapat membayar kembali selama 2 bulan. Hitungan yang diberikan dapat berubah sewaktu-waktu karena bahan yang digunakan setiap hari memiliki harga yang berbeda-beda.

Selain itu, setiap daerah juga memiliki harga bahan baku yang berbeda. Perbedaan harga bahan baku di tiap daerah yang tidak sama akan sangat mempengaruhi harga satuan penjualan kue lapis pelangi.

Sekian Pembahasan artikel mengenai cara membuat kue dari tepung kanji semoga bisa membantu menginspirasi anda dan bisa menjadi panduan  anda untu membuat nya di rumah sendiri . Selamat Mencoba!!