Pernahkah Anda mendengar tentang keripik pare? Pare merupakan makanan olahan yang tidak disukai banyak orang karena rasanya yang pahit. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan Rupiah. Buat hal-hal yang tidak laku di pasar menjadi sebuah inovasi yang bisa menghasilak rupiah. Di dunia ini, tidak ada yang mustahil. Termasuk saat Anda sedang merubah pare yang awalnya tidak di sukai, menjadi di sukai banyak orang dengan melakukan sedikit inovasi. Cara bikin keriripik pare renyah sangat lah gampang dengan bahan baku yang bisa anda dapatkan di warung terdekat, anda bisa mendapatkan untung dari menjual keripik pare. Anda juga bisa mendapatkan untung jika menjalan ide usaha keripik basreng, kerpikik basreng merupakan makanan khas bandung, dengan cara membuat adonan basreng ikan yang gampang. Anda dapat menjalankan ide usaha ini dengan mengunakan sedikit modal dan mendapatkan pemasukkan yang besar.

Sebelum kita masuk ke bahasan utama kita hari ini, kami telah merangkup apa saja manfaat darai sayur pare bagi kesehatan. Yuuk simak!!

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare merupakan sayuran yang dikenal memiliki rasa pahit. Karena rasa pahit pare, tidak semua orang suka memakannya. Namun, mungkin saja pare memiliki banyak manfaat yang tidak terduga terkait dengan kesehatan manusia.

1. Mencegah Penyakit

Pare yang pahit sebenarnya mengandung vitamin C. Seperti kita ketahui bersama, vitamin C adalah nutrisi baik yang tahan lama. Vitamin C berperan dalam meningkatkan imunitas manusia, sehingga tidak mudah terserang penyakit dan infeksi.

2. Mengurangi Gula Darah

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pare memiliki efek positif pada penderita diabetes. Ketika 40 pasien diabetes makan 2 gram pare sehari, mereka menemukan bahwa gula darah mereka telah sangat berkurang. Hal ini terjadi karena pare meningkatkan kadar insulin yang diproduksi oleh pankreas. Insulin sendiri merupakan enzim yang bertanggung jawab atas tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Pare juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan dengan tikus. Namun, tidak ada percobaan manusia yang terkait dengannya. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lain untuk memastikan manfaat tersebut.

4. Mengurangi Berat Badan

Penurunan berat badan sebenarnya sangat berguna dalam program penurunan berat badan. Pasalnya, pare memiliki kandungan kalori yang rendah namun kandungan seratnya tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada pare dapat memberikan sensasi yang cukup pada perut, sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

5. Menjadi kulit dan mata menjadi lebih sehat

Selain vitamin C, pare juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Seperti kita ketahui bersama, vitamin A dapat mencegah miopia dan menjadikan kulit lebih cantik dan sehat.

 

Resep Cara Bikin Keripik Pare Renyah

Rasa pahit pada bahan makanan sering bikin bingung caranya ngolah supaya tetap enak dimakan. Untuk pare sendiri, ternyata juga bisa jadi camilan yang nggak pahit sama sekali. Serasa bukan lagi makan pare tapi kandungannya sama kayak makan pare. Seneng banget kan kamu nggak usah bersusah hati makan pahit karena sudah ada rasa luar biasa dari keripik pare yang resepnya ada di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 3 buah pare
  • 150 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt bubuk bawang bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt bubuk cabai
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 200 cc air matang

Cara Membuat:

  1. Iris tipis pare, rendam dalam air garam selama sekitar 30 menit, lalu tiriskan.
  2. Campur bihun, bubuk tapioka, garam, bubuk bawang merah, bubuk cabai dan bubuk kaldu.
  3. Tambahkan air secara bertahap sampai campuran tidak terlalu kental atau terlalu encer.
  4. Masukkan irisan pare ke dalam adonan tepung.
  5. Goreng Mengunakan deep fryer pare hingga kecoklatan. Gunakan api sedang.
  6. Tips, buat keripik pare renyah dan goreng 2 kali. Asalkan sudah matang, goreng dulu, lalu angkat dan tiriskan. Sampai adonan habis.
  7. Goreng kembali pare yang sudah dikeringkan hingga terasa kering.

Beri Kemasan Produk Mu

Pengemasan produk keripik sangat penting. Selain membuat keripik pare tetap renyah, kemasannya juga memiliki efek pembelian yang menarik. Pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang keripik membuat produsen semakin kompetitif dalam memasarkan produknya. Dari sistem kanvas, toko online, mini market, hingga pengiriman melalui ojek online.
Agar bisa menarik perhatian, produk Anda pasti punya ciri khas tersendiri. Temukan fitur dan desain produk. Apalagi di minimarket, orang hanya bisa melihat produk dengan cepat. Oleh karena itu, kemasan modern yang berbeda dibuat agar pelanggan supermarket kecil dapat memperhatikannya.

Bisnis keripik sangat kompetitif. Tapi jangan patah semangat. Jadikan produk Anda lebih tinggi dari kualitas lainnya. Selalu mengutamakan kualitas. Konsumen saat ini juga sangat pilih-pilih tentang makanan. Bukan hanya membeli.

Sekian artikel hari ini semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin memulai bisnis keripik, terutama keripik pare. Keripik tempe juga sangat cocok untuk menjadi ide usaha anda. Apapun yang terjadi jangan patah semangat kejar terus impian anda karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, sekian dan terima kasih.