Hola hola sobat semuanya! Pada kesempatan kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat siram untuk kue tart yang manis dan lumer. Kue tart sendiri merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik. Rasanya yang manis dan denagn tekstur yang super lembut, hidangan penutup satu ini menjadi makanan favorit banyak orang.Cake coklat berupa kue tart seperti ini biasanya kita jumpai di acara-acara penting seperti acara pernikahan, hajatan, ulang tahun dan acara-acara penting lainnya.

Untuk mendapatkannya pun sekarang sangat mudah, sobat dapat membelinya di toko kue maupun restoran. Tapi lebih baik jika sobat membuatnya sendiri di rumah, karena dengan bahan yang terjangkau dan proses pembuatan yang cukkup mudah sobat bisa mendapatkan kue tart yang enak. Oh iya sobat aku juga mau kenalin nih mesin pembuat donat, mesin ini sangat efektif dan efisien sehingga sangat direkomendasikan untuk sobat yang memiliki bisnis kuliner donat. Jadi langsung aja kita simak yuk sobat!

Cara Membuat Coklat Siram untuk Kue Tart

Bahan Adonan A:

  • Kuning telur sebanyak 9 butir
  • Gula pasir dengan takaran 140 gram
  • Putih telur sebanyak 1 butir
  • Vanila cair dengan takaran 1/4 sendok teh

Bahan Adonan B:

  • Susu kental manis yang putih sebanyak 1 sachet
  • Mentega atau margarin dengan takaran 150 gram

Bahan Adonan C:

  • Tepung maizena dengan takaran 5 gram
  • Tepung terigu yang protein rendah dengan takaran 50 gram
  • Susu bubuk dengan takaran 10 gram

Bahan Adonan D:

  • Coklat bubuk dengan takaran 1 sendok makan

Topping:

  • Mentega dengan takaran 25 gram
  • Susu cair plain UHT dengan takaran 65ml
  • Coklat blok dengan takaran 250 gram
  • Butter cream secukupnya
  • Selai secukupnya sesuai dengan selera sobat juga
  • Buah cerry yang akan dijadikan sebagai hiasan

Langkah Cara Membuat Coklat Siram untuk Kue Tart:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu tentunya mempersiapkan semua bahan yang diperlukan dan ingat jangan sampai ada yang terlewat ya. Siapkan sebuah wadah, ambil semua bahan A dan masukkan ke dalam wadah tersebut lalu campur semua bahan A menggunakan mixer dengan kecepatan yang tinggi sampai adonan mengembang dan mengental berjejak.
  2. Apabila adonan A sudah mengembang dan kental berjejak, sisihkan. Masukkan semua bahan B ke dalam wadah yang lain dan mixer juga dengan kecepatan yang tinggi sampai adonan berubah warna menjadi pucat dan mengembang.
  3. Setelah itu masukkan adonan A dan B campur menjadi satu secara bertahap lalu aduk-aduk menggunakan solet atau spatula dengan teknik aduk dan lipat. Dalam mencampur kedua adonan ini kita harus berhati-hati, karena kalau adonan tidak tercampur rata maka adonan akan menjadi bantet.
  4. Tambahkan bahan C ke dalam wadah yang berisi bahan A dan B yang sudah tercampur rata sambil diayak-ayak. Kemudian aduk-aduk kembali sampai adonan tercampur rata dengan menggunakan solet atau spatula.
  5. Jika adonan sudah rata, bagi adonan menjadi 2 bagian lalu beri 1 bagian adonan kue bubuk coklat. Siapkan loyang dan lapisi permukaan loyang dengan kertas roti terlebih dahulu. Selanjutnya tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam oven.
  6. Sobat panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius dalam waktu selama kurang lebih 30 menit, sobat juga bisa menyesuaikannya dengan oven masing-masing ya.
  7. Adonan yang sudah matang sobat keluarkan dari dalam loyang dan tunggu sampai uap panasnya menghilang. Gabungkan kedua adonan tangkupkan menjadi satu dan isi dengan filling selai sambil ditekan-tekan secara perlahan. Lalu sobat lapisi seluruh kue dengan olesan butter cream.
  8. Lelehkan mentega bersama dengan susu ultra, apabila sudah mencair tambahkan coklat blok ke dalamnya dan aduk-aduk sampai coklat benar-benar mencair.
  9. Letakkan kue yang sudah diolesi dengan butter cream sebelumnya pada piring saji, sirami kue dengan coklat siram, kue siap disajikan.

Jenis Kue Kering yang Cocok Menjadi Sajian Lebaran

Kue Semprit

Jenis kue yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti bunga mawar dan memiliki rasa yang gurih dan manis. Pembuatan kue ini dengan cara disemprotkan dengan menggunakan piping bag atau sebuah alat, jika bentuk dari kue semprit sudah jadi bagian atas adonan akan diberi kismis atau selai. Varian dari kue semprit ini juga bermacam-macam ada semprit keju, semprit coklat, semprit sagu dan masih banyak lagi.

Kue Widaran Keju

Mungkin sebagian besar dari sobat sudah pernah mencicipi kue ini tetapi belum tahu apa namanya, yap, kue ini bernama kue widaran keju. Jenis kue ini memiliki warna putih kecoklatan dan memiliki bentuk hampir mirip seperti cabai. Jenis kue widaran keju ini cara pembuatannya sangatlah mudah, sobat hanya perlu membentuk adonan dengan tangan dan menggoreng adonan sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

Kue Nastar

Kue nastar ini merupakan kue kering yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang, pastinya sobat selalu menemukan kue ini saat lebaran. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue nastar ini berupa tepung terigu, mentega, telur dan umumnya kue ini di isi dengan selai nanas di dalamnya. Kue nastar ini memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 2 cm, biasanya juga dibagian atas kue nastar terdapat hiasan berupa cengkeh atau kismis.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Coklat Siram untuk Kue Tart

Wah, ternyata cukup mudah ya sobat resep cara membuat coklat siram untuk kue tart, selain cara pembuatan ya mudah nih sobat untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat coklat siram kue tart ini pun juga sangat mudah. Sobat jadi tidak usah ragu-ragu untuk mengikuti dan mempraktikan resep yang sudah aku bagikan, sobat dapat membuat coklat siram untuk kue tart di rumah sendiri. Jadi begitu saja ya sobat, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini, oh iya kalau sobat ingin membuat cake coklat dengan varian lainnya sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat cake coklat. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan selamat mencoba. 😉